Comscore Tracker

5 Hal Bijak yang Harusnya Kamu Lakukan Saat Pasangan Membuatmu Marah

Yang sering berantem mana suaranya?

Pertengkaran tentu gak bisa dihindari dalam sebuah hubungan. Biasanya ada satu atau dua hal yang jadi pemicu pertengkaran, salah satunya adalah rasa marah ke pasangan. Apakah kamu juga pernah atau bahkan sering mengalami hal ini?

Jangan buru-buru langsung marah ke pasangan demi menuntaskan hasrat emosimu saja. Sebenarnya ada lima hal bijak yang sebaiknya kamu lakukan saat kamu marah padanya. Apa saja sih?

1. Lihat kondisi dulu, jangan langsung menyemburnya ketika dia juga tidak sedang bersuasana hati baik

5 Hal Bijak yang Harusnya Kamu Lakukan Saat Pasangan Membuatmu MarahImdb.com/Daniel Smith

Marah boleh saja, tapi kamu tentu harus bijak sebelum melakukannya. Lihat kondisi pasanganmu dahulu. Apakah suasana hatinya sedang buruk atau baik? Jika dia memang sedang bersuasana hati baik, sah-sah saja jika kamu meluapkan rasa marahmu. Mood baik dan energi baik dari pasangan bisa jadi pereda rasa marahmu yang sedang meletup-letup.

2. Kamu memang sedang emosi, tapi pilih kata-katamu dengan hati-hati

5 Hal Bijak yang Harusnya Kamu Lakukan Saat Pasangan Membuatmu MarahImdb.com/Daniel Smith

Emosi boleh namun tak serta merta kamu bisa mengucapkan kata-kata buruk semena-mena. Jangan katakan hal yang membuatmu menyesalinya di kemudian hari. Pilih kata-kata yang akan keluar dari mulutmu secara selektif. Meski kamu sedang marah namun usahakan untuk gak menyakiti pasanganmu ya.

3. Jika berdiam diri untuk sementara akan membuatmu lebih baik, maka beritahu dulu dia sebelum melakukan hal ini

5 Hal Bijak yang Harusnya Kamu Lakukan Saat Pasangan Membuatmu MarahImdb.com/Daniel Smith

Ada banyak ekspresi yang dilakukan orang saat sedang marah, salah satunya adalah berdiam diri. Jika hal ini yang membuatmu lega maka lakukanlah. Mengambil jarak dan jeda dari pasangan untuk sementara waktu bisa jadi obat untuk rasa kecewa. Namun, biar gak memunculkan polemik lain, sebaiknya bilang dulu padanya bahwa kamu memang sedang butuh waktu untuk sendiri.

Baca Juga: Awas, 7 Kalimat Ini Bisa Bikin Putus Kalau Diucapkan Saat Bertengkar

4. Jangan pernah mengambil keputusan secara sepihak saat kamu sedang marah-marahnya

5 Hal Bijak yang Harusnya Kamu Lakukan Saat Pasangan Membuatmu MarahImdb.com

Selain kata-kata yang harus dipilih secara selektif saat sedang emosi, kamu juga dilarang untuk membuat keputusan saat sedang murka. Bisa jadi keputusan secara sepihak ini bakal merugikan bahkan bisa disesali di kemudian hari. Tenangkan diri dahulu dan baru ambil keputusan saat kondisi hati dan emosimu sudah bisa dikendalikan.

5. Hindari untuk mengumbar kejelekannya kepada sahabat atau orang terdekatmu

5 Hal Bijak yang Harusnya Kamu Lakukan Saat Pasangan Membuatmu MarahCollider.com

Jika kesalahan kecil saja sudah bisa membuatmu untuk mengumbar segala keburukannya di depan orang terdekatmu, tentu saja sifatmu satu ini tergolong kekanak-kanakan. Ingat lagi bahwa manusia tidak ada yang sempurna, begitu pula dengan pasanganmu.

Punya tips lainnya gak? Coba deh bagikan pengalamanmu di kolom komentar!

Baca Juga: Meski Sakit Hati, Jauhi 5 Sikap Ini Saat Bertengkar dengan Pasangan

Arkana Arkana Photo Verified Writer Arkana Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya