Comscore Tracker

5 Hal untuk Memperbaiki Hubungan Kamu yang Mulai Retak

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperbaiki hubungan

Setiap hubungan pasti tak pernah luput dari amarah, perbedaan pendapat, percekcokan, hingga pertengkaran. Beberapa hal ini sangat berbahaya dalam menjalin hubungan baik yang telah dibangun dengan pasangan karena dapat membuat hubungan kamu retak.

Jika kamu sudah merasa hubungan kalian mulai retak, ada beberapa hal yang dapat menyelamatkan hubungan kamu. Berikut 5 hal yang harus kamu lakukan ketika kamu mengetahui hubungan kalian sudah mulai retak.

1. Lupakanlah

5 Hal untuk Memperbaiki Hubungan Kamu yang Mulai Retakpexels.com/pixabay

Banyak pasangan yang bertengkar karena hal-hal kecil. Mulai dari lupa membawakan barang kesayangan, tidak memberikan hadiah di hari spesial, tidak chat dalam beberapa hari, dan hal-hal lainnya. Kebanyakan hubungan mulai retak karena kita sendiri susah untuk melupakan kesalahan yang dibuat oleh pasangan kita. Hal ini diperburuk dengan masing-masing dari kalian selalu defense saat membicarakan masalah yang telah diperdebatkan.

Mulai sekarang, coba lupakanlah segala kesalahan yang dilakukan oleh pasangan kamu. Jangan bicarakan kesalahan-kesalahan yang telah dia buat saat kalian sedang berkumpul. Ingatlah ada yang lebih penting daripada kesalahan yang telah dia buat, yaitu masa depan hubungan kalian. 

2. Mendahului bersikap ramah

5 Hal untuk Memperbaiki Hubungan Kamu yang Mulai Retakfreepik.com/freepic.diller

Ketika hubungan sedang dalam temperatur panas, kebanyakan orang akan saling menunggu siapa yang memulai duluan mengajak bicara. Adapun ketika anda sudah memulai mengajak bicara duluan, dia begitu cuek dalam menanggapi kita. Terlepas dari itu, selalu bersikap ramahlah dalam setiap keadaan. Apalagi saat hubungan sedang memanas.

Ramah bukan berarti selalu tersenyum walaupun hati sendiri sedang rapuh. Akan tetapi, ramah di sini berarti perlakukanlah pasanganmu seperti kamu ingin diperlakukan. Jika kamu selalu menerapkan hal ini, hubungan kamu akan baik seperti dulu kala. 

Baca Juga: 5 Cara Sederhana Memperbaiki Hubungan yang Retak dengan Sahabatmu

3. Cobalah jadilah pendengar yang baik

5 Hal untuk Memperbaiki Hubungan Kamu yang Mulai Retakpixabay.com/OmarMedinaFilms

Ketika hubungan sedang panas, hal yang paling susah dilakukan adalah mendengarkan dan memahami maksud dia. Ini merupakan tantangan yang tidak semua pasangan bisa melakukan itu. Oleh karena itu, jadilah pendengar yang baik untuk pasangan kamu. Cobalah pahami dan masuklah ke dalam pembicaraan dengan baik. Hal ini dapat membuat hubungan kamu dan pasanganmu mulai membaik lagi.

4. Ingatkan dia hari-hari kalian tertawa

5 Hal untuk Memperbaiki Hubungan Kamu yang Mulai Retakpexels.com/AlineViana

Kebanyakan orang akan selalu mengingat hari-hari di mana pasangannya berbuat kesalahan. Namun, ketika sedang dalam hubungan yang mulai memanas, pastinya hal ini tidak boleh dilakukan jika hubungan kalian ingin dipertahankan. Inilah waktunya untuk mengingatkan kapan kalian tertawa bersama dan apa yang membuat hal tersebut terjadi. Cobalah untuk mengulang penyebab kalian tertawa bersama-sama. 

5. Ajak dia ke tempat favoritnya

5 Hal untuk Memperbaiki Hubungan Kamu yang Mulai Retakpixabay.com/PICNIC_Fotografie

Mengajak pasangan ke tempat favoritnya merupakan cara efektif untuk memperbaiki hubungan. Ajaklah dia bercanda dan  bicarakan kenangan indah di tempat favoritnya tersebut. Tapi ingat, jangan sampai kamu bicarakan masalah-masalah sebelumnya ya!! Hal ini akan membuat hubungan semakin panas. 

Pastinya tidak semudah yang dibayangkan dalam menerapkan 5 hal ini. Hal ini memang membutuhkan banyak kesabaran dan ketenangan. Selamat mencoba!! Semoga hubungan kalian lekas membaik ya.

 

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuat Hubungan Harmonis Jadi Retak

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya