Comscore Tracker

5 Ciri yang Tunjukkan Kamu Belum Siap untuk Menjalin Hubungan

Jangan nekat memulai jika kamu belum siap!

Entah mengapa bagi sebagian orang, menjalani hidup sebagai seorang jomblo terasa sangat menakutkan. Sehingga, mereka akan berusaha sekuat tenaga supaya lekas mengakhiri masa jomblo mereka.

Namun, nyatanya semakin dikejar justru gak kunjung dapat. Bisa jadi sebenarnya kamu belum siap untuk menjalin sebuah hubungan, lho. Oleh karenanya kamu wajib tahu beberapa ciri berikut ini. Biar kamu gak makin penasaran cek sama-sama, yuk!

1. Masih sering bersikap egois

5 Ciri yang Tunjukkan Kamu Belum Siap untuk Menjalin HubunganIlustrasi seorang wanita (Pexels.com/Craig Adderley)

Menjalin sebuah hubungan berarti akan muncul interaksi lebih dari satu orang. Hal ini jelas membuat kamu gak bisa terus-terusan bersikap egois layaknya semasa kamu masih menjadi seorang jomblo.

Karena saat berada dalam sebuah hubungan, ada individu lain yang harus kamu pikirkan juga. Makanya, kalau hingga saat ini saja kamu masih kerap bersikap egois, ada baiknya ubah dulu sikap tersebut sebelum benar-benar mengiyakan ajakan seseorang untuk membina sebuah hubungan.

2. Belum sepenuhnya move on dari mantan

5 Ciri yang Tunjukkan Kamu Belum Siap untuk Menjalin HubunganIlustrasi wanita sedang menangis (Pexels.com/RODNAE Productions)

Hal yang satu ini jelas gak terelakkan lagi. Mantan merupakan bagian dari masa lalu yang mau gak mau harus kamu kubur dalam-dalam, hingga akhirnya kamu siap menjalin sebuah hubungan.

Kalau hingga saat ini saja pikiran serta perasaanmu masih tertuju untuk mantan, bagaimana caranya kamu memberi kesempatan orang lain untuk masuk dalam kehidupanmu? Untuk itu, jika kamu memang berniat ingin menjalin sebuah hubungan, usahakan agar lekas move on, ya.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Belum Cukup Dewasa dalam Menjalin Hubungan

3. Takut untuk berkomitmen

5 Ciri yang Tunjukkan Kamu Belum Siap untuk Menjalin HubunganIlustrasi seorang pria dan wanita (Pexels.com/Budgeron Bach)

Ciri lain yang tunjukkan bahwa kamu masih belum siap untuk menjalin sebuah hubungan, adalah saat kamu masih takut untuk berkomitmen. Entah disebabkan karena trauma masa lalu, atau karena ketakutan yang muncul dari dalam dirimu akibat terlalu banyak melihat hal-hal yang kurang baik mengenai sebuah hubungan, baik dari lingkungan maupun dunia maya. Sebaiknya, mantapkan niat untuk mulai belajar dan menerima agar kamu siap berkomitmen.

4. Selalu ingin diprioritaskan oleh orang lain

5 Ciri yang Tunjukkan Kamu Belum Siap untuk Menjalin HubunganIlustrasi pasangan(Pexels.com/RODNAE Productions)

Sikap yang satu ini wajib banget kamu ubah apabila kamu memang berniat ingin memulai sebuah hubungan. Pasalnya, orang lain juga punya kepentingan, lho. Gak bisa serta merta hanya memprioritaskan kamu saja.

Hal ini bila gak diubah dan kamu terlanjur membangun sebuah hubungan, yang ada malah akan jadi toksik serta kamu akan terus bergantung dengan pasanganmu. Sikap seperti ini lama kelamaan justru malah akan memicu pertengkaran di antara kalian jika kamu gak bisa berdamai dengan keadaan.

5. Menolak siapapun yang ingin masuk ke dalam hidupmu

5 Ciri yang Tunjukkan Kamu Belum Siap untuk Menjalin HubunganIlustrasi pasangan (Pexels.com/EKATERINA BOLOVTSOVA)

Ciri yang terakhir adalah kamu selalu menolak siapapun yang ingin masuk ke dalam hidupmu, meski orang tersebut mendekati tipe idealmu kamu terus saja membentengi diri. Kamu gak mau berusaha untuk membuka diri terhadap siapapun yang mencoba mengetuk pintu hati kamu.

Itulah sebabnya, kamu belum benar-benar siap dalam menjalin hubungan. Mulai sekarang, usahakan untuk membuka diri, yuk. Mungkin kalo gak bisa jadi pacar, tapi tetap bisa jadi teman, kan?

 

Nah, itulah tadi beberapa ciri yang menunjukkan kalau kamu belum siap untuk memulai sebuah hubungan. Semoga kamu bisa mengubah beberapa sikap di atas, ya.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Menjalin Hubungan dengan Pasangan yang Terlalu Mengatur

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya