Comscore Tracker

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan agar Hubungan Asmara Tak Memanas

Lakukan keenam hal ini agar hubungan asmaramu tak memanas!

Setiap orang pastinya menginginkan hubungan yang romantis, damai, dan penuh kasih. Sayangnya, dalam beberapa momen, tak jarang terdapat sebuah percekcokan ataupun pertikaian yang serius di dalam hubungan asmara kita.

Tak sedikit pula pasangan yang terlibat pertikaian yang begitu serius dan berakibat sangat fatal, yaitu putus ataupun perceraian. Pastinya kita semua tak ingin mengalami putus atau perceraian karena hal-hal yang tak penting.

Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah dengan cara menghindari beberapa hal. Berikut 6 hal yang tak boleh dilakukan agar hubungan asmaramu tak memanas. 

1. Menjadikan pasanganmu sebagai pelampiasan amarahmu

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan agar Hubungan Asmara Tak Memanasfreepik.com/wavebreakmedia_micro

Pasti setiap dari kita pernah marah ataupun mengomel terhadap pasangan kita. Sungguh lega rasanya ketika kita dalam keadaan capek atau tidak enak hati lalu menumpahkan rasa kekesalan kita terhadap pasangan walaupun tanpa sengaja sekalipun. Jika ini pernah terjadi pada dirimu, maka mulai saat ini coba hentikan kebiasaan tersebut.

Tanpa disadari, jika kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, jangan salahkan pasanganmu jika dirinya bersikap berubah hingga mengajak putus atau bercerai. Harus disadari bahwa setiap orang mempunyai tingkat kesabaran masing-masing. Hal terbaik jika kamu sudah sering terlanjut berbuat demikian ialah minta maaf dan jelaskan apa yang terjadi.

Pastinya mencoba untuk menahan mengomel ataupun marah terhadap pasangan di situasi apapun juga harus dilakukan. Jika kamu tipe orang yang belum bisa menahan keadaan tersebut, lebih baik kamu tunda dulu pertemuan kamu terhadap pasanganmu daripada pertemuan kalian berakhir buruk.

2. Memberikan ultimatum

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan agar Hubungan Asmara Tak Memanasfreepik.com/pressfoto

Harus diakui bahwa setiap orang tidak suka diberi ultimatum ataupun dipojokkan. Namun, tak sedikit pula orang yang gemar memberi ultimatum terhadap pasangannya.

Misalkan, ketika kamu mengajak pasanganmu untuk menonton film kesukaanmu dan dia enggan untuk menurutimu, kamu berkata "Kamu akan menemaniku nonton film kesukaanku atau kita tidak bicara lagi selama seminggu".

Kamu harus menyadari betapa tidak enaknya disudutkan oleh orang yang kita cintai. Ada banyak cara agar pasanganmu menuruti kemauanmu tanpa memberinya ultimatum. Contohnya, berikan saja penjelasan mengapa hal tersebut begitu penting bagimu ataupun kamu bisa merayunya. 

3. Mempertengkarkan hal-hal konyol 

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan agar Hubungan Asmara Tak Memanasfreepik.com/freepik

Mempertengkarkan hal-hal konyol sama saja dengan mempeributkan perkara kecil. Orang sering berdebat giliran siapa menjemput anak, mengapa membalas chat terlalu lama, mengapa terlalu sering pergi dengan temannya, atau siapa yang lebih pantas mendidik anak.

Tanpa disadari, hal ini dapat memicu sumbu api yang lebih besar jika dibiarkan terus-menerus. Cobalah untuk mengeliminasi masalah-masalah kecil yang biasa kalian perdebatkan.

Lebih baik kalian mendiskusikan masalah yang benar-benar mendasar dan berakibat besar pada masa depan kalian. Jika hal tersebut telah dilakukan, bersiaplah untuk menuju hubungan yang lebih baik dari sebelumnya.

Baca Juga: 5 Tips Menjaga Hubungan Asmara meski Sama-sama Sibuk Bekerja

4. Selalu menganggap pasangan bisa membaca pikiranmu

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan agar Hubungan Asmara Tak Memanasfreepik.com/wayhomestudio

Kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang terhadap pasangan, ialah selalu menganggap bahwa pasangannya bisa membaca apa yang ada di pikirannya. Hal ini akan membuat banyak pasangan membuang waktunya hanya untuk kucing-kucingan mengenai apa yang mereka pikirkan.

Lebih baik bicara langsung mengenai harapan kamu untuknya. Setidaknya, dia bisa langsung mengerti apa yang kamu inginkan, daripada mencoba untuk tebak-menebak apa yang dirimu inginkan atau harapkan darinya.

5. Terlalu banyak menuntut

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan agar Hubungan Asmara Tak Memanaspexels.com/ChinmaySings

Pastinya tak ada pasangan yang betah diperlakukan oleh pasangannya yang seperti bos atau guru di sekolah dasar. Hal ini tidak bermaksud untuk kamu berhenti berharap kepadanya agar menjadi lebih baik. Namun, berilah dirinya kebebasan atas pilihannya dan berilah kepercayaan terhadap apa yang dia pilih. 

Tuntutan yang berlebihan hanya saja membuat dia jenuh terhadapmu. Jangan sering menuntutnya untuk berubah 180 derajat hanya untuk membuat dirinya terlihat cocok di matamu. Hal tersebut hanya membuat hubungan kalian menjadi rumit.

6. Bandingkan dia dengan orang lain

6 Hal yang Tak Boleh Dilakukan agar Hubungan Asmara Tak Memanasfreepik.com/Yanalya

Hal terbesar yang membuat pasanganmu akan tersinggung, ialah membandingkannya dengan orang lain yang lebih baik. Jangan sesekali membandingkan dia dengan orang lain, apalagi di depannya langsung. Hal ini secara tidak langsung kamu telah merendahkannya.

Lebih baik kamu memotivasinya agar dia menjadi lebih baik sesuai dengan harapanmu. Selain itu, membandingkan dirinya dengan orang lain tidak akan membuat hubungan kalian menjadi baik, bahkan menjadi sebaliknya.

 

Memang beberapa hal ini tak semuanya sesuai dengan tipe pasanganmu. Namun, setidaknya kamu telah berusaha untuk menjaga hubungan kalian jika menerapkan hal-hal tersebut. Semoga artikel ini dapat membantu mempertahankan hubungan kalian ya.

Baca Juga: Tak Hanya Soal Romantisme, 5 Hal Ini Buat Hubungan Asmara Langgeng Lho

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya