Comscore Tracker

5 Tips Mau Putus Pacaran tanpa Membuat Sakit Hati Pasangan

Bicara saat momen yang tepat salah satu kuncinya

Pencarian pasangan dalam hidup memang gak semudah menghabiskan satu gelas dalgona coffee yang enak itu. Dalam sebuah perjalanan mencari pasangan tak jarang bakal ditemui yang namanya masalah, entah kesusahan untuk mendapatkan cinta karena fisik, ada juga yang malah merasa ada ketidakcocokan dengan pasangan.

Tentunya jalan yang dipilih saat sudah merasa gak cocok pastinya mengakhiri hubungan, namun muncul persoalan lain. Muncul rasa takut dalam pikiran kita, seperti takut menyakiti hatinya, menghancurkan impiannya bersama kita dan ketakutan-ketakutan lain. Semakin dipikirkan persoalan ini membuat kita tak bisa melangkah sedikit lebih maju.

Saat memutuskan mengakhiri suatu hubungan memang akan sulit menghindari perasaan yang bakal patah hati, tapi setidaknya menemukan cara yang baik untuk melakukannya akan membantu patah hati mereka sembuh lebih cepat. Berikut ini beberapa langkah untuk mengakhiri hubungan agar kita tak terkesan 'jahat' dan tak membuatnya malah terpuruk dalam perasaan yang hancur.

1. Jangan begitu saja menghilang

5 Tips Mau Putus Pacaran tanpa Membuat Sakit Hati PasanganPixabay/Pexels

Sebagian dari kita saat sudah ingin mengakhiri sebuah hubungan memilih untuk tiba-tiba saja menghilang, gak ada kabar, dan yang pasti bakal membuatnya kebingungan. Kejadian seperti ini umum dengan sebutan ghosting. Padahal cara seperti ini bukanlah cara yang tepat untuk dipilih mengakhiri sebuah hubungan. Bukannya membuat lega, sebaliknya kehidupan kita seterusnya bisa saja dihantui perasaan bersalah karena telah melakukan hal ini.

Hal ini juga menandakan bahwa kita salah satu manusia yang egois dan pastinya akan membuatnya heartbreak. Jika kita memulai sesuatu dengan cara baik-baik, setidaknya cobalah untuk mengakhirinya dengan baik pula.

2. Cari waktu yang tepat untuk mengatakannya

5 Tips Mau Putus Pacaran tanpa Membuat Sakit Hati PasanganPixabay/dai_nguyen

Waktu menentukan segalanya lho, perkara akan menghancurkan hatinya mungkin akan sulit dihindari tapi jika kita memilih waktu yang pas seperti saat dia tak lagi ada masalah lain misalkan. Paling tidak melakukan di waktu yang pas, gak menjadikan keadaannya semakin lebih buruk. Sebaliknya memutuskan hubungan pada saat dia sedang dilanda masalah seperti itu bakal membuat beban hidupnya bertambah, iya kan?

Cari momen saat hatinya sedang tenang dan senang, atau ajak dia ke tempat yang ia sukai. Bicarakan perlahan ya guys. Putus memang sangat berat dilakukan tanpa hati yang gak terluka, tapi setidaknya kita tak bersikap kejam saat melakukannya.

3. Jujur tentang alasanmu ingin putus

5 Tips Mau Putus Pacaran tanpa Membuat Sakit Hati PasanganPixabay/Ben_Frieden

Langkah berikutnya kita harus bicara jujur tentang alasan ingin mengakhiri hubungan dengannya. Katakan yang selama ini, serasa mengganjal sehingga membuat perasaan suka yang dulu ada hilang begitu saja. Cobalah menjelaskan dengan runtut, jelas, serta secara baik-baik pastinya bakal dimengerti olehnya.

Perihal hati akan butuh proses untuk melanjutkan hidup kembali dan saat kita jujur tentang alasan ingin memutuskan hubungan secara gak langsung juga akan membuat dia lebih cepat melewati proses tersebut dan jauh lebih baik kedepannya.

Baca Juga: Bikin Drop, 5 Masalah Kesehatan Ini Sering Dialami Pasca Putus Cinta

4. Cobalah untuk tetap bisa berteman

5 Tips Mau Putus Pacaran tanpa Membuat Sakit Hati PasanganPixabay/rebcenter-moscow

Walapun memutuskan untuk mengakhiri hubungan buka berarti tak bisa untuk tetap berteman. Meskipun tak bisa seperti sedia kala, saat kita melakukan opsi ini akan sedikit mencobanya untuk mengurangi heartbreak yang dia alami. Karena kita masih ada untuknya meskipun berbeda dalam beberapa hal.

5. Jangan umbar kemesaraan meski sudah ada pasangan baru

5 Tips Mau Putus Pacaran tanpa Membuat Sakit Hati PasanganPixabay/Sh1ra

Dan langkah yang terakhir yang bisa dicoba yakni jangan umbar kemesraan dengan pasangan baru kita, jika memang sudah mempunyai pasangan meskipun baru putus. Tetap jaga perasaannya dan jangan semakin membuatnya hancur terpuruk, atau menimbulkan prasangka kita selingkuh karena baru putus sudah menggandeng orang lain, padahal bukan itu yang terjadi sebenarnya.

Serta yang paling  buruk dia berubah dendam yang malah bisa merugikan kita, iya kan? Putus memang sulit dilakukan, tetapi melakukannya dengan cara yang terhormat dan baik tidak hanya akan membantu mantan kita pulih lebih cepat, tetapi juga membantu kita merasa nyaman dengan cara mengakhirinya dan bisa melanjutkan hidup tanpa rasa bersalah.

Langkah diatas tidak dianjurkan dilakukan saat kita diselingkuhi, menjalani toxic relationship, dan karena hubungan tidak sehat lainnya.

Nah itu dia beberapa langkah untuk putus dari pasangan tanpa harus terlihat kejam dan membuatnya mengalami heartbreak semakin dalam sehingga dapat sedikit membantunya untuk sembuh lebih cepat dan menemukan pasangan hidup yang lebih baik. Semoga bermanfaat ya.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Putus Hubungan karena Bosan Bukanlah Solusi yang Tepat

Inibudi nya Photo Verified Writer Inibudi nya

Starling Addict, penyuka benda klasik dan kamu. Biasa bicara di IG @budinyi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya