Comscore Tracker

5 Hal Ini Jadi Pemicu Gagal Menikah, Pernah Merasakannya? 

Terhalang restu orang tua adalah salah satunya

Pernikahan menjadi salah satu tujuan hampir setiap pasangan yang menjalin kasih, setuju gak sih? Ada beberapa pasangan yang punya chemistry yang begitu meyakinkan. Ada juga yang sebaliknya. Pernikahan itu nggak sekedar bermodal ‘cinta’, lantas bisa melenggang ke jenjang pernikahan.

Ada banyak yang perlu dipertimbangkan sebelum sepasang kekasih memutuskan untuk lanjut ke jenjang pernikahan. Nggak jarang, rencana menikah gagal atau hampir gagal padahal sudah merasa saling cinta. Bisa jadi kegagalan itu bukan soal cinta aja, bisa jadi karena lima hal ini. Baca dan ambil pelajarannya untuk kamu ya!

1. Belum ada kecocokan antara kamu dan dia

5 Hal Ini Jadi Pemicu Gagal Menikah, Pernah Merasakannya? Ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (Shutterstock/Prostock-studio)

Setiap orang pasti memiliki karakter masing-masing. Termasuk juga kamu dan pasangan kamu. Setiap karakter itu spesial dan unik. Tapi pernah gak sih kamu merasa ada beberapa hal dari si dia yang kamu buat kamu kurang berkenan? Entah itu kebiasaan atau sifat.

Akhirnya kamu pun merasa gak cocok dengan dia. Tapi coba deh kalau merasa gak cocok, janganlah langsung tak ingin bersamanya. Coba deh ngobrol terlebih dahulu. Sambil ngopi boleh juga biar santai. Serta pahami juga tiap orang punya kurang dan lebihnya masing-masing. Dengan begitu kamu mungkin menemukan kecocokan kembali? Dan ingat kata Jessie J ya, nobody’s perfect.

Baca Juga: Doi Belum Siap Menikah? Lakukan 5 Hal Ini untuk Meyakinkannya

2. Ego yang masih terlalu tinggi

5 Hal Ini Jadi Pemicu Gagal Menikah, Pernah Merasakannya? Ilustrasi pasangan yang memiliki ego yang sama-sama tinggi (Shutterstock/CHAjAMP)

Hal ini juga tentang sifat. Terkadang kamu atau dia punya yang namanya ego yang sama-sama tinggi. Ingin kamu begitu sedangkan ingin dia begini. Sama-sama ingin menangnya sendiri akhirnya jatuh dalam pertengkaran. Males banget, ‘kan? 

Padahal kamu akan melanjutkan hidup bersama-sama, kalau masih ingin terus menang sendiri tentu akan bahaya, guys. Menyeimbangkan ego caranya sepertinya tidak hanya komunikasi, tapi kesediaan untuk memahami dia seutuhnya.

3. Terhalang restu orangtua

5 Hal Ini Jadi Pemicu Gagal Menikah, Pernah Merasakannya? Ilustrasi orangtua berbincang dengan anak melalui video call (Shutterstock/winnievinzence)

Mayday, mayday, mayday. Waduh, kalau hal ini sih memang situasi genting. Memang gak hanya harus mengambil hati si dia, tetapi mendapatkan restu orangtua juga penting. Untuk mendapatkan restu ini memang rata-rata sepertinya membutuhkan waktu gak bisa secara instan. Iya gak sih? 


Perlu ada pendekatan rutin dan menunjukkan sisi dalam diri yang bisa membuat orangtua percaya dan bisa dapatkan restu. Kamu pernah merasakannya juga? Boleh dong cerita gimana mengatasinya di kolom komentar!

4. Belum punya ‘modal’ masa depan yang bikin calon besan percaya

5 Hal Ini Jadi Pemicu Gagal Menikah, Pernah Merasakannya? Ilustrasi pasangan yang sedang menghitung tabungan bersama (Shutterstock/Tom Wang)

Karena pernikahan akan dijalani bersama seumur hidup, ‘modal’ untuk masa depan harus dipersiapkan agar calon besan percaya dan bisa merestui. Seperti halnya kesiapan mental dan materi. Mental tak bisa diasah dalam semalam, perlu diasah berhari-hari dan kesediaan untuk terus meningkatkan kualitas diri. 

Sementara materi juga perlu dikumpulkan sedari dini. Caranya? Mungkin selain menabung juga bisa berinvestasi. Apalagi saat ini sudah banyak yang kasih pilihan investasi mudah dengan modal kecil. Misalnya, kamu yang ingin berinvestasi jangka pendek sekitar 1-2 tahun bisa manfaatkan fitur Tokopedia Reksa Dana. Sementara kalau mau jangka panjang bisa manfaatkan Tokopedia Emas. Investasi deh mulai sekarang, karena sahabat terbaik investasi adalah waktu. 

Berinvestasi dengan tepat juga penting, jangan sampai kamu kena investasi bodong ya! Bukannya untung, tapi malah buntung. Karena itu, perhatikan keamanan produk investasi yang kamu beli.

Head of Investment and Insurance Tokopedia mengatakan kalau Tokopedia juga bekerja sama dengan berbagai mitra strategis terpercaya dan diawasi oleh OJK dalam menawarkan investasi yang aman, mudah, dan terjangkau, untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Kamu juga bisa manfaatkan fitur Dana Impian di Tokopedia Reksa Dana yang memudahkan kamu menabung untuk tujuan tertentu. Mau liburan, beli gadget, atau menikah bisa banget. Kerennya, mulai dari Rp10 ribu kamu sudah bisa berinvestasi lho! 

Sekarang investasi semakin mudah sih dengan teknologi. Untuk kamu yang ingin mengumpulkan pundi-pundi untuk modal menikah ini bisa jadi salah satu jawaban. Kamu hanya perlu rutin dan punya komitmen untuk tetap menabung.    

Kamu bisa manfaatkan fitur Langganan di Tokopedia dan tentukan jadwal menabungmu. Bisa per minggu atau per bulan dengan nominal yang terjangkau, mulai dari Rp5.000,- saja.

Mantap, ‘kan? Yuk mulai investasi dengan bijak dari sekarang. Lumayan buat tambah ‘modal’ nikah!

5. Sudah takdir, mau gimana?

5 Hal Ini Jadi Pemicu Gagal Menikah, Pernah Merasakannya? Ilustrasi seseorang menikmati kesehariannya (Shutterstock/Prostock-studio)

Ada juga gagal nikah yang akhirnya merasa bahwa kejadian ini adalah takdir dan lalu mengikhlaskan semuanya. Mungkin ini adalah jalan yang terbaik untuk masing-masing. Apakah kamu merasakan ini? Bahwa ini adalah takdir dan move on saja dan jalani hari-hari dengan riang gembira kembali? 

Kira-kira apalagi yang bikin gagal nikah? Kalau kamu punya cerita, boleh banget share ceritamu di kolom komentar. Mungkin kita semua bisa berbagi solusi dan semangat. (WEB) 

Baca Juga: [QUIZ] Tes Psikologi Menebak Seberapa Besar Peluang Kamu dan Pasanganmu Menikah?

Topic:

  • Bima Anditya Prakasa

Berita Terkini Lainnya