Comscore Tracker

5 Respon Menyebalkan yang Diterima Saat Curhat, Hindari Ya!

Bukannya lega, malah tambah stres kalau responnya begini 

Disingkat menjadi curhat, curahan hati merupakan istilah yang kerap digunakan saat kita tengah berbagi cerita terkait masalah yang dihadapi kepada orang lain. Acap kali dilakukan untuk mengurangi stres, respon yang ditunjukkan oleh orang lain yang kita jadikan tempat curhat, tentunya sangat berpengaruh.

Meski tak harus memberikan solusi atas permasalahan yang diceritakan, namun tanggapan tepat yang terkesan menghargai dari orang lain, akan membuat kita yang tengah curhat menjadi lega.

Berbeda dengan 5 respon di bawah ini. Tidak hanya memberi kesan tidak menghargai, respon-respon yang diterima saat curhat seperti di bawah ini terasa begitu menyebalkan.

1. Sering kali memotong pembicaraan 

5 Respon Menyebalkan yang Diterima Saat Curhat, Hindari Ya!instagram.com/hospitalplaylist_official

Apabila bukan hal penting yang mendesak, memotong pembicaraan sebaiknya tidak dilakukan. Selain enggak sopan, memotong pembicaraan juga bisa membuat seseorang hilang minat untuk lanjut bercerita. Menyebalkan, memotong pembicaraan orang lain pun mencerminkan sikap tidak menghargai. Kalau ada seseorang yang kerap menyela suatu obrolan, bisa jadi ia tidak tertarik sama sekali dengan pembicaraan tersebut.

2. Membawa-bawa orang lain yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan curhatan 

5 Respon Menyebalkan yang Diterima Saat Curhat, Hindari Ya!instagram.com/hospitalplaylist_official

Guys, kalian pernah gak sih pas lagi enak-enak curhat, tiba-tiba ada salah satu teman yang mulai membicarakan orang lain? Selain bikin sebal, hal ini kerap kali membuat cerita yang sebelumnya diutarakan, menjadi terlupakan begitu saja.

Biasa dimulai dengan kalimat "eh iya, mumpung ingat", membawa-bawa orang lain yang tidak ada hubungannya seperti ini bukan hanya tidak sopan, tetapi juga bikin bad mood. Meskipun misalnya akan kembali pada topik bahasan sebelumnya, perasaan yang terlanjur kesal membuat diri menjadi malas. Belum lagi kalau lawan bicara jadi lupa sama curhatannya, mau enggak mau harus mengulang cerita.

Baca Juga: 7 Fakta Ilmiah soal Keterbukaan Diri, Curhat dan Unggah Hal Personal

3. Ditanggapi dengan sekadarnya, bahkan terkesan tidak peduli 

5 Respon Menyebalkan yang Diterima Saat Curhat, Hindari Ya!instagram.com/hospitalplaylist_official

Meskipun tidak dapat memberikan solusi atas apa yang diceritakan, namun seseorang yang peduli dengan cerita kita akan berusaha sebaik mungkin dalam memberi tanggapan. Setidaknya, ia akan bertanya tentang keadaan, perasaan, dan tindakan kita terkait dengan curhatan tersebut sebagai bentuk respon positif.

Apabila hanya ditanggapi dengan respon seperti "iya" dan "oh", besar kemungkinan lawan bicara kita tidak punya ketertarikan dengan apa yang dibicarakan.

4. Membanding-bandingkan masalah yang kita hadapi 

5 Respon Menyebalkan yang Diterima Saat Curhat, Hindari Ya!instagram.com/hospitalplaylist_official

Setiap orang pasti punya masalah yang berbeda-beda, begitu pun tindakan yang diambil untuk menghadapi masalah tersebut. Meski tidak semuanya, namun terdapat beberapa orang yang selalu saja menganggap masalahnya merupakan yang terberat, dan masalah orang lain tidak ada apa-apanya.

Biasanya orang-orang seperti ini, akan selalu menyepelekan masalah yang kita hadapi, bahkan pada akhirnya bisa saja malah ia yang menceritakan masalahnya. Mending kalau hal seperti ini terjadi hanya sesekali, kalau terus-terusan, duh lebih baik enggak usah curhat sama dia, deh.

5. Memberi nasihat yang seolah menggurui, padahal kenyataannya belum pernah mengalami hal serupa 

5 Respon Menyebalkan yang Diterima Saat Curhat, Hindari Ya!instagram.com/hospitalplaylist_official

Saat mencurahkan masalah yang sedang melanda, tentunya kita akan menghargai setiap saran dan nasihat orang lain. Akan tetapi kalau petuah yang diberikan tersebut seolah menggurui dan terkesan sok tahu, tentunya bukan berterima kasih, kita malah merasa jengkel.

Apalagi kalau pada kenyataannya kita tahu, bahwa orang tersebut belum pernah menghadapi masalah serupa. Bukannya stres kita menjadi sedikit berkurang dengan curhat kepada orang tersebut, eh mendengar nasihatnya malah membuat naik pitam.

Nah, demikian 5 respon menyebalkan yang bisa saja kita terima saat sedang melakukan curhat bersama orang lain. Dari semua list di atas, perlakuan mana nih yang pernah kalian dapat? Atau jangan-jangan, kalian sering melakukannya lagi? Hayo, introspeksi diri ya, guys!

Baca Juga: 5 Sikap Ini Kamu Mungkin Miliki Sehingga Sering Dijadikan Teman Curhat

Ar Farhan Photo Verified Writer Ar Farhan

(?)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya