Comscore Tracker

6 Hal Sederhana yang Membuat Persahabatanmu Tetap Awet

Persahabatan yang tak akan goyah walau ada badai

Sebagai makhluk sosial manusia tak pernah bisa hidup sendiri. Bisa dikatakan memiliki teman adalah hal yang penting. Namun, seiring berjalanan waktu akan muncul masalah dan ketidakcocokan yang membuat hubungan persahabatan menjadi renggang.

Pasti kamu tak mau kan ini terjadi padamu. Kamu pasti juga ingin menemukan sahabat sejati. 6 hal sederhana ini bisa kamu terapkan agar persahabatanmu tetap awet. Coba saja!

1. Kejujuran membuat hubungan persahabatanmu semakin erat

6 Hal Sederhana yang Membuat Persahabatanmu Tetap AwetUnsplash.com/Thought Catalog

Kejujuran adalah hal yang paling penting dalam membangun sebuah hubungan. Baik hubungan keluarga, pasangan maupun persahabatan. Katakanlah apa yang ingin kamu katakan terhadap sehabatmu sejujurnya. Jika kamu suka maka katakan suka jika kamu merasa tak suka dengan sikap sahabatmu maka katakanlah tidak. Jangan ada yang ditutupi agar sahabatmu merasa lebih nyaman memiliki sahabat sepertimu.

2. Jangan sampai mengumbar aib temanmu dengan semua orang

6 Hal Sederhana yang Membuat Persahabatanmu Tetap AwetUnsplash.com/Sam Manns

Jika kamu lakukan. Siap-siap, cepat atau lambat persahabatanmu akan hancur. Siapa sih orang yang suka dibicarakan di belakang? Begitu juga dengan sahabatmu ia pasti tak pernah suka aibnya diumbar. Pasti itu terasa menyakitkan.

Jangan pernah lakukan hal itu ya. Walaupun kamu dalam keadaan semarah apa pun dengan sahabatmu. Supaya persahabatanmu tetap langgeng.

3. Saling memahami dan tak lupa saling menasehati

6 Hal Sederhana yang Membuat Persahabatanmu Tetap AwetUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Mengerti tanpa perlu mengatakan, melihat ekspresimu saja sudah tahu kamu sedang marah atau bahagia. Bahkan sekalinya kalian bicara bisa menghabiskan waktu berjam-jam tanpa sadar. Tak lupa memberikan solusi setiap ada masalah bahkan tanpa diminta, ini yang dinamakan sahabat sejati. Jika sudah memiliki jangan sampai deh disia-siakan.

Baca Juga: 5 Tanda Bahwa Hubungan Persahabatanmu Akan Bertahan Hingga Tua

4. Beda pendapat memang pernah terjadi, tapi tak akan pernah membuat persahabatan ini ada jarak

6 Hal Sederhana yang Membuat Persahabatanmu Tetap AwetPexels.com/Pedro Sandrini

Cek cok sekali dua kali dengan sahabat itu memang lumrah. Karena setiap orang memiliki pendapat yang berbeda. Saat terjadi perdebatan awalnya kamu kesal dengan temanmu yang terkadang menyebalkan. Setelah berjalannya waktu kamu sadar setiap pendapat tak bisa dipaksakan. Faktanya kamu tak bisa jauh-jauh dari sahabatmu.

5. Selalu ada baik senang mapun susah

6 Hal Sederhana yang Membuat Persahabatanmu Tetap AwetPixabay.com/rawpixel

Selalu berusaha meluangkan waktu untuk kita. Selalu ada di saat senang, ikut merasakan kebahagiaan kita. Bahkan saat ditimpa musibah tanpa diminta pun selalu ingin mengulurkan tangannya. Yang pasti sahabat seperti ini sulit untuk dilupakan!

6. Sesekali berikan hadiah kecil pada sahabatmu

6 Hal Sederhana yang Membuat Persahabatanmu Tetap AwetPexels.com/Porapak Apichodilok

Tak harus mahal. Hadiah sederhana pun bisa menjadi spesial. Cari tahu apa sih yang sahabatmu suka. Bisa kamu traktir makan kesukaannya atau memberikannya hadiah puisi pun juga bisa terkesan walau terlihat tak modal. Sahabatmu pasti bersyukur memiliki kamu sebagai sahabatnya.

Adanya masalah dalam persahabatan itu pasti. Tapi bukan alasan untuk pergi meninggalkannya. Persahabatanmu akan tetap awet dengan melakukan hal-hal sederhana ini.

Baca Juga: Lakukan 5 Hal ini agar Persahabatanmu Langgeng Tanpa Drama

Atul Hamdalah Photo Community Writer Atul Hamdalah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You