Comscore Tracker

5 Langkah Menghadapi Pasangan yang Suka Genit, Biar Jera!

Hal seperti ini butuh komunikasi & kerja sama kedua pihak

Dalam menjalani hubungan, acap kali ditemukan hal-hal yang mungkin terlihat sepele, namun sebetulnya cukup menyebalkan. Contohnya, ketika pasangan suka tebar pesona pada orang lain alias genit.

Sikap ini belum tentu sikap asli seseorang. Bisa jadi, ini hanya sebuah pertanda kalau ia sedang bosan dengan hubungan yang ia jalani saat ini.

Bagi sebagian besar orang, hal ini seringkali dianggap sebagai sesuatu yang gak bisa diterima dan harus segera diatasi. Di bawah ini, ada beberapa tips untuk menghadapi pasangan yang suka genit. Penasaran? Langsung aja yuk disimak ulasannya!

1. Ajak berkomunikasi secara baik-baik

5 Langkah Menghadapi Pasangan yang Suka Genit, Biar Jera!Unsplash/Charlie Foster

Kala kamu mulai menyadari pasangan berlaku genit terhadap orang-orang di sekitarnya, gak perlu langsung marah dan menghakiminya. Akan lebih baik jika kamu mengajak pasangan berkomunikasi secara baik-baik. Kemudian, tanyakan apa alasannya ia bersikap demikian, walaupun statusnya saat ini bukanlah single.

Bahkan kalau perlu, kalian gunakan kesempatan ini untuk saling mengintrospeksi diri masing-masing. Jangan tergesa-gesa untuk berasumsi yang macam-macam! Hal ini bisa jadi malah memperburuk keadaan hubungan kalian nantinya.

2. Berani katakan pada pasanganmu bahwa kamu gak menyukai sikap genitnya

5 Langkah Menghadapi Pasangan yang Suka Genit, Biar Jera!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Bermain teka-teki dengan hanya memberi kode kalau kamu sebenarnya cemburu, bukanlah sikap yang bijak untuk dilakukan. Pasanganmu belum tentu paham dan mungkin saja sikap genitnya semakin menjadi karena sikapmu sulit dimengerti.

Sebaiknya, jujur dan katakan pada pasangan kalau kamu gak suka sikapnya. Jelaskan secara gamblang pemikiran sekaligus pandanganmu mengenai tindakannya. Gak perlu takut ia marah karena di sini kamu bisa mengenal kepribadiannya lebih baik lagi.

Baca Juga: 6 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Pasanganmu Sedang Berduka, Dukunglah!

3. Cobalah untuk secara perlahan masuk ke dalam lingkup pergaulan pasanganmu

5 Langkah Menghadapi Pasangan yang Suka Genit, Biar Jera!Pexels/Andrea Piacquadio

Sikap genit pasangan biasanya memang membuat diri sendiri cenderung insecure dan gak nyaman. Kalau sudah begini, kamu bisa secara perlahan masuk ke lingkup pergaulan pasanganmu.

Bukan dengan maksud untuk memata-matai, tapi kamu justru bisa mengenal lebih dalam sosok pasanganmu sendiri melalui kacamata teman-teman terdekatnya.

Gak cuma itu, saat kamu berhasil mengakrabkan diri dengan mereka, ada banyak kemungkinan inner circle tersebut mendukung hubungan kalian. Bahkan, mereka juga bisa mengingatkan pasanganmu ketika ia mulai bertingkah genit pada orang lain.

4. Ingatkan kembali komitmen yang sudah kalian sepakati di awal hubungan

5 Langkah Menghadapi Pasangan yang Suka Genit, Biar Jera!Pexels/Polina Zimmerman

Sebelum memulai hubungan serius, pasti kalian sudah membicarakan mengenai komitmen yang sudah disepakati bersama. Jika kamu sadar bahwa perilaku genit pasanganmu melanggar komitmen yang sudah ditetapkan di awal, maka kamu bisa memberitahunya soal ini.

Pasangan yang baik gak akan marah ketika kamu mengingatkan dirinya soal komitmennya sendiri. Justru, hal ini seharusnya bisa menjadi tolok ukur mengenai seberapa besar keseriusan pasanganmu terhadap hubungan kalian.

5. Belajar meningkatkan intensitas quality time kalian bersama

5 Langkah Menghadapi Pasangan yang Suka Genit, Biar Jera!IDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Selain keempat cara di atas, kamu juga bisa coba menambah momen kebersamaan dengan pasangan melalui quality time. Cobalah membuat jadwal khusus agar kalian berdua dapat melakukan banyak hal bersama-sama!

Jangan terpaku pada hal-hal biasa yang sudah sering dilakukan! Cobalah berbagai aktivitas baru yang menantang sekaligus menyenangkan.

Hal ini bisa membuat hubunganmu dengan pasangan terasa lebih hidup. Kalian juga bakal punya banyak waktu untuk fokus pada goals hubungan di masa depan. Pasanganmu gak akan sempat, deh, untuk bersikap genit pada yang lain!

Itulah kelima tips menghadapi pasangan yang suka genit. Yang perlu diperhatikan ialah kamu harus tenang dan gak boleh gegabah dalam mengambil keputusan. Selain itu, berikan kesempatan pada pasangan untuk menjelaskan. Semoga bermanfaat ya! 

Baca Juga: Jangan Minta Maaf karena 5 Hal Ini dalam Hubungan Asmara, Sudah Tahu?

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya