Comscore Tracker

5 Hal Klise yang Sebaiknya Gak Dijadikan Alasan untuk Menikah

Menikahlah kalau kamu sudah siap, guys!

Menikah merupakan satu dari sekian fase kehidupan yang akan dilewati oleh manusia. Namun terkadang hal-hal klise berikut seringkali dijadikan alasan untuk menikah. Bukannya menikah karena memang sudah siap, tapi malah mengedepankan alasan seperti di bawah ini.

Penasaran apakah hal klise yang dimaksud? Let’s check this out

1. Menaikkan status sosial

5 Hal Klise yang Sebaiknya Gak Dijadikan Alasan untuk MenikahPexels.com/Hassan Ouajbir

Bukan hanya di sinetron atau drama korea saja, lho penikahan digunakan sebagai ajang menaikkan status sosial seseorang. Di dunia ini benar-benar nyata adanya alasan menikah karena ingin menaikkan status sosial.

Tak peduli cinta atau tidak, bagaimana kualitas calon pendampingnya, bagaimana sikapnya kala dilanda amarah, apakah sering main tangan, apakah hobi berselingkuh? Hal tersebut tetap tak menyurutkan langkah asal harta berlimpah. Hal klise seperti ini harusnya tak dijadikan alasan untuk menikah, lho memangnya kamu mau menikahi orangnya atau hartanya, sih?

2. Sedang tren di masyarakat

5 Hal Klise yang Sebaiknya Gak Dijadikan Alasan untuk MenikahPexels.com/Cleyder Duque

Melihat satu per satu sahabat bahkan tetangga yang usianya beberapa tahun lebih muda lantas membuat seseorang gusar, merengek kepada pacarnya untuk segera minta dinikahi. Tak peduli kesiapan sang calon, pokoknya harus nikah. Titik. Alasan seperti ini benar-benar tak masuk akal, lho Guys. Menikahlah jika kamu memang sudah siap bukan karena sedang tren di masyarakat.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gak Mudah bagi Single Parent untuk Menikah Lagi

3. Urusan ranjang

5 Hal Klise yang Sebaiknya Gak Dijadikan Alasan untuk MenikahPexels.com/Andrea Piacquadio

Meski bagi beberapa orang hal ini sedikit tabu dibicarakan, namun benar adanya, lho. Ada banyak orang beralasan untuk menikah hanya karena urusan ranjang. Hal yang ada dibenaknya hanyalah perkara ini saja.

Memang betul ketika menikah kamu dapat melakukannya secara sah dan legal utamanya untuk meneruskan keturunan. Tapi apakah pemikiranmu tentang membangun biduk rumah tangga hanya sebatas ini saja? Perlu kamu ketahui, nih jika gairah seseorang akan semakin menurun seiring bertambahnya usia, lho.

4. Faktor usia

5 Hal Klise yang Sebaiknya Gak Dijadikan Alasan untuk MenikahPexels.com/Filipe Leme

Risih mendengar omongan tetangga yang selalu sinis memandangmu belum juga berumah tangga padahal usia sudah cukup matang untuk memulainya, lantas kamu terburu-buru untuk menikah. Padahal, usia bukan tolok ukur dalam pernikahan maupun kedewasaan, lho. Tak ada yang namanya perawan atau perjaka tua.

Itu hanyalah stigma yang dilanggengkan oleh masyarakat saja. Menikahlah saat kamu benar-benar yakin dan mantap. Jika alasannya hanya karena usia, toh menikah juga tak lantas membuatmu terus awet muda dan berhenti menua kan?

5. Takut kesepian sepanjang hidup

5 Hal Klise yang Sebaiknya Gak Dijadikan Alasan untuk MenikahPexels.com/Rafael Barros

Tak ada seorang pun di dunia ini yang menyenangi kesepian. Tapi, jika alasan untuk menikah hanya sebatas takut kesepian sepanjang hidup rasanya harus ada yang diperbaiki dari pola pikir itu.

Memangnya setelah menikah kamu dan pasangan akan terus bersama setiap detik? Kamu dan dia juga pasti tidak akan terus menerus bersama. Ada kalanya kalian dipisahkan karena urusan pekerjaan misalnya.

Ada kalanya juga kalian akan sibuk dengan urusan masing-masing. Menikah tidak sesederhana itu, Guys. Kesepian akan tetap menghampirimu kapan saja dan pernikahan tak akan menghentikan itu.

Itulah beberapa hal klise yang sering dijadikan alasan untuk menikah. Sekali lagi ditekankan bahwa menikahlah ketika kamu siap, ya. Jangan sekali-kali berorientasi pada beberapa alasan di atas. Tak perlu risau jika saat ini kamu belum menikah. Semua akan indah pada waktunya, kok. Tetap semangat, ya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Perempuan setelah Menikah

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya