Comscore Tracker

Cara Berhenti Membandingkan Hubunganmu dengan Orang Lain, Jangan Lagi!

Padahal sebenarnya setiap hubungan itu unik, lho!

Kini, hampir segala sesuatu dinilai berdasarkan apa yang tampak di media sosial. Termasuk juga kemesraan dan kebahagiaan yang kerap dibagikan di sana. Hal ini bisa jadi salah satu faktor utama timbulnya rasa iri dan cemburu bagi banyak orang.

Gak sebatas bagi mereka yang single, tapi juga bagi yang sedang menjalani hubungan. Mereka bisa jadi membandingkan hubungan asmara yang dimiliki dengan orang lain. Kalau gak diatasi, lama kelamaan kamu dan pasangan malah bisa berujung jadi toxic, lho!

Dilansir dari berbagai sumber, di bawah ini adalah lima tips agar kamu bisa berhenti membandingkan hubunganmu dengan orang lain. Yuk, langsung disimak!

1. Temukan kenyamanan dalam hubunganmu bersama pasangan

Cara Berhenti Membandingkan Hubunganmu dengan Orang Lain, Jangan Lagi!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Setiap hubungan itu unik dengan caranya masing-masing. Pasanganmu mungkin bukan tipe romantis, tapi pasti ada hal-hal menarik dari dirinya, yang memang membuat kamu tertarik hingga akhirnya jatuh hati.

Contohnya, tingkah laku pasangan yang sering membuatmu tertawa dan memperbaiki mood yang buruk. Atau, saat kalian bertukar pikiran mengenai hidup. Kalau mau lebih fokus pada hal seperti ini, kamu pasti akan lebih menghargai hubungan yang kamu miliki.

2. Hindari saling menyalahkan yang berujung membandingkan pasangan dengan orang lain

Cara Berhenti Membandingkan Hubunganmu dengan Orang Lain, Jangan Lagi!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Terkadang, saat hubungan sedang dirundung masalah, perasaan inferior bisa muncul dan mengakibatkan kecenderungan untuk menyalahkan orang lain. Misalnya, mengatakan kalau pasangan melakukan A, kalian sekarang pasti sudah bisa seperti pasangan C.

Gak bisa dipungkiri bahwa permainan menyalahkan ini, bisa berujung jadi membanding-bandingkan hubungan dengan orang lain. Kalau terus terjadi, rasa saling percaya bisa perlahan menghilang.

Lebih baik, kalian komunikasikan saja apa yang jadi pokok permasalahannya secara baik-baik! Begini lebih enak dan dapat solusi, kan?

Baca Juga: Awet & Harmonis, Ini 5 Alasan Pentingnya Menepati Janji pada Pasangan

3. Lebih terbuka pada teman dan orang-orang terdekat mengenai hubunganmu

Cara Berhenti Membandingkan Hubunganmu dengan Orang Lain, Jangan Lagi!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Ketika kamu merasa hubungan asmara teman atau keluargamu sangat sempurna, perasaanmu belum tentu benar. Kalau butuh bantuan, kamu bisa menceritakan masalahmu.

Bertanyalah, apakah mereka pernah mengalami hal yang sama! Jika iya, cari tahu juga bagaimana cara mereka mengatasi masalah tersebut. Keterbukaan kamu akan membuat orang lain merasa lebih nyaman untuk bercerita tentang masalah mereka.

Setelah mendengarkan mereka, kamu pasti segera menyadari bahwa kamu tidak sendiri. Pandanganmu terhadap hubungan cinta dan orang lain bisa berubah.

4. Ubah rasa iri yang kamu miliki menjadi aksi nyata yang positif

Cara Berhenti Membandingkan Hubunganmu dengan Orang Lain, Jangan Lagi!unsplash.com/@clarissemeyer

Melihat kegiatan pasangan lain yang terlihat menyenangkan, rupanya juga bisa memicu kecemburuan, lho! Terutama, bagi mereka yang merasa hubungannya biasa-biasa saja atau bahkan cenderung membosankan.

Contohnya, kamu dan pasangan bolak-balik hanya kencan di mal, tempat makan, dan sebagainya. Sedangkan, kamu melihat teman-temanmu melakukan kegiatan mengasyikkan di museum, hutan raya, atau galeri seni.

Daripada kamu menahan rasa iri yang nantinya bisa jadi bumerang, lebih baik coba ajak pasanganmu melakukan hal serupa! Bicarakan baik-baik kenapa kamu ingin melakukan hal-hal itu dengannya!

5. Beristirahatlah dari media sosial untuk sementara waktu!

Cara Berhenti Membandingkan Hubunganmu dengan Orang Lain, Jangan Lagi!pexels/Daria Shevtsova

Kalau kamu masih tetap membandingkan hubunganmu dengan orang lain, terlebih ketika melihat unggahan orang di media sosial, maka ini saat yang tepat untuk rehat sejenak dari media sosialmu.

Saat kamu berhenti memperhatikan hidup orang lain, kamu akan menyadari betapa melelahkannya jika terus-menerus membandingkan serta menginginkan kehidupan asmara seperti orang-orang tersebut.

Lebih baik, kamu dan pasangan fokus pada hubungan kalian sendiri. Jalinlah hubungan yang baik dan harmonis, namun tetap sesuai dengan versi terbaik dari diri kalian masing-masing!

Demikianlah kelima tips agar kamu bisa berhenti membandingkan hubungan asmaramu dengan orang lain. Gak perlu minder atau iri karena setiap hubungan itu unik! Begitu juga dengan hubunganmu bersama pasangan. Semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Perlu Datang ke Nikahan Mantan, Bukti Kamu Sudah Move On

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya