Comscore Tracker

Ingin Punya Banyak Teman? Yuk, Terapkan 5 Cara Ini dalam Bergaul!

Jangan malu untuk memulai obrolan, ya!

Dalam interaksi dengan orang lain, setiap individu pastinya memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang memang pandai bergaul, tapi ada juga orang yang cenderung pemalu dan terbatas dalam pergaulan.

Nah, bagi kamu yang cenderung pemalu dan terbatas dalam pergaulan, maka kamu bisa mengikuti 5 cara berikut ini, agar dirimu bisa menemukan teman yang banyak. Untuk informasi lebih lanjut, yuk simak ulasannya berikut ini!

1. Belajar menerima diri sendiri lebih dulu

Ingin Punya Banyak Teman? Yuk, Terapkan 5 Cara Ini dalam Bergaul!Unsplash.com/Kamila Maciejewska

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah belajar menerima diri apa adanya. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk kamu. Bila kamu terus berfokus pada kekurangan-kekurangan yang ada, akibatnya kamu akan dipenuhi dengan perasaan-perasaan negatif. Contohnya minder, merasa tidak dihargai, merasa tidak diterima, dan sebagainya.

Oleh karena itu, agar dirimu dapat menerima diri dengan kelebihan dan kekurangan, maka cobalah untuk buat sebuah daftar singkat yang berisi 10 kelebihan dan 10 kekuranganmu. Kemudian coba perhatikan, bagian mana yang sulit kamu temukan. Apakah kamu sulit menemukan kelebihan diri sendiri? Atau malah kamu justru sulit untuk menemukan kekurangannya?

Percayalah, jika kamu cukup percaya diri, maka dirimu tidak akan kesulitan dalam menemukan kelebihan dan kekurangan dengan seimbang. Tapi jika ternyata kamu masih kesulitan, maka dirimu bisa mencoba lagi di lain waktu. Lakukanlah cara tersebut dengan rutin hingga dirimu mampu menuliskan kelebihan dan kekurangan dengan seimbang. Dengan begitu, hal ini bisa menjadi bentuk penerimaan diri dan kemampuan mencintai diri apa adanya.

2. Tolong teman yang sedang kesusahan 

Ingin Punya Banyak Teman? Yuk, Terapkan 5 Cara Ini dalam Bergaul!Pexels.com/Ketut Subiyanto

Setiap orang pasti senang punya teman yang baik hati dan suka menolong. Oleh karena itu, untuk memiliki karakter seperti ini, pertama-tama dirimu harus bisa peduli dan peka terhadap orang lain.

Janganlah pernah untuk berpura-pura tidak tahu atau tidak dengar, bila ada teman yang kesusahan. Malah sebisa mungkin kamulah orang pertama yang menolongnya atau menyampaikan kabar tersebut kepada teman-teman yang lain.

Percayalah, jika orang yang suka menolong itu tidak akan pernah kekurangan teman. Pasalnya, akan ada banyak orang yang nyaman bergaul denganmu karena sifatmu yang hangat dan menyenangkan.

3. Jangan ragu bercanda 

Ingin Punya Banyak Teman? Yuk, Terapkan 5 Cara Ini dalam Bergaul!Unsplash.com/Brooke Cagle

Seseorang yang memiliki karakter humoris, pada umumnya akan memiliki banyak teman. Sikapnya yang hangat, ramah, dan bersahabat membuat dia disenangi oleh banyak orang.

Cobalah dirimu bandingkan dengan seseorang yang pendiam dan penyendiri. Tentunya orang akan merasa kurang nyaman karena takut salah dalam berkata-kata atau bersikap sehingga membuatnya tersinggung.

Tapi ingat, untuk jangan menggunakan kata-kata yang merendahkan sebagai bahan candaan karena bisa saja orang lain tersinggung dengan ucapan kamu itu.

Baca Juga: 7 Hal yang Sebaiknya Dihindari agar Persahabatan Jarak Jauh Tetap Awet

4. Jadilah pendengar yang baik 

Ingin Punya Banyak Teman? Yuk, Terapkan 5 Cara Ini dalam Bergaul!Unsplash.com/Trung Thanh

Apakah kamu tahu bahwa sebenarnya setiap orang suka didengar? Tapi sayangnya, tidak semua orang bisa menjadi pendengar yang baik. Pasalnya, pendengar yang baik tidak hanya mendengarkan, namun juga turut merasakannya secara pribadi. Perlu kamu ingat, bahwa pendengar yang baik akan selalu menghargai orang lain dan memberi masukan yang dibutuhkan.

Tidak heran jika pendengar yang baik ini akan banyak dicari-cari teman karena membutuhkan saran dan dukungannya. Jika kamu ingin menjadi pendengar baik, maka cobalah untuk belajar berempati kepada orang lain. Dengan merasakan apa yang mereka rasakan dan perhatikan apa yang mereka bicarakan. Percayalah cara ini akan membuat kamu mudah disukai dalam pergaulan.

5. Belajar memulai obrolan 

Ingin Punya Banyak Teman? Yuk, Terapkan 5 Cara Ini dalam Bergaul!Unsplash.com/Priscilla Du Preez

Bila selama ini kamu adalah orang yang pasif dan pemalu, maka sekarang saatnya bagi dirimu untuk belajar memulai sebuah obrolan. Mungkin saja selama ini orang lain takut mengajak bicara karena kamu terlalu pendiam. Oleh karena itu, cobalah untuk mengajak mereka berbicara terlebih dahulu.

Gak ada gunanya untuk mencari bahan obrolan yang terlalu rumit, cobakah cari pembicaraan yang sederhana saja seperti sekadar menyapa atau menanyakan hal sepele. Biasanya sapaan yang menyenangkan akan diikuti dengan obrolan yang seru.

Ingat, jangan pernah berkecil hati jika di awal-awal kamu sulit melakukannya dan terkesan “garing”. Teruslah mencoba dalam setiap kesempatan dengan siapa saja yang kamu temui. Ingatlah! Bahwa selama kamu sopan, orang lain juga akan senang menanggapinya.

Nah, gak sulit kan untuk bisa mendapatkan banyak teman? Yuk, mulai sekarang terapkan kelima cara di atas, agar kamu bisa mendapatkan banyak teman. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 5 Pelajaran dari Persahabatan Doraemon-Nobita, Wujudkan Mimpi Bersama

Berkat Prima Photo Verified Writer Berkat Prima

InstaGram: @lieprimaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya