Comscore Tracker

5 Tips Memantaskan Diri Sebelum Kamu Memulai Hubungan yang Baru

Jangan sampai terburu-buru #IDNTimesLife

Bicara mengenai memantaskan diri, gak selalu berkaitan tentang mempersiapkan pernikahan, kok. Memantaskan diri juga bisa kamu lakukan sebelum memulai hubungan yang baru. Hal ini perlu dilakukan supaya kesalahan yang sebelumnya gak terjadi di hubungan yang baru.

Pasca putus cinta, pasti ada saja hal-hal yang harus kamu perbaiki sebagai seorang individu. Dibutuhkan persiapan yang lebih baik dalam ha memantaskan diri. Kalau kamu sedang berada di fase ini, beberapa tips berikut sepertinya bisa bantu kamu, nih. Apa saja tipsnya? Simak uraiannya berikut ini, yuk!

1. Perbanyak menikmati waktu sendiri

5 Tips Memantaskan Diri Sebelum Kamu Memulai Hubungan yang Baruilustrasi seorang pria duduk di tepi danau (Pexels.com/Rachel Claire)

Menikmati waktu sendiri bisa kamu lakukan dengan cara memperbanyak melakukan self care. Misalnya saja me time dengan merawat diri, nonton film favorit, memasak dan sebaginya.

Dengan memperbanyak menikmati waktu sendiri, kamu akan terhindarkan dari stres serta sebagai bentuk upaya dalam melupakan cerita yang telah lalu. Memperbanyak waktu sendiri juga bantu kamu mempersiapkan diri dalam membuka lembaran baru sehingga kamu jadi lebih siap dalam menjalin hubungan ke depannya.

2. Belajar mengelola emosi

5 Tips Memantaskan Diri Sebelum Kamu Memulai Hubungan yang Baruilustrasi seorang wanita yang tengah memeluk dirinya sendiri (Pexels.com/Alex Green)

Salah satu tips dalam memantaskan diri sebelum memulai hubungan baru adalah dengan mulai belajar mengelola emosi. Bila selama ini emosimu sering meledak-ledak bahkan karena hal kecil sekalipun, ada baiknya mulai sekarang mulai dikendalikan, ya!

Bisa jadi, emosi yang gak terkendali ini juga yang jadi penyebab kandasnya hubungan di masa lalu. Jika gak mau terjadi lagi pahitnya putus cinta, usahakan kamu memperbaiki diri mulai hal-hal kecil, termasuk di dalamnya adalah mengelola emosi.

Baca Juga: Jangan Putus Asa, Lakukan 5 Hal Ini saat Hubungan Bertahun-tahun Putus

3. Menggali lagi alasan dan tujuan hidupmu

5 Tips Memantaskan Diri Sebelum Kamu Memulai Hubungan yang Baruilustrasi seorang wanita sedang berpikir (Pexels.com/Monstera)

Saat kamu tahu apa alasan serta tujuan hidupmu, akan lebih mudah dalam memantaskan dirimu sebelum menjalin hubungan yang baru, lho. Hal itu bisa terjadi karena kamu telah menemukan nilai-nilai di dalam diri kamu sendiri.

Kamu juga tahu apa yang kamu inginkan dalam hidup. Kriteria pasangan seperti apa yang bisa mendorongmu untuk jadi sosok yang lebih maju juga telah tergambar dengan jelas di benakmu. Bukan gak mungkin, dengan mengetahui apa yang kita mau dalam hidup kita lantas bertemu diri kita yang baru serta pasangan yang jauh lebih baik lagi.

4. Keluar dari jeratan mantan

5 Tips Memantaskan Diri Sebelum Kamu Memulai Hubungan yang Baruilustrasi seseorang sedang melihat koleksi foto (Pexels.com/George Milton)

Banyak juga, lho, yang masih sulit keluar dari jeratan mantan pasca putus. Bila kamu benar-benar ingin memantaskan diri dan menjalin hubungan baru, pastikan untuk sesegera mungkin keluar dari jeratan mantan.

Entah dengan memblokir kontaknya, membuang barang pemberiannya, atau bahkan berusaha untuk melupakannya. Keluar dari jeratan mantan, selain bantu kamu jadi individu yang lebih baik, juga bisa banget mempermudah cara kamu untuk memantaskan diri.

5. Mengenal diri sendiri

5 Tips Memantaskan Diri Sebelum Kamu Memulai Hubungan yang Baruilustrasi bercermin (Pexels.com/Min An)

Sebelum memulai hubungan yang baru, ada baiknya mengenal diri sendiri lebih dalam lagi. Sehingga, kamu jadi bisa tahu do and don’t, khususnya dalam hal percintaan. Jangan sampai daftar do and don’t ini dilanggar saat kamu mulai menjalin hubungan lagi nantinya.

Lantas, kalau kamu gak mengenal diri sendiri bagaimana bisa kamu mengenal individu lain? Cara mengenal diri sendiri bisa dilakukan dengan banyak hal, salah satunya adalah dengan melakukan self reflection.

Mudah banget untuk dilakukan, bukan? Semoga perubahan-perubahan kecil yang kamu lakukan bisa membantu kamu dalam proses memantaskan diri, ya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat!

Baca Juga: 5 Alasan di Balik Sulitnya Mengembalikan Kebahagiaan Pasca Putus Cinta

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya