Comscore Tracker

5 Hal Positif dari Perasaan Cemburu, Gak Selamanya Buruk

Ternyata bisa membawa dampak positif jika gak berlebihan

Bicara mengenai cemburu, pikiran kita pasti langsung tertuju pada hal-hal yang buruk. Entah itu posesif, takut dibilang kekanakan, atau bahkan bikin rusak hubungan. Padahal gak selamanya begitu, lho.

Selagi diekspresikan dengan benar dan gak membuat sikap kamu jadi toksik, perasaan cemburu ternyata bisa membawa dampak positif terhadap hubunganmu. Nah, kamu pasti ingin tahu dong, hal positif apa yang dimaksud? Tanpa berlama-lama lagi, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Bikin hubungan jadi lebih baik 

5 Hal Positif dari Perasaan Cemburu, Gak Selamanya Burukilustrasi sepasang kekasih sedang bermesraan (pexels.com/Ron Lach)

Mungkin kamu atau pasangan gak begitu sadar kalau perasaan cemburu yang muncul dalam hubungan bisa membuat jalinan asmara di antara kalian jadi jauh lebih baik, lho. Kalian berdua jadi makin paham dengan satu sama lain, terutama mengenai apa yang sebaiknya dilakukan dan dihindari dalam hubungan. 

Meski pada prosesnya, melawan rasa cemburu itu sulit, tapi jika sudah terlewati, hubunganmu dan dia jadi makin langgeng, deh. Hal ini akan menambahkan warna pada hubungan kalian berdua.

2. Mencegah hancurnya hubungan 

5 Hal Positif dari Perasaan Cemburu, Gak Selamanya Burukilustrasi pasangan sedang bersitegang (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Kadang kamu atau pasangan sering lupa kalau cemburu justru jadi hal positif yang bisa mencegah hancurnya hubungan kalian. Biasanya, seseorang akan cenderung berpikir jika mereka tidak mengekspresikan perasaan cemburu yang dirasakan, maka hubungan akan aman dan langgeng-langgeng saja.

Padahal yang terjadi justru sebaliknya. Menahan rasa cemburu malah bakal jadi momok yang menakutkan bagi hubungan kalian ke depannya. Dengan saling memendam kekesalan, bisa-bisa saat meluap suatu ketika nanti, malah hubungan jadi tak terselamatkan.

Baca Juga: 5 Tanda Pasangan Sudah Tak Menghargaimu Lagi, Segera Ambil Tindakan!

3. Sebagai upaya dalam melindungi hubungan dari pihak lain 

5 Hal Positif dari Perasaan Cemburu, Gak Selamanya Burukilustrasi seorang pria yang melirik wanita lain (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Taukah kamu jika perasaan cemburu bisa jadi salah satu upaya dalam melindungi hubungan dari pihak lain? Misalnya saja saat seseorang berniat masuk ke dalam hubungan kalian, maka perasaan cemburu dapat menjadi tameng.

Hal ini disebabkan entah kamu atau pasangan pasti akan langsung mengungkapkan keberatannya terlebih dulu. Dengan kata lain, komunikasi yang baik juga akan terjalin di antara kalian dan hal tersebut bisa menyelamatkan hubungan supaya gak kandas begitu saja.

4. Bantu kamu untuk lebih mengenal diri sendiri 

5 Hal Positif dari Perasaan Cemburu, Gak Selamanya Burukilustrasi pasangan sedang bertengkar (pexels.com/Alex Green)

Banyak yang belum menyadari bahwa dengan hadirnya perasaan cemburu malah akan membuat seseorang lebih mengenal diri mereka sendiri. Pasalnya, kamu akan semakin mengetahui apa yang sebetulnya tidak kamu sukai dalam sebuah hubungan.

Tak berhenti di situ, kamu akan paham bagaimana cara mengatasi perasaan cemburu. Dampaknya, kamu lebih peka terhadap perasaanmu sendiri. Semakin cepat kamu menyadarinya, semakin baik juga untuk hubunganmu dan pasangan. 

5. Sebagai pengingat bahwa kamu dan pasangan sangat menghargai hubungan

5 Hal Positif dari Perasaan Cemburu, Gak Selamanya Burukilustrasi pasangan saling berpegangan tangan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hadirnya perasaan cemburu juga dapat bertujuan sebagai pengingat bahwa kamu dan pasangan sangat menghargai hubungan. Salah satu di antara kalian pasti tak ingin hubungan yang sudah terjalin selama ini, harus bubar di tengah jalan, bukan?  

Tak berhenti di situ saja, kalian juga akan makin paham seberapa besar cinta yang terdapat dalam hubungan ini. Kalau saja kalian sudah tak peduli dengan hubungan, sudah bisa dipastikan kalian akan membiarkan ego menguasai diri masing-masing. Ego inilah yang pada akhirnya akan merusak hubungan yang selama ini sudah kalian bina.

Tak disangka-sangka ternyata perasaan cemburu punya sisi positifnya juga, ya? Intinya, selama perasaan tersebut tak berlebihan pasti rasa cemburu bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: Meskipun Sangat Cinta, 5 Hal Ini Tak Boleh Dikorbankan saat Pacaran

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya