Comscore Tracker

Ini 5 Tanda Teman Kamu Bisa Dipercaya Buat Jaga Rahasiamu

Daripada curhat pribadimu jadi “rahasia umum” kan?

Sebenarnya wajar jika kita menemukan permasalahan, baik itu di lingkungan kerja, kuliah bahkan di rumah dengan keluarga. Faktanya, nggak selamanya kita bisa menyimpan semuanya sendirian, terkadang kita tetap membutuhkan sosok teman yang siap sedia mendengarkan keluh kesah dan tentunya menjaga itu semua sebagai rahasia. Eits, tapi nggak mudah lho mencari orang yang bersedia melakukan hal-hal tadi, apalagi dalam hal menjaga rahasia.

Nah, daripada cerita pribadimu berakhir menjadi rahasia umum, coba pastikan dulu beberapa hal dasar di bawah ini sudah ada di teman curhat kamu, apa saja ya? Keep scrolling, guys!

1. Temanmu bukan tipe penggosip

Ini 5 Tanda Teman Kamu Bisa Dipercaya Buat Jaga RahasiamuUnsplash/Katie Treadway

Coba deh perhatikan kebiasaannya saat sedang bersama kamu. Apakah ia adalah tipikal yang sering membicarakan teman lainnya, atau justru sudah sampai di tahap suka menceritakan hal-hal yang menyangkut rahasia orang lain dengan kamu? Wah, kalau iya, lebih baik kamu berhenti curhat dengannya. Karena, kalau ia bisa membicarakan rahasia orang lain, bukan tidak mungkin ia juga membicarakan rahasia kamu dengan orang lain, bukan?

2. Dia adalah pendengar yang baik

Ini 5 Tanda Teman Kamu Bisa Dipercaya Buat Jaga RahasiamuUnsplash/Seth Doyle

“Oh kamu kemarin kayak gitu, kemarin aku juga, tapi kalau aku…”

Eits, hati-hati ya kalau teman kamu mulai mengatakan kalimat ini. Di awal, mungkin terasa seperti ia punya simpati terhadap ceritamu. Tetapi, kalau pada akhirnya ia jadi suka memotong pembicaraan kamu dan membuat kamu menjadi orang yang justru mendengarkan ceritanya, ini menjadi salah satu pertanda kalau teman kamu bukanlah pendengar yang baik. Karena pendengar yang baik adalah mereka yang tidak memotong pembicaraanmu dan mendengarkan ceritamu hingga tuntas. Nah, teman curhat kamu kayak gini juga nggak?

3. Dia bukan drama queen

Ini 5 Tanda Teman Kamu Bisa Dipercaya Buat Jaga RahasiamuShutterstock/Roman Samborskyi

Drama queen biasanya juga dikenal sebagai orang yang selalu mendramatisir keadaan. Nah, sebaiknya kamu menghindari orang-orang dengan sifat-sifat seperti ini, karena orang dengan karakter ini seringkali sulit berpikir objektif terhadap suatu permasalahan. Nggak hanya, itu, orang dengan karakter “drama queen” juga seringkali mudah tersulut tanpa pikir panjang. Kamu tentu nggak mau kan membuat permasalahanmu menjadi semakin panjang?

4. Temanmu nggak mudah tergoda oleh orang lain

Ini 5 Tanda Teman Kamu Bisa Dipercaya Buat Jaga RahasiamuShutterstock/GaudiLab

Eits, jangan salah paham dulu, “mudah tergoda” di sini maksudnya temanmu mudah dibujuk untuk membocorkan rahasia atau informasi penting tentang kamu. Nggak bisa dipungkiri, ada beberapa orang yang memang punya rasa ingin tahu yang tinggi tentang urusan orang lain termasuk tentang kamu, dan salah satu cara untuk mencari tahu informasi tentang kamu adalah dengan mendekati teman yang selama ini menjadi teman curhatmu. Nggak nyangkakan taktiknya sampai seperti itu?

Maka dari itu, IDN Times kali ini juga sekaligus mengingatkan kamu untuk terus berhati-hati dalam mencari teman curhat. Ada baiknya juga kamu tahu beberapa hal yang sebaiknya nggak kamu ceritakan ke orang lain seperti income, love life bahkan data pribadi yang menyangkut nomor-nomor penting seperti nomor PIN, CVV dan OTP. Ketiga hal tersebut bersifat rahasia dan tidak boleh diceritakan ke temanmu yang paling dekat sekalipun.

Banyak yang beranggapan “nggak masalah punya nomor PIN, asal orang lain nggak punya kartu ATM”, eits, jangan salah guys, Personal Identification Number atau PIN digunakan untuk mengakses rekening. Nah, PIN ini bersifat rahasia, bahkan petugas bank pun nggak boleh tau lho! Selanjutnya ada CVV atau Card Verification Code, kode ini adalah 3 digit angka terakhir yang terdapat pada bagian belakang kartu kredit kamu, 3 digit ini penting banget lho buat kamu yang suka bertransaksi online, nah nggak mau kan tiba-tiba tagihan kartu kreditmu melonjak karena kartumu dipakai penipu untuk bertransaksi online? 

Nggak hanya PIN atau CVV aja, kamu juga harus peduli dengan yang namanya OTP. Eits, yang ini artinya buka On The Phone ya, tapi One Time Password yang sifatnya bisa berubah-ubah. Kode ini biasanya dikirimkan ke telepon genggam kita, untuk meminta persetujuan akses ke rekening kita seperti mendebet rekening atau melakukan transaksi. Nah, hati-hati ya, guys jangan sampai nomor ini jatuh ke tangan yang salah!

Wah, ternyata banyak juga ya informasi pribadi yang harus dijaga bahkan dengan orang yang paling dekat dengan kita. Nah, karena sekarang kamu sudah tahu hal-hal apa aja yang harus dirahasiakan, jangan sampai “kecolongan” ya!

5. Temanmu nggak mudah terbawa suasana

Ini 5 Tanda Teman Kamu Bisa Dipercaya Buat Jaga RahasiamuShutterstock/Svitlana Sokolova

Punya teman yang mudah terbawa suasana? Kamu harus berhati-hati nih kalau mau menceritakan hal-hal yang sifatnya pribadi ke dia. Sifat yang seperti ini tidak hanya bisa membuatnya kurang objektif dalam menilai permasalahan itu, tetapi juga bisa membuatnya mudah panik dan berpotensi besar membocorkan rahasiamu. Untuk itu, sebelum curhat pastikan dulu ya temanmu itu nggak mudah terbawa suasana!

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus kamu pastikan sebelum curhat dengan temanmu tentang hal-hal yang sifatnya rahasia. Nah, kalau teman kamu punya sifat-sifat ini nggak, guys?

Topic:

  • Karsa Adiguna

Just For You