Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mencintai Diri Sendiri Sebelum Orang Lain

Mulai aja dulu, pelan-pelan yuk!

Kamu pasti sering mendengar ungkapan kalau kamu wajib mencintai diri sendiri terlebih dahulu barulah kamu bisa mencintai orang lain. Mungkin hingga saat ini kamu masih bertanya-tanya juga kenapa harus seperti itu.

Mengapa mencintai diri sendiri terlebih dahulu baru orang lain itu penting? Beberapa alasan berikut ini barang kali bisa menjawab pertanyaanmu. Kira-kira apa saja yang dimaksud? Cari tahu sama-sama, yuk!

1. Bisa bikin kamu lebih percaya diri

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mencintai Diri Sendiri Sebelum Orang LainIlustrasi seorang wanita yang percaya diri (Pexels.com/George Milton)

Ketika kamu mulai mencintai diri sendiri, maka secara gak langsung kamu akan membuang perasaan minder yang ada dalam dirimu. Kamu akan berubah jadi sosok yang lebih percaya diri.

Kamu juga jadi bebas mengekspresikan apapun yang kamu rasakan, lho. Kalau saat ini kamu sering minder, coba cintai diri kamu secara perlahan dan rasakan perbedaannya.

2. Kamu jadi tahu apa yang kamu mau

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mencintai Diri Sendiri Sebelum Orang LainIlustrasi seorang wanita (Pexels.com/Samson Katt)

Gak semua orang bisa berkata ‘tidak’ terhadap permintaan orang lain meski hal tersebut bertentangan dengan isi hati kamu. Dengan mencintai diri sendiri kamu jadi tahu apa yang kamu mau.

Bahkan, hebatnya lagi kamu gak perlu merasa sungkan untuk menolak ajakan orang lain. Gimana? Lebih menyenangkan bukan saat kamu bisa mencintai diri sendiri?

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Mencintai dan Menghargai Dirinya, Kamu Gimana? 

3. Bisa jadi lebih bahagia

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mencintai Diri Sendiri Sebelum Orang LainIlustrasi bahagia (Pexels.com/nappy)

Percaya, deh, saat kamu mulai membiasakan diri untuk mencintai diri sendiri, kamu akan jauh merasa lebih bahagia. Kamu bisa menerima segala kelebihan serta kekurangan kamu tanpa terkecuali.

Hidupmu juga akan jadi terasa lebih tenang saat kamu mampu mencintai diri sendiri. Jadi, kamu sudah belajar mencintai diri sendiri atau belum?

4. Gak takut dengan komentar orang lain

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mencintai Diri Sendiri Sebelum Orang LainIlustrasi bergosip (Pexels.com/Keira Burton)

Hal yang membuat kita sering terpuruk adalah komentar orang lain. Namun, lain halnya jika kamu mencintai diri sendiri, kamu gak perlu ambil pusing atas komentar yang mereka lontarkan.

Kalau baik, kamu jadikan masukan. Kalo tidak sesuai, ya kamu buang. Karena, kamu tahu bagaimana dirimu yang sebenarnya, jadi apapun yang dikatakan mereka bukan sebuah persoalan besar.

5. Kamu gak perlu bergantung pada siapapun

5 Alasan Kenapa Kamu Wajib Mencintai Diri Sendiri Sebelum Orang LainIlustrasi seorang wanita sedang melompat (Pexels.com/Quang Anh Ha Nguyen)

Kamu pasti pernah merasa saat ingin melakukan sesuatu harus menunggu orang lain terlebih dahulu? Padahal kamu bisa-bisa saja langsung melakukannya sendiri tanpa harus menunggu orang lain.

Saat kamu mencintai dirimu sendiri, kamu gak perlu pikir panjang atau pikir dua kali sebelum melakukan sesuatu. Kamu langsung berani mengambil keputusan saat itu juga.

 

Itulah tadi beberapa alasan kenapa kamu wajib mencintai diri sendiri sebelum orang lain. Gimana banyak banget, kan, manfaatnya? Tunggu apalagi, segera mulai untuk mencintai diri sendiri, yuk.

Baca Juga: 5 Bukti yang Tunjukkan Kamu Hanya Berpura-pura Mencintai Diri Sendiri

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya