Comscore Tracker

7 Tips & Trik untuk Mendapat Kesan Pertama yang Baik

Jangan sampai salah langkah ya!

Untuk memasuki lingkungan apa pun pasti diperlukan kemampuan bersosialisasi. Hubungan yang baik bisa berdampak pada pertemanan, asmara, dan karir yang baik pula. Mungkin cuma sebentar, tapi kamu bisa menyukai bahkan langsung membenci seseorang pada pertemuan pertama. Dan gak ada kesempetan kedua untuk membuat first impression.That's why, kesan pertama begitu penting. 

Kamu mungkin akan terkejut dengan berapa banyak penilaian yang diberikan seseorang terhadapmu pada pertemuan pertama. Untuk itu, tinggalkan kesan yang baik dengan melakukan tujuh hal berikut. 

1. Menjaga sikap

7 Tips & Trik untuk Mendapat Kesan Pertama yang Baikpexels/Buro Millennial

Saat sudah punya hubungan dekat, kita bisa santai menguap bahkan mengupil sembarangan. Tapi di beberapa kondisi, kita memang perlu untuk berlaku jaim alias jaga image. Khususnya saat pertama kali bertemu dengan seseorang. Perilakumu bisa jadi cerminan reaksi seseorang terhadapmu. Seperti duduk yang tegap, mendengarkan saat ada yang berbicara, dan gak sibuk bermain ponsel. 

2. Selalu tepat waktu

7 Tips & Trik untuk Mendapat Kesan Pertama yang Baikpexels/bruce mars

Agak menyedihkan sih, tapi masih banyak orang yang suka telat karena berpikir bahwa biasanya yang lain juga telat. Padahal sering telat bisa jadi pertanda kalau kamu orang yang suka buang-buang waktu. Dan untuk orang yang sangat menghargai waktu, mereka tentu tidak akan menyukainya.

Bahkan saat kamu benar-benar mengalami accident, orang lain bisa tetap menganggap itu hanyalah alasan. Untuk itu, biasakan untuk selalu datang lebih awal dari waktu yang dijanjikan. Jadi kalau ada kendala telatnya gak kebangetan. Karena dengan datang tepat waktu, orang akan menganggap bahwa kamu juga bisa bekerja tepat waktu, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab. 

3. Be positive and confident

7 Tips & Trik untuk Mendapat Kesan Pertama yang Baikpexels/rawpixel.com

Jadilah percaya diri di hadapan siapapun. Gak perlu minder kalau berhadapan dengan orang yang lebih cantik, lebih kaya, ataupun lebih berkuasa darimu. Belum tentu kok orang-orang itu "sombong" seperti yang kamu kira. Yang terpenting selalu sebarkan aura positif, tersenyum dan bersikap ramah terhadap semua orang.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Harus Berhenti Memperjuangkan Hubunganmu, Gak Egois Kok!

4. Bicarakan obrolan sederhana

7 Tips & Trik untuk Mendapat Kesan Pertama yang BaikUnsplash/Brooke Cagle

Ketika kamu berencana bertemu dengan seseorang, gak ada salahnya buat sedikit stalking tentangnya. Siapa tau kalian memiliki suatu kesamaan seperti teman maupun hobi. Jika kamu sedikit tau tentangnya, nantinya akan lebih mudah untuk memulai obrolan. Kalau tidak sempat, bicarakan saja hal yang ringan seperti daerah asal, tempat bekerja, ataupun film yang sedang tayang di bioskop. Hindari topik yang memunculkan konflik ya, seperti politik dan kebijakan pemerintah.

5. Beri perhatian saat ada yang bicara

7 Tips & Trik untuk Mendapat Kesan Pertama yang Baikrebeccawangentertainment.wordpress.com

Beri perhatian penuh saat ada yang berbicara padamu. Tunjukkan bahwa kamu tertarik dengan pembicaraannya. Jangan justru tidak fokus ataupun memotong perkataannya. Sesekali beri tanggapan supaya Ia merasa di dengarkan. Bahkan meskipun kamu gak suka atau gak paham dengan topiknya, kamu harus tetap bersikap seolah kamu tertarik. Selalu ingat juga tiga ucapan penting yakni tolong, maaf, dan terima kasih di mana pun, kapan pun, dan pada siapa pun.

Kalau kamu tidak setuju dengan pendapat seseorang, jangan langsung menolak. Kalau ingin menolak, tetaplah bersikap santai dan tidak memaksakan pendapatmu.

6. Sebut nama seseorang dengan benar

7 Tips & Trik untuk Mendapat Kesan Pertama yang BaikPixabay/5688709

Orang-orang suka untuk diingat. Dengan begitu, mereka merasa lebih dihargai. Kalau kita ingat, biasanya mereka juga akan berusaha mengingat nama kita. Mengingat nama memang sulit, tapi menurut penelitian, kita cenderung mudah lupa nama seseorang karena kita gak benar-benar tertarik padanya. 

7. Perhatikan penampilan

7 Tips & Trik untuk Mendapat Kesan Pertama yang Baikpexels.com/rawpixel.com

Pakaian yang bersih dan rapi selalu menyenangkan untuk dipandang. Gak perlu berlebihan, yang penting sopan. Kamu juga bisa menyesuaikan acara atau orang yang akan kamu temui. Supaya nantinya gak terkesan saltum. Secuek apapun kamu tentang penampilan, masih banyak orang yang sangat memperhatikan penampilan. Don't judge book by it's cover, tapi cover buku yang bagus lebih dulu menarik perhatian kan? Apa yang kamu pakai, bisa ikut menentukan cara seseorang memperlakukanmu.

Terakhir, stop overthinking karena justru bikin semakin nervous

Baca Juga: 5 Sikap Dewasa Menghadapi Masalah dalam Hubungan Percintaan

Berliana Cahya Photo Verified Writer Berliana Cahya

Trying is not tiring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You