Comscore Tracker

5 Tanda Hubunganmu dan Sahabat Mulai Gak Sehat, Jangan Diteruskan!

Kalau dipaksakan malah akan jadi toxic friendship

Seberapapun lamanya hubungan antara kamu dan sahabat, gak menjamin jika hubungan yang kalian jalin terus berada dalam hubungan yang sehat, lho. Sebetulnya mungkin saja kamu sudah menyadari akan hal ini, hanya saja gak jarang kamu sering denial dengan apa yang terjadi. Bila kamu masih bingung, memangnya seperti apa tanda hubungan yang sudah gak sehat itu? Simak tandanya berikut ini, yuk.

1. Sering mencampuri urusanmu

5 Tanda Hubunganmu dan Sahabat Mulai Gak Sehat, Jangan Diteruskan!Ilustrasi seorang wanita marah kepada seorang pria (Pexels.com/ Budgeron Bach)

Bila sahabat kamu sering mencampuri segala urusanmu baik itu karier, pendidikan bahkan urusan percintaanmu, bisa dibilang hubungan kalian sudah masuk tahap gak sehat, nih. Sah dan boleh-boleh saja, kok, dia mengutarakan pendapatnya akan sesuatu yang kamu lakukan.

Namun, bukan berarti dia berhak untuk mencampuri segala macam urusanmu. Gak ada salahnya untuk membicarakan hal ini dengan sahabatmu bila kamu merasa keberatan. Kalau sudah gak bisa ditolerir lagi, gak apa-apa untuk memutus persahabatan dengan mereka, kok.

2. Memberikan pengaruh buruk terhadapmu

5 Tanda Hubunganmu dan Sahabat Mulai Gak Sehat, Jangan Diteruskan!Ilustrasi seorang pria dan wanita (Pexels.com/Alex Green)

Bagaimanapun juga sebagai sahabat yang baik, harusnya kalian saling menyebarkan hal baik satu sama lain. Namun, bila lambat laun sahabatmu justru malah memberikan pengaruh buruk terhadapmu, lebih baik usaikan saja persahabatan kalian.

Lagi pula, bukannya kamu malah merasa semakin baik jadi manusia malah berubah jadi orang lain yang gak kamu banget, deh. Dampaknya bukan hanya ke diri kamu, lho bila kamu terpapar pengaruh buruk orang lain tapi juga keluarga serta lingkungan terdekatmu.

Baca Juga: 8 Tipe Teman yang Kamu Butuhkan dalam Hidup, Pastikan Gak Toxic!

3. Gak segan menikam kamu dari belakang

5 Tanda Hubunganmu dan Sahabat Mulai Gak Sehat, Jangan Diteruskan!Ilustrasi tiga orang sedang berdebat (Pexels.com/Andy Barbour)

Ciri bahwa hubunganmu dan sahabat sudah gak sehat adalah, saat ia gak segan menikam kamu dari belakang. Di mana dengan sengaja dan tega ia melakukan hal-hal buruk di belakangmu. Entah dalam persoalan apapun itu.

Jika sudah seperti ini, ada baiknya untuk cepat-cepat memutus hubungan persahabatan kalian. Karena untuk apa juga dipertahankan bila akhirnya hanya akan merugikan kamu dan membuatmu menderita.

4. Gemar membicarakan kejelekan kamu

5 Tanda Hubunganmu dan Sahabat Mulai Gak Sehat, Jangan Diteruskan!Ilustrasi orang yang sedang bergosip (Pexels.com/Keira Burton)

Saat kamu mengetahui bahwa sahabat tercintamu punya kebiasaan gemar membicarakan kejelekanmu di belakang, saat itulah jadi momen yang tepat untuk segera memutuskan hubungan dengan mereka.

Lagipula, apa masih layak disebut sahabat jika hobinya saja membicarakan kejelekan sahabatnya sendiri? Sahabat yang baik bila mengetahui sahabatnya melakukan kesalahan, ya sebaiknya ditegur bukan malah dibicarakan di belakang.

5. Kamu selalu merasa lelah saat bersamanya

5 Tanda Hubunganmu dan Sahabat Mulai Gak Sehat, Jangan Diteruskan!Ilustrasi pria dan wanita sedang bertengkar (Pexels.com/Keira Burton)

Pernah gak, sih, entah mengapa kamu merasa sangat lelah saat kumpul bersama sahabatmu? Kamu juga gak sadar kenapa hal tersebut bisa terjadi. Bukan lelah secara fisik, ya, tapi lelah secara mental.

Hal ini bisa saja disebabkan oleh topik pembicaraan yang sahabatmu angkat membuatmu lelah secara mental entah mengangkat topik yang terlalu tinggi yang secara gak langsung mempengaruhimu secara psikis. Gak ada salahnya rehat sejenak dari sirkel persahabatanmu, kok, atau memilih memutuskan hubungan dengan mereka.

 

Nah, itulah tadi beberapa ciri hubungamu dan sahabat termasuk hubungan yang gak sehat. Jangan ragu untuk rehat atau putus hubungan dengan mereka, ya, daripada semakin menyiksa kamu.

Baca Juga: 7 Ciri Teman Toxic, Drama Terus-menerus, Lebih Baik Akhiri!

Annisa Nur Fitriani Photo Verified Writer Annisa Nur Fitriani

Don't sleep on me

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya