Comscore Tracker

5 Sikap yang Harus Dilakukan Saat Sifat Keras Kepala Teman Kumat

Gimana sih cara menghadapi teman yang keras kepala?

Sifat keras kepala pasti banyak kamu temukan pada orang yang ada di sekelilingmu. Sifat ini memang bisa menyulut pertengkaran. Apalagi saat ada dua orang keras kepala yang beradu argumen, gak akan selesai-selesai, deh!

Apabila kamu punya teman yang karakternya seperti ini dan sering kewalahan saat menghadapinya, inilah sikap yang harus dilakukan saat sifat keras kepala teman kumat!

1. Bersabar adalah kunci saat kamu berhadapan dengan teman yang keras kepala

5 Sikap yang Harus Dilakukan Saat Sifat Keras Kepala Teman Kumatdramabeans.com

Saat berhadapan dengan teman yang keras kepala, kamu harus melatih kesabaran lebih keras lagi. Mungkin memang gak mudah dan banyak orang bilang kalau sabar juga ada batasnya.

Tapi percaya, deh! Kamu gak akan pernah bisa menang melawan mereka, meskipun benar. Daripada emosimu terkuras habis dan capek sendiri karena meladeni mereka, lebih baik kamu tetap tenang dan pertahankan kesabaranmu!

2. Jangan pernah menyebut mereka keras kepala saat beradu argumen!

5 Sikap yang Harus Dilakukan Saat Sifat Keras Kepala Teman Kumatdramabeans.com

Kamu mau tahu tips paling penting saat sedang beradu argumen dengan teman yang keras kepala? Jangan sekali-sekali menyebut mereka sebagai orang yang keras kepala di tengah-tengah perdebatan kalian!

Meski mungkin menyadarinya, mereka gak akan mau mengakui hal itu di depanmu. Hal ini juga gak akan membuatmu memenangkan perdebatan tersebut. Yang ada, kalian malah bertengkar dan bahkan bisa mengatakan hal-hal yang sebetulnya gak perlu.

3. Belajar bernegosiasi dan berkompromilah secara lebih fleksibel!

5 Sikap yang Harus Dilakukan Saat Sifat Keras Kepala Teman Kumatdramabeans.com

Dalam bersosialisasi, sangat diperlukan keterampilan untuk menjadi fleksibel. Kamu harus menyadari, ada bebagai macam karakter yang bisa kamu temukan di dalam hidupmu.

Terlebih, saat kamu diharuskan untuk bekerja sama dengan rekan yang keras kepala. Kemampuan negosiasi dan kompromi yang fleksibel, bisa mempermudahmu untuk mencapai kesepakatan dengan mereka, lho!

Baca Juga: 5 Penyebab Seseorang Punya Watak Keras Kepala & Suka Bertindak Kasar

4. Pilihlah kata dan kalimat yang menunjukkan kalau kamu juga menghargai opini mereka!

5 Sikap yang Harus Dilakukan Saat Sifat Keras Kepala Teman Kumatdramabeans.com

Pilihan kata dan kalimat saat sedang berhadapan dengan orang yang keras kepala, rupanya juga sangat penting. Saat tidak setuju dengannya, hindarilah kalimat seperti "Menurutku, pendapatmu itu benar-benar salah." atau "Kamu salah jika berpikir seperti itu."

Sebaliknya, gunakan kalimat yang diawali dengan kesan bahwa kamu menghargai pendapat mereka. Contohnya, "Pendapatmu sebetulnya bagus, tapi coba kita lihat dari sisi berbeda."

Bisa juga dengan "Aku benar-benar menghargai pemikiranmu, namun ada opsi lain yang juga harus kita pertimbangkan." Dengan begitu, ada kemungkinan temanmu akan lebih melunak.

5. Belajarlah berempati dan bangun kepercayaannya!

5 Sikap yang Harus Dilakukan Saat Sifat Keras Kepala Teman Kumatdramabeans.com

Di balik setiap orang, ada berbagai macam hal yang melatarbelakangi terbentuknya karakter tersebut. Hal ini yang sering kali dilupakan banyak orang karena kita hanya menilai apa yang terlihat di depan saja.

Saat kamu memiliki teman yang keras kepala, coba pelajari dengan seksama apa yang membuatnya seperti itu. Salah satu hal penting yang bisa kamu lakukan adalah belajar berempati dan bangun kepercayaan antara satu sama lain.

Itulah sikap yang harus dilakukan saat sifat keras kepala teman kumat. Meskipun sulit, jika dijalani, hal ini bisa mempermudahmu saat berhadapan dengannya. Selamat menerapkan dan semoga bermanfaat, ya!

Baca Juga: Jangan Sepelekan, Ini 5 Tanda Kamu & Pasangan Sudah Tidak Cocok Lagi

Topic:

  • Ayuningtyas Juliana Putri
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya