Comscore Tracker

5 Langkah Tepat Menghadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuh

Sabar ya, semua ada jalan keluarnya kok

Meski terasa indah, cinta juga bisa membuat orang merana. Sebenarnya, tergantung bagaimana pasangan tersebut menjaga dan merawatnya. Tapi, meski sudah dijaga sedemikian indah, tak menutup kemungkinan untuk kena masalah juga. Meski terlihat baik-baik saja, namanya masalah, tetap saja mampir datang seperti mencobai.

Salah satu masalah umum yang dihadapi pasangan adalah perselingkuhan. Tak ada satu orang pun yang ingin dikhianati. Namun jika sudah terjadi, kamu harus mempersiapkan hati. Semoga saja, lima cara ini bisa membantumu mengambil sikap saat tahu kalau pacarmu ketahuan selingkuh.  

1. Ajak dia untuk bertemu, bicarakan masalah hubungan kalian

5 Langkah Tepat Menghadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuhunsplash.com/Emilliano Vittoriosi

Kamu gak akan tahu kebenarannya jika tak cari tahu sendiri. Daripada terjebak dalam pikiran yang tidak-tidak, lelah akibat spekulasi sana sini, beranikan dirimu untuk mengajaknya bertemu, lalu tanyakan.

Jika dugaanmu benar, semua kembali pada keputusanmu. Jika dia layak dimaafkan, maka beri kesempatan kedua. Jika tidak, maka cukup selesai sampai di sini. 

Meski rasanya kejam akan kenyataan pahit, setidaknya kamu sudah mencari tahu sendiri. Setelahnya, kamu harus menata langkah, memulai lembaran baru tanpa melihat lagi ke belakang. 

2. Tegaslah. Jangan terbawa suasana sampai kamu gak bisa berpikir jernih

5 Langkah Tepat Menghadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuhunsplash.com/Christian Fregnan

Bagaimanapun sulitnya keadaanmu sekarang, tetaplah tegas. Kendalikan dirimu agar bisa berpikir tenang. Jadi, kamu bisa mengambil keputusan dengan benar. Kalau hanya mengandalkan emosi sesaat, hanya rasa sesal yang kamu terima. 

Ambil waktu sejenak untuk tenangkan dirimu, berpikirlah jernih lalu pertimbangkan semuanya dari segala sisi. Kamu tak boleh terlalu lemah karena permintaan maaf, atau terlampau emosi karena kecewa dan sakit hati. Tetap tegas, tapi juga berpikir panjang supaya tak menyesal.

Baca Juga: Gagal Lagi! 5 Pelajaran Cinta Saat Kita Diselingkuhi Kekasih

3. Mencoba introspeksi diri

5 Langkah Tepat Menghadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuhunsplash.com/Christian Erfurt

Seseorang yang berselingkuh pasti memiliki alasan. Dan sah-sah saja kalau kamu ingin introspeksi diri. Introspeksi diri bukan berarti kamu mutlak disalahkan ya. Setidaknya, lakukan itu untuk mengenal diri sendiri lebih dalam.

Sebenarnya, di mana letak kesalahan hubunganmu? Apakah keduanya sudah saling menyakiti sampai salah satunya berpaling? Kalau penyebab permasalahan telah ditemukan, kalian berdua bisa saling bicara untuk menyelesaikan masalah.

4. Menguatkan diri sendiri untuk menerima kenyataan

5 Langkah Tepat Menghadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuhunsplash.com/Kyle Loftus

Sebagai pihak yang diselingkuhi, hatimu pasti sakit begitu memilukan. Pengkhianatan memang teramat sulit dilupakan. Meninggalkan truma serta perasaan kecewa yang menyiksa dari dalam.

Tapi sesakit apapun hatimu, tetaplah jadi kuat. Ya, walaupun kenyataan pahit yang diterima, kamu harus tetap tegar. Jangan sampai kesedihan itu membuatmu terlarut. Meski lewat cara yang sakit, bukankah Tuhan sudah menunjukkan bahwa dia tak layak mendampingimu? 

5. Jadikan sebagai pelajaran berharga

5 Langkah Tepat Menghadapi Pasangan yang Ketahuan Selingkuhunsplash.com/Seth Doyle

Dibalik segala sesuatu yang terjadi, pasti ada pelajaran yang bermakna. Termasuk tragedi perselingkuhan ini. Ambil pelajaran untuk dipetik bakal di kemudian hari. Jadilah bijak supaya kamu tak jatuh lagi di lubang yang sama. 

Jangan merasa benar sendiri, atau terlalu menyalahkan diri. Selama masih hidup sebagai manusia, kita harus belajar dari setiap permasalahan. Termasuk hubunganmu dengan sang pacar, jadikan sebagai pelajaran berharga untuk kalian berdua. 

Kalau sudah menyangkut soal hati yang kecewa, perihal kewarasan memang jadi nomor dua. Tapi, duniamu gak selesai sampai di sini aja kok. Jadi, bersikaplah dengan bijak saat menyikapi masalah perselingkuhan pasangan. 

Baca Juga: Bukan Selingkuh atau Bosan, 7 Hal ini Juga Membahayakan Hubungan

cappucinotea Photo Verified Writer cappucinotea

Tohoshinki Enthusiast/Ig @astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You