Comscore Tracker

Begini 5 Cara Gadget Merusak Hubungan Tanpa Kamu Sadari

Lebih bijak, yuk dalam main gadget #IDNTimesLife

Dewasa ini hubungan seseorang dengan gadget sudah sangat dekat dan jadi bagian dari kebutuhan layaknya kita mengonsumsi makanan sehari-hari. Dengan adanya teknologi ini jugalah semua keperluan kita banyak terpenuhi.

Namun, ada satu hal yang cukup membahayakan dari gadget utamanya bila berkaitan dengan hubungan antar individu. Gadget bisa jadi salah satu penyebab rusaknya hubungan antar dua manusia atau bahkan lebih, lho. Tanpa kamu sadari sama sekali beginilah cara gadget merusak hubunganmu.

1. Kecanduan bermain media sosial

Begini 5 Cara Gadget Merusak Hubungan Tanpa Kamu SadariIlustrasi seorang pria yang melihat ke arah pasangannya yang asyik main gadget (Pexels.com/Jack Sparrow)

Media sosial memang menawarkan hal-hal yang gak kita dapatkan di dunia nyata. Selalu ada saja hal-hal baru yang entah membuat kita kagum, tertawa hingga geleng-geleng kepala.

Kebanyakan media sosial dirancang dengan model limitless atau infinity dimana membuat kita asyik terus menggulirkannya dari atas ke bawah atau sebaliknya tanpa terputus. Nah, kenikmatan seperti inilah yang pada akhirnya membuat seseorang menjadi sangat kecanduan bermain media sosial.

Kalau sudah kecanduan jangankan hubungan mereka dengan orang lain  dengan diri sendiri saja sering terabaikan karena terlalu asyik menggulirkan jari menjelajahi media sosial.

2. Dapat memicu terjadinya perselingkuhan

Begini 5 Cara Gadget Merusak Hubungan Tanpa Kamu SadariIlustrasi seorang wanita bermain handphone saat pasangannya tidur (Pexels.com/

Bukan hal yang baru lagi, deh kalau perselingkuhan bermula dari gadget. Dari sanalah kemudian berlanjut ke hal-hal lain. Mungkin awalnya hanya sebatas teman ngobrol, lalu nyambung kemudian nyaman.

Gak peduli sudah punya pasangan atau belum saat mata dan hati sudah tertutupi kesenangan sesaat orang-orang yang selalu ada dan setia dikala suka maupun duka ya, dilupakan begitu saja. Bermula dari hal sesederhana itu, hubungan manusia bisa hancur seketika.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Mata Lelah akibat Kelamaan Memandang Gadget

3. Membuat seseorang lupa waktu karena bermain game

Begini 5 Cara Gadget Merusak Hubungan Tanpa Kamu SadariIlustrasi seseorang bermain league of legends (Pexels.com/RODNAE Productions)

Dalam hal kecanduan game pria dan wanita sebetulnya sama aja, kok. Kalau sudah mulai bermain jadi sering lupa waktu. Bahkan saat bertemu malah lebih asyik main game sendiri sampai teriak-teriak sendiri seolah gak tahu tempat.

Game dan sosial media yang ada di gadget kita memang dirancang seperti itu yakni memengaruhi alam bawah sadar kita untuk terus menghabiskan waktu di sana. Kalau kamu sering banget begini ada baiknya mulai introspeksi diri dan mulai mengurangi durasi main game kamu, ya.

4. Merusak keintiman yang sudah dibangun

Begini 5 Cara Gadget Merusak Hubungan Tanpa Kamu SadariIlustrasi sepasang suami istri sibuk bermain gadget sendiri-sendiri (Pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kamu pasti sebel, dong sudah meluangkan waktu untuk bertemu eh malah ditinggal asyik main media sosial, main game, chatting dan sebagainya. Baru juga cerita setengah jalan dan lagi seruserunya tiba-tiba aja lawan bicara kita ambil gadget setelah melihat notifikasi.

Kalau penting dan fokus dengerin lagi, sih gak masalah kalau sampai lupa sedang ada kita, lho di hadapannya, jelas keterlaluan banget, kan? Gak melulu sama pasangan, kok meet up bareng teman juga sering banget kejadian. Jadi, gak salah, dong kalau gadget dikatakan sebagai salah satu perusak keintiman?

5. Memicu kesalahpahaman lebih besar

Begini 5 Cara Gadget Merusak Hubungan Tanpa Kamu SadariIlustrasi seorang wanita melirik ke arah pasangannya yang sibuk sendiri (Pexels.com/Budgeron Bach)

Sebuah hubungan bisa hancur karena adanya kesalahpahaman. Misalnya saja kamu mengunggah sesuatu di media sosialmu lalu orang lain mengartikan sebaliknya. Bisa juga kamu menuliskan status padahal gak ditujukan untuk orang yang kamu kenal eh, dia malah merasa tersindir.

Ada banyak sekali contoh kesalahpahaman yang dipicu oleh apa yang kita bagikan melalui gadget. Bahkan balasan chat yang sebetulnya biasa saja karena melalui ketikan bisa diartikan lain, lho.

Sebaiknya kamu mulai membatasi diri dan lebih bijak lagi dalam menggunakan gadget, ya. Masalahnya jika kebiasaan seperti ini kamu teruskan yang ada hubunganmu akan semakin runyam dan berantakan.

Baca Juga: Ciri-ciri Anak Kecanduan Gadget dan Tips Mengatasinya

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya