Comscore Tracker

5 Kebutuhan Pasca Menikah yang Bakal Menyedot Dana Besar, Siap-siap!

Harus siap-siap dari sebelum nikah lho

Banyak pasangan yang akan menikah hanya fokus kepada hajat di hari H saja. Padahal sebenarnya ada banyak kebutuhan yang lebih mendesak dan jauh lebih penting setelah kamu dan dia resmi jadi pasutri.

Coba deh tengok dulu daftarnya di bawah ini, semoga kamu bisa bijak untuk mengatur keuanganmu ya!

1. Kontrak rumah

5 Kebutuhan Pasca Menikah yang Bakal Menyedot Dana Besar, Siap-siap!Unsplash/Konrad Hulak

Setelah menikah, kamu dan pasangan akan tinggal di mana? Mungkin orangtua atau mertua akan mengijinkan kalian tinggal di rumah mereka. Tapi apakah kamu gak gengsi? Ketika memutuskan menikah, seharusnya kamu juga bisa bertanggungjawab pada hidupmu sendiri. Tinggal di rumah sendiri adalah salah satu contohnya.

Nah, kamu harus siap-siap nih karena biasanya harga sewa rumah itu gak murah. Berada di kisaran Rp12 juta, rumah yang disewakan biasanya berjangka waktu 6 bulan sampai 12 bulan.

2. Kalau tiba-tiba sang istri hamil

5 Kebutuhan Pasca Menikah yang Bakal Menyedot Dana Besar, Siap-siap!Unsplash/Kelly Sikkema

Mungkin kamu dan pasangan belum merencanakan kehamilan, tapi rezeki dari Tuhan gak ada yang tahu kan? Kebutuhan selama hamil juga gak bisa dibilang murah lho. Ada jadwal periksa rutin ke dokter kandungan, vitamin ibu hamil, hingga biaya persiapan persalinan yang bisa mencapai angka belasan juta.

3. Beli perabotan rumah

5 Kebutuhan Pasca Menikah yang Bakal Menyedot Dana Besar, Siap-siap!Unsplash/Alexandra Gorn

Berkaitan dengan nomor satu, ini juga salah satu kebutuhan yang bakal menyedot banyak dana setelah menikah. Gak mungkin kan setelah punya rumah (entah rumah sendiri atau kontrak) rumahmu bakal dibiarkan kosong tanpa isi? Paling tidak kamu harus membeli kasur, kemudian berlanjut pada perabot dan alat elektronik lainnya. Harga yang dibanderol juga gak bisa dibilang murah lho, makanya kamu harus mempersiapkannya jauh hari.

Baca Juga: Banyak Tanggungan, Ini 7 Cara Bagi Ibu Rumah Tangga Kurangi Stres

4. Tabungan buat persiapan KPR

5 Kebutuhan Pasca Menikah yang Bakal Menyedot Dana Besar, Siap-siap!Unsplash/Sylwia Pietruszka

Setiap orang pasti ingin dong punya rumah sendiri. Rumah kontrakan diharapkan hanya jadi tempat tinggal sementara saja, sebelum pada akhirnya kamu mampu membeli rumah milikmu sendiri. Namun, biaya KPR sekarang ini juga terhitung mahal.

Harga rumah berkisar antara Rp300 jutaan ke atas, untuk rumah yang berada di pinggir berkisar Rp200 jutaan. Uang mukanya sendiri biasanya 10 persen dari harga rumah. Jadi sudah bisa diperhitungkan kan, kamu dan pasangan harus menyisihkan berapa rupiah tiap bulan?

5. Beli kendaraan bersama (motor atau mobil)

5 Kebutuhan Pasca Menikah yang Bakal Menyedot Dana Besar, Siap-siap!Unsplash/Josh Rinard

Membeli kendaraan bersama mungkin memang gak masuk kebutuhan pokok, namun biasanya pasangan yang baru menikah ingin memiliki kendaraan bersama, misalnya mobil. Mobil juga bisa mempermudah mobilitasmu apabila sudah punya anak nanti. Untuk harga mobil baru berkisar di angka Rp90 jutaan, sedangkan mobil bekas bisa kamu dapatkan di kisaran Rp60 jutaan.

Hayo, gimana sudah siap menabung lebih banyak lagi belum nih?

Baca Juga: 6 Penyebab Generasi Milenial Sering Alami Masalah Keuangan

Arkana Arkana Photo Verified Writer Arkana Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya