Comscore Tracker

6 Tanda Pasanganmu Itu Sangat Mengekang, tapi Kamu Gak Sadar

#ANGPOIN Hayo jangan-jangan pasanganmu posesif banget nih?

Posesif jadi salah satu sifat yang dibenarkan dan sebagai tanda sayang. Padahal sebenarnya sifat ini sama sekali gak ada sisi positifnya. Bukan tanda sayang, posesif itu tanda kepemilikan. Selain itu sifat ini bikin hubungan gak sehat.

Namun sayangnya banyak orang yang gak menyadari bahwa pasangannya sangat mengekang. Coba cek dulu, jangan-jangan kamu sering melakukan enam hal ini dan gak sadar kalau kebebasanmu sedang dibatasi.

1. Meski dirasa sangat mengganggu, namun kamu selalu bisa memaklumi sifat menyebalkan pasanganmu

6 Tanda Pasanganmu Itu Sangat Mengekang, tapi Kamu Gak SadarImdb.com

Kamu selalu bisa memaklumi sifat menyebalkan pasanganmu. Meskipun dia sudah mulai membatasi aktivitasmu namun kamu merasa hal itu wajar. Selalu saja ada alasan untuk memaklumi sifat posesifnya yang kebabalasan. Bahkan, kamu sering merasa bahwa itu tanda sayang pasangan ke kamu.

2. Selalu ada rasa bersalah yang muncul, padahal sebenarnya yang kamu lakukan itu gak salah

6 Tanda Pasanganmu Itu Sangat Mengekang, tapi Kamu Gak SadarImdb.com/Katie Yu

Sifat posesifnya pasangan gak membuatmu jengah, justru ada rasa bersalah yang muncul. Bahkan, gak jarang kamu merasa 'Duh seharusnya aku lebih meluangkan waktu untuknya' atau 'Seharusnya aku gak melakukan hal ini karena bikin dia khawatir'. Percaya deh, ga seharusnya kamu merasa bersalah kok, sifatnya saja yang memang sudah keterlaluan.

3. Selalu ada excuse hingga alasan, 'Gakpapa, toh ini semua demi kebaikanku'

6 Tanda Pasanganmu Itu Sangat Mengekang, tapi Kamu Gak SadarImdb.com/Katie Yu

Ini yang paling parah. Kamu merasa bahwa sifat buruk pasanganmu itu sebenarnya demi kebaikan dirimu sendiri. Misalnya nih saat dia melarangmu untuk pergi dengan orang-orang tertetu, kamu merasa kalau itu demi melindungi keselamatanmu. Atau ketika dia memaksa harus selalu ikut, kamu merasa itu adalah lambang rasa cintanya karena gak ingin berpisah.

Baca Juga: Sebaiknya Hubungan Kamu Perlu Segera Disudahi Jika Temukan 6 Tanda Ini

4. Kamu merasa dia sudah seharusnya bersikap demikian karena kalian saling memiliki

6 Tanda Pasanganmu Itu Sangat Mengekang, tapi Kamu Gak SadarImdb.com/Jack Rowand

Gak hanya membelanya, kamu juga berpikir bahwa sifatnya itu wajar saja. Kamu merasa bahwa sikapnya itu biasa saja karena dia takut kehilanganmu. Bahkan, sesekali kamu merasa dia romantis karena bersifat posesif. Padahal sebenarnya dia sedang membatasimu.

5. Hanya karena dia pasanganmu, kamu merasa gak keberatan kalau harus selalu lapor kegiatanmu secara detail

6 Tanda Pasanganmu Itu Sangat Mengekang, tapi Kamu Gak SadarImdb.com/Katie Yu

Kamu bahkan gak merasa keberatan ketika harus lapor kegiatanmu setiap waktu. Kamu gak sadar kalau dia sudah membelenggu kebebasanmu. Hubungan itu atas dasar saling percaya. Kalau harus wajib lapor setiap hari, apakah kamu yakin dia percaya padamu sepenuhnya?

6. Terkadang ada rasa takut dan was-was untuk bercerita suatu hal kepadanya

6 Tanda Pasanganmu Itu Sangat Mengekang, tapi Kamu Gak SadarImdb.com

Seberapa sering sih pasanganmu marah hanya karena masalah sepele? Misalnya nih, dia ngambek karena kamu pergi tanpa memberi kabar. Atau dia mendadak murka karena kamu pergi dengan orang yang tidak disukainya?

Alam bawah sadarmu menangkap sinyal itu dan di lain waktu kamu jadi enggan bercerita kepadanya karena gak mau berkonflik. Jika ini yang dirasakan, berarti hubunganmu sudah toxic karena si dia yang terlalu membatasi kebebasanmu.

Hayo mana nih yang sering kamu lakukan? Yuk introspeksi diri dan berubah ke arah yang lebih baik.

Baca Juga: Udah Pacaran Lama Tapi Gak Dilamar Juga? Cek 5 Keseriusannya

Arkana Photo Verified Writer Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You