Comscore Tracker

Penuh Makna, 6 Pelajaran Cinta dari KDrama Ini Bisa Jadi Panutan

Kadang harus ada yang mengalah demi cinta

Kebanyakan dari drama korea mempunyai genre romantis. Seringkali konflik dan permasalah yang ada membuat para tokoh harus berusaha untuk memperjuangkan cinta mereka. Apalagi ditambah dengan akting para artis yang profesional dan berhasil membangun chemistry yang apik, sehingga membuat para penonton jadi baper maksimal. 

Gak cuma bisa jadi hiburan, drama Korea juga punya banyak pelajaran tentang percintaan yang sesuai banget dengan realita. Nah, ini dia enam di antaranya!

1. Strong Woman Do Bong Son

Penuh Makna, 6 Pelajaran Cinta dari KDrama Ini Bisa Jadi Panutanwww.cosmo.ph
Orang yang tulus mencintai kita punya cara lain memandang kekurangan kita

Bong son selalu menyembunyikan kekuatan supernya dari Kook Doo karena Kook Doo menyukai wanita yang kalem dan lemah lembut. Tapi ternyata, An Min Hyuk bisa mencintai Bong Son dengan kekuatan supernya. Ia justru merasa bahwa Bong Son adalah wanita spesial dengan kekuatan supernya yang unik.

Kita gak harus berpura-pura menjadi orang lain hanya untuk memenuhi kriteria idaman milik pasangan kita, guys. Mengubah sifat buruk itu perlu, tapi tidak dengan kehilangan diri kita sendiri.

2. Weightlifting Fairy Kim Bok Joo

Penuh Makna, 6 Pelajaran Cinta dari KDrama Ini Bisa Jadi Panutandramabeans.com
Jangan berpikir, mudah untuk mendapatkan cinta yang sudah kamu buang

Jun Hyung dulunya pernah mencintai Shi Ho dengan sepenuh hati. Tapi Shi Ho justru meninggalkan Jun Hyung saat sedang sayang-sayangnya, dengan alasan ia ingin fokus meraih mimpinya. Shi Ho berpikir bahwa ia bisa mendapatkan Jon Hyung kembali nantinya karena Jun Hyung mencintainya. 

Jangan pernah menyakiti seseorang yang mencintaimu, dan berpikir bahwa akan mudah untuk mendapatkannya kembali. Rasa cinta itu bisa memudar bahkan hilang. Jangankan balikan, perasaan yang tersakiti bisa membuat mereka tak ingin bertemu denganmu lagi lho.

Baca Juga: 7 Kutipan Inspiratif dari KDrama 'Clean With Passion For Now'

3. Gogh, the Starry Night

Penuh Makna, 6 Pelajaran Cinta dari KDrama Ini Bisa Jadi Panutansoshi.manuth.life
Jangan memutuskan suatu hubungan karena malu untuk berbagi masalah dengan pasangan

Ji Hoon memutuskan hubungannya dengan Go Hoo karena keluarganya sedang ada masalah keuangan yang berat. Padahal mereka sudah 3 tahun berpacaran dan ia masih sangat mencintai Go Hoo.

Ia hanya tidak punya nyali untuk berbagi masalahnya dengan Go Hoo. Dan ketika kondisi keuangannya sudah kembali stabil, ia ingin mendapatkan Go Hoo lagi tetapi sayangnya sudah ada yang lain. 

Banyak pria yang menghilang atau memutuskan hubungan dengan alasan bosan karena ia tidak berani mengatakan bahwa ia sedang memiliki masalah. Seringkali perempuan jadi menerka-nerka apa kesalahan mereka.

Masalah finansial memang sensitif, tapi cewek juga bisa mengerti kok. Asal kalian sudah jujur, kalau pasanganmu tidak bisa menerima, paling tidak kalian tau apa reaksi pasangan kalian sehingga tidak menyesal di kemudian hari. 

4. Reply 1998

Penuh Makna, 6 Pelajaran Cinta dari KDrama Ini Bisa Jadi Panutandramabeans.com
Meskipun pahit, tapi mencintai seseorang bukan berarti harus memilikinya.

Jung hwan tidak pernah berani menyampaikan perasaannya secara langsung pada Deok Sun. Ia hanya memberi kode dan kode. Sampai akhirnya sahabat baiknya, Taek, mengatakan bahwa ia juga menyukai Deok Sun. Jung Hwan akhirnya merelakan Deok Sun bersama dengan Taek karena ia berpikir bahwa Taek pasti lebih bisa membahagiakan Deok Sun.

Memang terdengar klise dan sulit dilakukan, tapi mencintai seseorang berarti membuat mereka bahagia meskipun bukan bersama kita.

5. Descendant of The Sun

Penuh Makna, 6 Pelajaran Cinta dari KDrama Ini Bisa Jadi Panutanasiaone.com
Berjuanglah untuk orang yang kamu cintai

Sebagai tentara, Shi Jin harus selalu siap kapanpun timnya membutuhkan. Ia juga harus mempertaruhkan nyawaya untuk menjalankan setiap misi. Itulah yang membuat Mo Yeon ragu untuk menjalin hubungan dengannya.

Meskipun sudah ditolak berulang kali, Shi Jin tetap gigih membuktika cintanya pada Mo Yeon hingga akhirnya dokter mau menerimanya. Karena meskipun takut dengan pekerjaan Shi Jin, Mo Yeon lebih takut berpisah dengan Shi Jin.

Jodoh itu di tangan Tuhan, tapi cinta tetap harus diperjuangkan. Cewek itu suka diberi kepastian, bro. Buat mereka yakin bahwa mereka tidak akan menyesal telah memilihmu. Bantu mereka menghilangkan segala ketakutan dan keraguannya.

6. Fight For My Way

Penuh Makna, 6 Pelajaran Cinta dari KDrama Ini Bisa Jadi Panutanjnkdrama.com
Kalau ada seseorang yang mencoba mencintaimu, maka belajarlah bagaimana cara untuk menerimanya. 

Selama bertahun-tahun, Dong Man dibutakan oleh rasa cintanya terhadap Hye Ran. Padahal Hye Ran sudah berungkali menyakitinya. Sedangkan Ae Ra, ia selalu setia menyayangi Dong Man meskipun tau Dong Man hanya menganggapnya sebagai sahabat. 

Terkadang, jangan hanya sibuk mengejar orang yang kamu cintai. Tapi lihat dan hargailah juga orang yang selama ini mencintaimu dan selalu ada untukmu. Karena jodohmu bisa jadi adalah orang terdekatmu.

Gak cuma bikin gagal fokus sama oppa-oppa tampan, pelajaran cinta yang ada juga bisa jadi panutan.

Baca Juga: 5 Nilai Kehidupan yang Bisa Dipetik dari KDrama Hymn of Death

Berliana Cahya Photo Community Writer Berliana Cahya

Trying is not tiring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You