Comscore Tracker

7 Masalah Psikologis Pasangan Jika Mereka Suka Mengintip Isi Ponselmu

Bicarakan secara terbuka dan jujur!

Mengintip isi pesan ponsel pasangan bisa sangat menggoda, khususnya jika mereka tidak pernah tahu tentang kebiasaan ini. Alasan mengintip ini bukan hanya karena cemburu, tapi mungkin ada motif psikologis tertentu yang mendorong mereka mengintip pesan atau data pribadi di ponselmu.

Nah, berikut adalah beberapa alasan kenapa pasanganmu mungkin mengintip isi ponselmu dan implikasinya pada hubungan.

1. Pasanganmu tidak siap untuk sebuah hubungan serius

7 Masalah Psikologis Pasangan Jika Mereka Suka Mengintip Isi Ponselmurcinet.ca

Jika pasanganmu lebih suka cek ponselmu tanpa kamu ketahui dibanding bicara langsung denganmu, mungkin ini adalah tanda bahwa dia tidak cukup dewasa dalam sebuah hubungan.

Padahal mereka bisa langsung bertanya, siapa yang menelepon dan kamu telepon, begitu saja tanpa kecurigaan. Tidak perlu bermain petak-umpet karena ponsel, mereka bisa bertanya langsung padamu.

Jika seseorang tidak bertanya padamu sebuah pertanyaan sederhana, bayangkan bagaimana perasaan mereka saat kamu perlu bicara topik yang lebih serius, seperti mengajak berkeluarga. Jadi, mereka mungkin tidak siap membangun sebuah hubungan serius.

2. Pasanganmu perlu perhatian

7 Masalah Psikologis Pasangan Jika Mereka Suka Mengintip Isi Ponselmubigsnoops.com

Coba ingat kembali seberapa sering kamu bicara dengan pasanganmu! Apakah kamu berkomunikasi seperti biasa atau tidak banyak waktu yang kalian habiskan bersama? Jika kalian tidak punya cukup waktu untuk obrolan yang menyenangkan, mungkin itu yang jadi alasan pasanganmu mulai bertingkah ganjil.

Dalam kasus tertentu, sebuah komunikasi yang tidak lancar membuat seseorang melakukan tindakan nekat, seperti mengintip isi ponselmu. Pasanganmu hanya penasaran tentang apa yang terjadi di hidupmu dan ingin menghabiskan lebih banyak waktu denganmu, tapi untuk beberapa alasan kamu tidak bisa menceritakannya.

3. Pasanganmu takut bicara secara terbuka

7 Masalah Psikologis Pasangan Jika Mereka Suka Mengintip Isi Ponselmuboldsky.com

Jika kamu menyadari bahwa pasanganmu bertingkah ganjil dan mulai mengintip ponselmu dibanding mengutarakan perasaannya secara terbuka dan jujur, bisa jadi itu adalah tanda bahwa mereka sebenarnya menyembunyikan sesuatu.

Dibanding menaruh rasa curiga yang tidak beralasan, kamu bisa menemukan jawabannya jika bertanya langsung apa yang terjadi. Pasangan berharga tidak akan menolak ajakanmu untuk bicara dan akan membahas secara terbuka terhadap masalah dalam hubungan kalian.

Baca Juga: Agar Tidak Sakit Hati, Ini 5 Cara Memutuskan Hubungan dengan Baik

4. Pasanganmu tidak bisa menetapkan batas pribadi

7 Masalah Psikologis Pasangan Jika Mereka Suka Mengintip Isi Ponselmudailymail.co.uk

Dalam sebuah hubungan, harus ada batas tertentu, dan melewatinya adalah sebuah indikasi yang tidak baik. Jika kamu menegaskan untuk menghormati ruang pribadi dan tidak mengizinkan seorang pun merusaknya, pasanganmu harus menerimanya untuk privasi masing-masing.

Ketidakmampuan pasangan untuk menjaga batas itu dengan mengintip isi ponselmu mungkin jadi tanda awal bahwa kamu akan merasa tidak nyaman dengan orang ini di masa depan. Jika seseorang tidak mengindahkan hal sederhana yang sebenarnya penting buatmu, mereka akan bisa lebih merusak batas-batas lain yang kamu tetapkan.

5. Pasanganmu punya masalah kepercayaan

7 Masalah Psikologis Pasangan Jika Mereka Suka Mengintip Isi Ponselmugoodmenproject.com

Kepercayaan adalah pondasi dari hubungan yang sehat. Jika pasanganmu beranggapan bahwa kamu berbohong pada mereka, hampir pasti mereka pernah berbohong atau berbuat curang di masa lalu.

Setelah mengalami masa lalu yang buruk, seseorang biasanya menjadi sangat sensitif, gestur atau kalimat darimu bisa saja menyalakan alarm curiga di pikiran mereka. Dalam kasus ini, pasangan yang paranoid harus diberi pemahaman bahwa kecurigaan mereka berasal dari diri mereka sendiri, bukan karena tindakanmu.

6. Pasanganmu tidak yakin dengan hubungan

7 Masalah Psikologis Pasangan Jika Mereka Suka Mengintip Isi Ponselmuself.com

Dalam hubungan yang sehat, pasangan saling percaya tanpa syarat dan menghormati hak privasi, ruang pribadi masing-masing atas waktu-waktu yang sudah dihabiskan bersama. Tapi jika salah satu dari mereka merasa curiga, mungkin ini jadi alasan serius mempertanyakan kembali hubungan ini.

Mungkin pasanganmu hanya tidak yakin bahwa kamu serius, atau mungkin mereka belum pada diri mereka sendiri tentang hubungan kalian. Rasa curiga mungkin menunjukkan bahwa kamu dan pasanganmu punya perbedaan nilai yang dianut, dan kamu harus membicarakan ini sesegera mungkin.

7. Pasanganmu punya kepercayaan diri rendah

7 Masalah Psikologis Pasangan Jika Mereka Suka Mengintip Isi Ponselmuscitecheuropa.eu

Dalam banyak kasus, saat seseorang mengintip pesan pribadi, email, dan DM pasangan, mereka khawatir bahwa mereka tidak cukup baik dan merasa butuh pengakuan.

Bahkan dalam hubungan yang lama dan stabil, orang percaya bahwa pasangan mereka pantas mendapatkan seseorang yang lebih baik, dan dampaknya adalah mereka bisa dengan mudah tertarik dengan orang lain.

Pernahkah kamu mengintip isi ponsel pasanganmu? Apakah mereka tidak masalah dengan hal itu? Silakan sampaikan pendapatmu!

Baca Juga: Bikin Gak Nyaman, 6 Tanda Pasanganmu Terlalu Posesif

Bayu Widhayasa Photo Community Writer Bayu Widhayasa

Suka belajar tapi tidak suka makar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You