Comscore Tracker

6 Tanda Krusial Kamu Punya Obsesi Gak Sehat Terhadap Kekasihmu

Please, jangan merusak dirimu sendiri

Menjalin hubungan asmara adalah aspek kehidupan yang sangat berarti bagi sebagian besar orang. Berawal dari suka menjadi cinta hingga akhirnya mengikat jalinan. Namun, selama ini pernahkah kamu mencoba mencari tahu apakah rasa cintamu itu benar-benar cinta tulus atau malah berupa obsesi berat?

Menyimpan obsesi berat terhadap seseorang atau kekasih sebenarnya terlampaui tak sehat. Meski tak bisa dipungkiri awal perkenalan diwarnai sedikit obsesi, namun tak jarang obsesi itu semakin berkembang seiring waktu dan mengambil alih kehidupan pemiliknya.

Jika kamu merasa menyimpan obsesi tak sehat terhadap kekasihmu, yuk cek enam tandanya berikut ini untuk mendapatkan jawabannya. 

1. Kamu memanfaatkannya sebagai tempat untuk bergantung dan mendapatkan kepercayaan diri saat kamu dilanda personal insecurities atas masalah yang ada

6 Tanda Krusial Kamu Punya Obsesi Gak Sehat Terhadap KekasihmuUnsplash.com/Brooke Cagle

Secara psikologi trik ini bermain di pikiran bawah sadar di mana kamu merasa mendapatkan kenyamanan dan kepercayaan diri atas kehadirannya. Dari situ kamu memanfaatkannya untuk mengenyahkan personal insecurities, menguatkanmu saat menghadapi masalah, dan juga menegaskan siapa dirimu yang sebenarnya kepada orang lain. 

Dalam hal ini, ketergantungan di tingkat yang sangat berlebihan tak jarang membuatmu terobsesi untuk tak melepaskannya.

2. Kamu merasa bertanggung jawab (lebih tepatnya, terobsesi) atas kebahagiaannya dan selalu ingin memastikan dia baik-baik saja. Jika tidak, kamu merasa bersalah

6 Tanda Krusial Kamu Punya Obsesi Gak Sehat Terhadap KekasihmuUnsplash.com/Candice Picard

Ada dua hal yang wajib kamu tanyakan pada dirimu sendiri. "Apakah tanggung jawab tersebut berlandaskan alasan bahwa kamu sekedar ingin membantu mengatasi masalah hidupnya?" atau "Tanggung jawab itu terbentuk karena kamu membiarkan dia menginvasi pikiranmu dan perlahan-lahan membuatmu terobsesi dengannya?"

Bukan lagi empati jika kamu sampai terus-terusan merasa bersalah saat kamu tak bisa melakukan sesuatu untuknya. Ingat, kamu tak selalu harus menjadi satu-satunya orang yang dia andalkan. Begitu pula sebaliknya.

3. Kamu menelan emosimu sendiri meskipun sebenarnya kamu berhak untuk meluapkannya, terlebih jika dia berbuat kesalahan

6 Tanda Krusial Kamu Punya Obsesi Gak Sehat Terhadap KekasihmuUnsplash.com/Christian Fregnan

Dalam sebuah hubungan, wajar apabila diwarnai dengan perseteruan, argumentasi, dan perbedaan opini. Karena sejatinya itu menjadi bagian tak terpisahkan dari berjalannya sebuah hubungan.

Namun, jika kamu selalu menyimpan uneg-uneg dan memendam emosi yang seharusnya kamu utarakan ke dia, bisa jadi kamu terobsesi menjaga status quo hubungan agar tak kehilangan dia. Do you?

Baca Juga: Hati-hati, 6 Hal Ini Justru Bikin Kamu Terjebak Obsesi, Bukan Cinta

4. Kamu selalu menggantungkan rencanamu bersama orang lain karena pikiranmu dipenuhi oleh harapan jika di waktu bersamaan mungkin dia membutuhkanmu

6 Tanda Krusial Kamu Punya Obsesi Gak Sehat Terhadap KekasihmuUnsplash.com/Bao Truong

Obsesimu terhadap dia membuat pikiranmu selalu dipenuhi oleh setumpuk harapan dan kemungkinan dia akan menelepon, mengajak keluar, atau makan malam, bahkan sekalipun kamu telah mengiyakan janji/rencana dengan teman-temanmu.

Itulah kenapa kamu jadi sering menggantungkan janji temu dengan teman karena disisi lain kamu tak ingin melewatkan kesempatan bersama sang kekasih jika di waktu bertepatan dia menghubungimu. Tak heran jika hubungan eratmu dengan teman-teman pun semakin mengendur.

5. Batasan antara obsesi dan prioritas pun kabur, karena kamu selalu 'menomor satukan' urusan dia sekalipun kamu berada dalam situasi penting

6 Tanda Krusial Kamu Punya Obsesi Gak Sehat Terhadap KekasihmuUnsplash.com/Relevante Design

Memprioritaskan seseorang itu memang sesuatu yang bagus. Namun lain ceritanya bila kamu terlalu berlebihan dalam memberikan prioritas kepada dia saat kamu berada dalam situasi yang tidak seharusnya disela atau terkait pekerjaanmu yang lebih krusial.

Seolah-olah kamu siap menyingkirkan segala hal demi menerima setiap bentuk komunikasinya. Seperti mengangkat teleponnya dari dering pertama dan menginterupsi pembicaraan serius bersama teman, hingga rela meninggalkan pertemuan penting. Dan bila orang lain mengingatkanmu kamu malah cenderung memusuhi mereka.

6. Kamu mendoktrin diri sendiri bahwa hubunganmu akan selalu berjalan mulus dan percikan hangat di awal hubungan akan terus hadir

6 Tanda Krusial Kamu Punya Obsesi Gak Sehat Terhadap KekasihmuUnsplash.com/Taiana Martinez

Saking terobsesinya, kamu dimabuk kepayang dengan pernyataanmu sendiri bahwa hubunganmu akan selalu berjalan mulus. Berharap fase bahagia seperti diawal hubungan akan selalu menghampiri kalian setiap saat. Sayangnya kamu sulit menerima kenyataan karena perasaan itu terlalu meluap-luap dan menguasi hidupmu.

Alhasil kamu pun sulit berpikir jernih untuk membuat keputusan bahkan menjalani hidup dengan normal.

Nah itu enam tanda krusial obsesi tak sehat terhadap kekasih. Semoga saja kamu bukan salah satunya ya.

Baca Juga: Gak Tulus Cinta, Ini 5 Tanda Kamu Terobsesi untuk Mengubah Pacar 

Anna Mei Photo Community Writer Anna Mei

Introvert who has a lot of things in her suitcase

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 10:00:04

Progress: 750.731 dari 813.350 TPS (92.30110%)

Just For You