Comscore Tracker

5 Tanda Kamu & Teman sudah Menjadi Sahabat Sejati bukan cuma Kata-kata

kalian bisa dengan mudah mengerti satu sama lain

Memiliki sahabat baik ibarat anugerah yang gak ada duanya. Kamu bisa berbagi apa saja mulai dari kebahagiaan sampai kesedihan. Kamu menemukan tempat untuk mencurahkan segala isi hati tanpa takut dia akan menolak atau meninggalkanmu setelahnya.

Dengan tangan yang selalu terulur, sahabat selalu ada menemanimu di kondisi yang paling berat sekalipun. Walau dalam tubuh kalian tidak mengalir darah yang sama, toh faktanya kalian sudah seperti keluarga. Berikut ini lima tanda kalau kamu dan sahabatmu adalah teman sejati yang bukan lagi cuma sekadar kata-kata.

1. Seorang sahabat dapat saling memahami bahkan lewat gerakan tubuh yang sederhana

5 Tanda Kamu & Teman sudah Menjadi Sahabat Sejati bukan cuma Kata-katapexels.com/pexels.com

Ya, gak semua hal bisa diungkapkan dengan kata-kata. Ada kalanya semua terasa berat sampai mulut gak sanggup terucap. Tapi, kamu dan sahabatmu tetap saling mengerti hanya lewat gerakan tubuh yang sederhana.

Entah itu senang atau sedih, kamu mengerti apa yang dirasakan sahabatmu dengan melihat sorot matanya. Walau gak bisa disampaikan secara vebal, tapi bisa diungkapkan lewat bahasa tubuh yang mudah kamu pahami. 

2. Kalian dikatakan sahabat sejati saat membagi kebahagiaan dan kesedihan bersama-sama

5 Tanda Kamu & Teman sudah Menjadi Sahabat Sejati bukan cuma Kata-katapexels.com/ Pixabay

Seorang sahabat hadir gak cuma saat sedih tapi juga saat senang. Kalian membagi perasaan bahagia dan sedih bersama-sama. Hal itulah yang membuat kalian semakin dekat dan terikat satu sama lain.

Ketika kamu berada di titik paling rendah dalam hidup, sahabatmu gak ragu mengulurkan tangan supaya kamu bangkit kembali. Begitupun sebaliknya, saat dia senang, kamu turut merasa bahagia untuknya.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Membuatmu Kehilangan Sahabat, Hindari Ya!

3. Bertengkar itu biasa tapi siapa yang berani memaafkan duluan baru teman yang juara

5 Tanda Kamu & Teman sudah Menjadi Sahabat Sejati bukan cuma Kata-katapexels.com/Bahaa A. Shawqi

Segala sesuatunya tak selalu berjalan mulus. Pasti ada hal yang membuatmu dan sahabat bertengkar hebat. Perasaan kesal dan marah adalah wajar dan kamu gak bisa menyembunyikannya.

Tapi, kamu berusaha menekan ego untuk gak mendahulukan emosi. Pun kalian juga sadar kalau semua akan bertambah buruk jika saling keras kepala. Mengabaikan semua gengsi, akhirnya kalian berani meminta maaf. Bukan tentang siapa yang salah, tapi karena persahabatan kalian terlalu berharga kalau harus rusak karena sebuah pertengkaran.

4. Sahabat bisa mengerti batas-batas yang gak boleh dilanggar untuk menjaga perasaan agar tidak terluka

5 Tanda Kamu & Teman sudah Menjadi Sahabat Sejati bukan cuma Kata-katapexels.com/ws didin

Setiap orang punya sisi sensitif dan kepekaan yang berbeda. Itu juga terjadi saat sedang bercanda. Tanpa sadar kita sering melontarkan jokes yang bikin orang jadi tersinggung. Alih-alih mau marah, malah dibilang gak boleh gampang baper.

Seorang sahabat yang baik gak akan melewati batas supaya gak menyinggung perasaan teman apalagi pakai dalih cuma bercanda. Ia bisa mengontrol dirinya untuk tidak mengatakan sesuatu yang akan melukaimu. Dia gak akan berlindung dengan kalimat jangan baper sebagai tameng saat kamu tersinggung. Seorang sahabat yang baik harus bisa menghargai perasaanmu.

5. Di dunia ini gak ada yang sempurna, tapi nyatanya kalian tetap saling melengkapi untuk bahagia

5 Tanda Kamu & Teman sudah Menjadi Sahabat Sejati bukan cuma Kata-katapexels.com/Helena Lopes

Di dunia ini gak ada yang sempurna. Semua memiliki kekurangannya masing-masing. Kamu dan sahabatmu juga menyadarinya. Saat kalian bersama, ketidaksempurnaan itu pun akan tertutup. Persahabatan membuat kalian tidak membutuhkan kata 'sempurna' untuk bisa bahagia. Dengan saling mengasihi dan melengkapi, kalian mampu melewati semua kesulitan yang ada. 

Persahabatan bisa terjalin saat kalian bisa menjaga kepercayaan masing-masing yang bahkan kata-kata pun gak bisa mewakili betapa kerennya pertemanan kalian.

Baca Juga: Turunkan Gengsi, 5 Tips Baikan dengan Sahabat Setelah Bertengkar Hebat

Cappucino tea Photo Verified Writer Cappucino tea

Tohoshinki Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya