Comscore Tracker

Tak Selamanya Pertengkaran dengan Pasangan Itu Buruk, Ini 5 Alasannya

Asal setelah bertengkar dapat jalan tengah sih

Setiap pasangan pasti menginginkan suatu hubungan yang harmonis dan bahagia. Oleh karena itu sebisa mungkin mereka berusaha agar tidak ada pertengkaran. Bagi sebagian orang, tolak ukur kebahagiaan suatu hubungan adalah ketika minim pertengkaran atau konflik.

Namun, tahukah kamu bahwa pertengkaran itu tak selamanya buruk lho. Berikut adalah 5 alasan kenapa pertengakaran itu baik dalam suatu hubungan

1. Ada perasaan lega ketika pikiran dan perasaan yang mungkin selama ini kamu pendam dapat terucapkan

Tak Selamanya Pertengkaran dengan Pasangan Itu Buruk, Ini 5 Alasannyaunsplash.com/@isaiahrustad

Selama ini mungkin kamu memendam rasa yang tidak pas kepada pasanganmu. Kamu mungkin tidak suka dengan sikapnya ke kamu. Atau mungkin ada hal lain yang membuat kamu tidak nyaman. Kamu ingin mengutarakan tapi belum mempunyai waktu yang pas. Momen bertengkar dengan pasangan seolah bisa menjadi wadah bagi kamu untuk meluapkan apa yang selama ini kanu pikiran dan rasakan terhadap pasanganmu.

Utarakanlah dengan jujur apa yang membuat kamu tidak nyaman secara baik-baik. Ketika kamu sudah bisa melepas segala unek-unekmu, kamu pasti jadi lebih lega. Percaya deh momen pertengkaran itu akan membuat kamu lebih plong asalkan kamu jujur dengan perasaanmu.

2. Pasanganmu jadi tahu apa yang selama ini kamu rasakan dan pikirkan

Tak Selamanya Pertengkaran dengan Pasangan Itu Buruk, Ini 5 AlasannyaSelf.com

Ketika kamu sudah bisa menyampaikan apa yang kamu pikirkan dan rasakan selama ini maka otomatis pasanganmu akan tahu apa yang kamu mau. Misalkan kalau kamu terus menerus menyimpan perasaanmu, tentu pasanganmu tidak akan tahu dan malah akan membuat kamu lebih terbeban. 

Kalau dia sudah tahu apa yang kamu mau dan rasakan, dia pasti akan mencoba untuk mengerti dan bisa mengambil langkah apa yang harus dia tempuh untuk memperbaikinya. Intinya adalah harus ada keterbukaan dulu.

Baca Juga: Mudah Marah, Kamu Mungkin Kekurangan 5 Hal Penting Ini dalam Hidup

3. Meningkatkan karakter masing-masing

Tak Selamanya Pertengkaran dengan Pasangan Itu Buruk, Ini 5 Alasannyaen.emedemujer.com

Tentunya melalui momen pertengkaran, karakter kalian akan dibentuk menjadi lebih baik. Pertengkaran bisa membuat kalian sadar dan mencari letak kesalahan kalian masing-masing dimana. Kalau sudah tahu dimana yang salah, kamu akan termotivasi untuk memperbaikinya demi hubungan kalian tetap bertahan lama.

4. Menegaskan kepada kamu dan pasanganmu bahwa tidak ada hubungan yang sempurna

Tak Selamanya Pertengkaran dengan Pasangan Itu Buruk, Ini 5 Alasannyakaribunicenter.com

Momen pertengkaran juga sekaligus menepis bahwa harmonisnya suatu hubungan itu dilihat dari minimnya konflik dan masalah. Tidak ada hubungan yang sempurna. Masalah dan konflik akan selalu datang menerpa. Yang membuat harmonis suatu hubungan adalah sanggupkah kalian bertahan dan saling menguatkan ketika masalah itu datang atau malah lari dan saling menyalahkan?

5. Akhirnya ketika pertengkaran sudah reda, hubunganmu akan jauh lebih kuat

Tak Selamanya Pertengkaran dengan Pasangan Itu Buruk, Ini 5 AlasannyaScoop.it

Setiap masalah pasti ada jalan keluar. Ketika kamu dan pasanganmu berhasil melewati momen pertengkaran itu, maka kalian akan mendapatkan banyak pelajaran berharga yang tentu berguna dalam perjalanan hubungan kalian. Momen pertengkaran adalah momen dimana kalian mengenal bukan hanya diri sendiri tetapi juga pasangan. Kunci dari hubungan yang kuat adalah ketika kamu bisa mengenal diri kamu dan pasanganmu

Jadi jangan kalau misalnya ada pertengkaran dalam hubungan kalian, jangan cepat putus asa dan berpikir bahwa semuanya akan berakhir. Ambilah sisi positif dan belajar darinya. Percayalah cinta yang kuat itu timbul dari ketahanan terhadap bertubi-tubi masalah yang datang.

Baca Juga: Ini 8 Tanda Pasanganmu Bakal Jadi Ayah yang Hebat

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming."- Dory

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You