Comscore Tracker

5 Basa-Basi yang Harus Kamu Hindari Saat Ngobrol soal Pekerjaan

Kurangi, yuk, takutnya menyinggung perasaan #IDNTimesLife

Banyak orang beranggapan basa-basi adalah sebagai salah satu sarana agar bisa ngobrol dengan seseorang. Tapi, kalau salah mengambil pick up line, bisa-bisa apa yang kamu lakukan malah menyakiti perasaan orang tersebut. Terlebih lagi, basa-basi yang kamu ambil membahas mengenai pekerjaan.

Bisa-bisa orang tersebut bukannya senang ngobrol dengan kamu justru merasa malas. Lalu basa-basi seperti apa, sih, yang harusnya kamu hindari saat ngobrol tentang pekerjaan? Kamu wajib simak ulasannya berikut ini agar lawan bicaramu gak sakit hati. Intip bersama, yuk!

1. Menanyakan besarnya gaji

5 Basa-Basi yang Harus Kamu Hindari Saat Ngobrol soal PekerjaanIlustrasi seseorang sedang menghitung uang (Pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mungkin kamu gak percaya tapi faktanya ada, lho, orang yang dengan sengaja menanyakan berapa pendapatan yang diterima seseorang setiap bulannya. Apapun tujuan yang ingin dicapai setelah menanyakan hal tersebut ada baiknya gak perlu ditanggapi.

Kalau kamu tipe yang santai mungkin bisa menanggapinya dengan bercanda tapi sebagian orang lain memang menganggap basa-basi dengan menanyakan gaji adalah tindakan yang kurang sopan. Jadi, daripada bertanya gaji lebih baik tanya lagi sibuk apa akhir-akhir ini, bukan?

Baca Juga: 10 Meme Cuma Basa-Basi yang Bikin Ngakak Sekaligus Kesal

3. Membandingkan pendapatan

5 Basa-Basi yang Harus Kamu Hindari Saat Ngobrol soal PekerjaanIlustrasi menghitung uang (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Ada, lho, orang yang merasa kalau pendapatan dia jauh lebih besar karena bekerja di kota X, kemudian memandang orang lain yang bekerja di kota Y berpendapatan lebih rendah. Padahal belum tentu.

Jadi, jangan anggap hanya karena bekerja di kota X dengan UMR paling tinggi lantas pendapatan kamu lebih tinggi, ya. Barangkali yang kamu ajak basa-basi itu digaji dengan mata uang negara lain seperti euro atau dolar AS yang tentu saja nilai tukarnya jauh lebih tinggi dari rupiah.

2. Menyinggung pekerjaan yang gak selaras dengan jurusan

5 Basa-Basi yang Harus Kamu Hindari Saat Ngobrol soal PekerjaanIlustrasi seorang wanita yang diwisuda (Pexels.com/Pavel Danilyuk)

Sering sekali, orang menanyakan apa pekerjaan kita dan kenapa gak selaras dengan jurusan yang kita ambil. Ada banyak faktor yang melatarbelakangi seseorang hingga akhirnya memilih pekerjaan tersebut. Semua orang jelas berkeinginan gak perlu kerja, di rumah saja, dan uang mengalir dengan sendirinya.

Tapi apa, iya kita semua bisa seperti itu? Sebagian orang memilih pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya jadi wajar kalau bidang pekerjaan gak linear dengan jurusan. Selagi gak menyusahkan hidup seseorang kenapa hal semacam ini perlu dipertanyakan?

4. Mengukur kesuksesan dari barang yang dimiliki

5 Basa-Basi yang Harus Kamu Hindari Saat Ngobrol soal PekerjaanIlustrasi gadget dari brand Apple (Pexels.com/Pixabay)

Hanya karena gak memakai handphone merk tertentu, belum mempunyai mobil, atau mungkin masih tinggal di kosan, kamu lantas berbasa-basi dan menganggapnya gak mampu dari segi finansial. Padahal kamu gak bisa serta merta menilai seseorang dari barang yang dia miliki.

Gak pakai merk tertentu bukan karena gak mampu juga, lho. Bisa jadi memang lebih nyaman menggunakan merk lain. Untuk itu hentikan, yuk, basa-basi mengukur kesuksesan dari harta benda yang dimiliki seseorang.

5. Membahas pekerjaan dan kaitannya dengan jodoh

5 Basa-Basi yang Harus Kamu Hindari Saat Ngobrol soal PekerjaanIlustrasi dua orang rekan kerja tengah berdiskusi (Pexels.com/Los Muertos Crew)

Terakhir usahakan buat gak basa-basi utamanya mengaitkan pekerjaan dengan jodoh. Hanya karena dia kelihatannya sibuk bekerja kamu lantas mulai menyerang dia dan mengaitkan status sendirinya dengan pekerjaan. Sadar gak, sih kalau kita terlalu suka mencampuri urusan orang lain?

Entah dia mau menikah kapan, dengan siapa, gak berniat menikah sama sekali dan sebagainya semua itu bukan urusan kita, guys. Gak sepatutnya juga mengambil isu tersebut sebagai salah satu topik berbasa-basi untuk memulai suatu obrolan.

Meskipun sifatnya basa-basi setidaknya jangan sampai menyakiti. Basa-basi seperti di atas kesannya udah basi. Kalau memang gak ada yang mau dibahas lebih baik ngobrol seperlunya aja, ya atau mungkin mengalihkan pembicaraan dengan topik lain yang jauh lebih menyenangkan. Be wise, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Basa-basi Tak Penting Saat Mengobrol dengan Gebetan

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya