Comscore Tracker

5 Cara Ampuh Menjaga Persahabatan Sampai Tahunan, Bisa Awet Selamanya!

Coba tag sahabat kamu, ya

Manusia gak bisa hidup sendiri, karena sudah kodratnya untuk hidup berdampingan dan membutuhkan orang lain. Itulah kenapa kita mencari teman, dari yang awalnya hanya membangun relasi biasa, sampai terjalin kecocokan dan jadi sahabat dekat. 

Untuk menjaga persahabatan tetap awet, dibutuhkan beberapa effort yang nyata. Gak menutup kemungkinan bisa terjalin sampai bertahun-tahun lamanya juga, lho. Ini dia beberapa tipsnya supaya persahabatanmu langgeng dan awet.

1. Menjaga persahabatan sama seperti menjaga hubungan. Harus ada kecocokan antara kedua belah pihak

5 Cara Ampuh Menjaga Persahabatan Sampai Tahunan, Bisa Awet Selamanya!pexels.com/Đỗ Hiếu

Salah satu kunci persahabatan langgeng karena cocok satu sama lain. Kalian punya selera yang sama, entah itu hobi, sifat atau humor. Jika merasa klop, tinggal menjaga hubungan itu tetap selaras sebagaimana mestinya. 

Bersahabat dengan teman yang satu frekuensi lebih membuatmu nyaman dan terbuka. Kalian mengerti keinginan satu sama lain hanya lewat kode singkat dan saling memahami tanpa harus merasa gak enakan. 

2. Sebagai teman dekat butuh sikap saling memahami, bukan serangan untuk menghakimi

5 Cara Ampuh Menjaga Persahabatan Sampai Tahunan, Bisa Awet Selamanya!pexels.com/Ba Phi

Adalah lumrah jika sesekali bertengkar hebat. Gimana pun juga, isi kepala kalian gak selalu sama. Dalam urusan merumuskan pendapat, kadang-kadang tentu bisa gak sepakat. Kalau sudah begini, turunkan emosi supaya gak saling menghakimi. 

Atau saat gak ketemu jalan keluar, coba mundur sebentar ke masa lalu, di saat kalian sedang baik-baik saja dan tertawa bersama. Bertengkar itu biasa, tapi jangan egois agar persahabatan gak bubar.

Baca Juga: 5 Trik yang Wajib Kamu Terapkan agar Persahabatan Awet hingga Tua

3. Pentingnya komunikasi yang baik untuk mempertahankan komitmen persahabatan

5 Cara Ampuh Menjaga Persahabatan Sampai Tahunan, Bisa Awet Selamanya!pexels.com/ws didin

Semakin dewasa, jumlah temanmu akan semakin sedikit. Kenalan mungkin banyak, tapi yang bisa mengerti kamu hanya bisa dihitung dengan jari. Itulah kenapa pentingnya menjaga komunikasi supaya komitmen persahabatan tetap terjaga. 

Sesibuknya kamu, luangkan waktu untuk bertanya kabar atau membalas chat teman. Dengan begitu, kalian akan merasa sangat dihargai dan tentunya saling membutuhkan satu sama lain. 

4. Sahabat perlu tahu kapan harus menjaga privasi dan berhenti pada batas masing-masing

5 Cara Ampuh Menjaga Persahabatan Sampai Tahunan, Bisa Awet Selamanya!pexels.com/Helena Lopes

Menjadi teman dekat, bukan berarti harus tahu seluruh hidupnya dari A-Z. Setiap orang punya rahasia dan ruang pribadi sendiri yang kita sebut sebagai privasi. Jadi, ketahui batasmu untuk gak mencampuri hidupnya terlalu dalam. Dengan begitu, kalian bisa membangun persahabatan yang sehat dan terhindar dari sifat toxic.

5. Persahabatan yang baik ada dalam kondisi apa pun, baik suka atau duka

5 Cara Ampuh Menjaga Persahabatan Sampai Tahunan, Bisa Awet Selamanya!pexels.com/ Pixabay

Terdengat klise, tapi makna ini benar adanya. Persahabatan gak sekadar ngobrol seru atau bercanda bareng, tapi juga berbagi kesedihan dan rasa sakit. Jika kalian selalu ada dalam masa suka dan duka, persahabatan akan terasa lebih spesial.

Ibarat benang tak kasat mata, perasaan kalian sudah terkoneksi dengan sendirinya karena menemukan tempat yang cocok untuk berbagi keluh kesah. 

Menjaga persahabatan sampai bertahun-tahun lamanya bukan sesuatu yang mustahil. Asalkan bisa menempatkan diri dan menjaga iramanya dengan baik, pasti bisa awet sampai selamanya deh.

Baca Juga: Ingin Persahabatan Awet Sampai Tua? Terapkan 5 Hal Kecil Ini

Cappucinotea * Photo Verified Writer Cappucinotea *

Tohoshinki Enthusiast, Instagram: astri_meita

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya