Comscore Tracker

Jangan Galau, Ini Lho 6 Pelajaran Penting dari Putus Cinta

#AdaCinta Life is must go on!

Putus cinta adalah salah satu penyebab sesorang mengalami masa sulit. Dan terkadang sampai lupa bahwa putus cinta bukanlah akhir dari segalanya. Di beberapa kasus bahkan menyebutkan bahwa korban patah hati sampai melakukan tindakan-tindakan yang tidak baik demi memuaskan kesedihan atau rasa putus asanya.

Nah, berikut ini pelajaran berharga dari kandasnya hubungan cinta yang wajib kalian renungkan supaya tidak larut dalam kesedihan ya!

1. Mengendalikan emosi

Jangan Galau, Ini Lho 6 Pelajaran Penting dari Putus CintaPexels/Vera Arsic

Right! Emosi sesaat biasanya yang menjadi penyebab kandas nya hubungan mu. Mulai sekarang kamu harus belajar mengendalikan emosi agar orang - orang di sekeliling mu tetap nyaman bersama kamu.

2. Jangan egois lagi

Jangan Galau, Ini Lho 6 Pelajaran Penting dari Putus CintaPexels.com/Trinity Kubassek

Kandasnya kisah percintaanmu memberi kamu pelajaran untuk berhenti egois. Itu artinya kamu tidak bisa memaksakan apa yang kamu mau dan belajar menghargai keputusan orang lain. Yang perlu kamu lakukan adalah membenahi diri menjadi jauh lebih baik.

Baca Juga: Berdasarkan Golongan Darah, Ini yang Kamu Lakukan Saat Putus Cinta

3. Belajar melepaskan dengan ikhlas

Jangan Galau, Ini Lho 6 Pelajaran Penting dari Putus CintaPexels/Daria Shevtsova

Pelajaran yang paling sulit untuk diterima adalah melepaskan dengan ikhlas, namun harus tetap dilakukan. Menggenggam terlalu keras sesuatu yang sebenarnya bukan ditakdirkan untuk kamu adalah hal yang tidak baik.

Jika kamu sudah terus mencoba untuk mempertahankan namun si dia tetap ingin berpisah denganmu maka yang bisa kamu lakukan hanya belajar menerima segala sesuatunya dengan ikhlas. Kehidupan akan terus berjalan meskipun tanpa dia disisimu lagi. Of course, kamu harus tetap melanjutkan hidupmu.

4. Gunakan waktu luang untuk keluarga

Jangan Galau, Ini Lho 6 Pelajaran Penting dari Putus CintaPixabay/yakovlevmax0

Keluarga adalah bagian penting dalam hidupmu. Dukungan keluarga tidak pernah ada habisnya untuk kamu. Kamu perlu bersyukur karena dukungan orang-orang terdekatmu melewati masa sedih pasca putus cinta.

Nah, waktu-waktu luang yang biasanya kamu habiskan dengan si dia kini dapat kamu habiskan untuk keluarga dan orang-orang terdekatmu. Kamu dapat melakukan hal-hal yang tidak bisa kamu lakukan ketika masih bersama dia, kini kamu lakukan bersama keluarga.

5. Jangan melakukan kesalahan yang sama

Jangan Galau, Ini Lho 6 Pelajaran Penting dari Putus CintaPixabay/Holdosi

Rasa kehilangan dan kesedihan yang memang berat untuk dilalui seharusnya kamu ambil sisi positifnya. Dari semua itu, kamu tidak boleh melakukan kesalahan yang sama untuk menghindari kesedihan seperti ini lagi. Kamu perlu hidup lebih baik, fighting!

6. Berdamai dengan diri sendiri

Jangan Galau, Ini Lho 6 Pelajaran Penting dari Putus Cintapixabay.com

Sebelum kamu memaksa dirimu untuk memaafkan kesalahan mantanmu, maka kamu harus terlebih dahulu berdamai dengan diri sendiri. Berhentilah menyalahkan diri sendiri dan menyesali diri sendiri.

Bahkan dengan terlalu menyalahkan diri sendiri tidak akan pernah bisa membuatmu mengulang waktu yang sudah terlanjur terjadi. Yang bisa kamu lakukan adalah memperbaiki waktu-waktu yang belum kamu lewati.

Kamu harus tetap semangat ya walau putus cinta. Ingat, akan ada selalu pelangi pasca hujan bahkan badai sekalipun.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Perlu Menghubungi Mantan Setelah Putus Cinta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You