Comscore Tracker

5 Karakter Diri yang Bikin Orang Lain Sulit Percaya, Hilang Respek

Waspada, jangan-jangan kamu punya salah satunya?

Kepercayaan itu mahal harganya. Kira-kira sepert pepatah mengatakan. Memang, tidak mudah untuk mendapat kepercayaan orang.

Bertahun-tahun mengenal seseorang belum tentu bisa saling berbagai kepercayaan yang dalam. Kepercayaan bukan hanya melihat sikap yang ditunjukkan di depan, melainkan juga kepribadian utuh yang tidak terlihat sekalipun.

Seseorang bisa terlihat baik dan setia di luar, tapi hanya mementingkan diri sendiri di dalam. Namun, ada juga karakter yang tanpa kamu sadari membuat orang lain ilfil, bahkan sulit percaya denganmu.

Penasaran apa saja karakter tersebut? Mari kita simak ulasannya di bawah ini!

1. Tidak bertanggung jawab atas perbuatannya 

5 Karakter Diri yang Bikin Orang Lain Sulit Percaya, Hilang Respekilustrasi dua orang wanita bertengkar (pexels.com/Liza Summer)

Orang yang jujur memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi. Ia tidak takut untuk mengaku salah dan berani untuk menanggung risiko atas sikap dan perbuatannya. Sebaliknya, orang  yang tidak bisa dipercaya selalu mencari-cari alasan untuk terbebas dari hukuman.

Kalau dirinya benar, ia akan berkoar-koar mengatakan bahwa itu idenya. Namun saat salah, ia menunjuk orang lain untuk dikambinghitamkan. Mereka menganggap dirinya superior, jadi tidak mau mengakui kelemahan diri sendiri. Jangankan dipercaya, orang juga enggan berteman denganmu.

2. Selalu merasa diri benar 

5 Karakter Diri yang Bikin Orang Lain Sulit Percaya, Hilang Respekilustrasi wanita di tempat kerja (pexels.com/Anna Shvets)

Salah satu tanda orang tak dapat dipercaya ialah menolak segala bentuk kritik dan nasihat. Sikap egois dan pola pikir yang merasa diri selalu benar menunjukkan betapa ia tidak mau belajar untuk menjadi pribadi lebih baik.

Hal ini tentu berkebalikan dengan orang yang jujur dan tulus. Mereka selalu punya keinginan untuk belajar dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Itulah mengapa orang lain nyaman mempercayakan sesuatu pada mereka.

Baca Juga: 5 Alasan Anak Kos adalah Calon Manusia Tangguh di Masa Depan

3. Sering berganti teman 

5 Karakter Diri yang Bikin Orang Lain Sulit Percaya, Hilang Respekilustrasi diskusi (pexels.com/Kampus Production)

Definisi “berganti teman” berbeda dengan memiliki banyak teman. Kamu bisa berkenalan dengan banyak orang dan mendapat banyak teman, tapi masih setia memegang komitmen bersama sahabat. Berbeda dengan ketika kamu berganti-ganti teman, kamu tidak pernah bisa stay dengan seseorang atau sekelompok orang. Pasti ada saja pertengkaran yang berujung pada putusnya hubungan.

Selain mengimplikasikan bahwa kamu bukan tipe orang setia, berganti teman juga menunjukkan bahwa kamu bukan orang yang dapat dipercaya. Buktinya, kamu tidak bisa menjaga kepercayaan temanmu. Lantas, bagaimana bisa mendapat kepercayaan yang lebih besar?

4. Sikap dan perkataannya tidak sinkron 

5 Karakter Diri yang Bikin Orang Lain Sulit Percaya, Hilang Respekilustrasi sekelompok teman (pexels.com/RODNAE Production)

Katanya, nggak suka gosip, tapi sering jelek-jelekin orang di belakang. Katanya anti main curang, tapi berani sabotase untuk meraih kemenangan. Orang-orang tipe ini bukan hanya menipu orang lain, tetapi juga diri sendiri. Mereka ingin menjaga citra diri, tapi tidak diimbangi dengan sikap yang baik. Wajar saja orang tidak bisa percaya padanya.

Belajarlah untuk tidak plin-plan. Miliki prinsip hidup yang kokoh dan tak mudah terbawa arus. Dengan begitu, kamu bisa menunjukkan kualitas dirimu pada orang lain.

5. Tidak bisa menyimpan rahasia

5 Karakter Diri yang Bikin Orang Lain Sulit Percaya, Hilang Respekilustrasi teman (pexels.com/Keira Burton)

Bagaimana perasaanmu ketika orang yang kamu percayai malah membocorkan rahasiamu pada orang lain? Bukan hanya kesal, pasti kamu sudah tidak resepk dengan orang itu, bukan?

Walau terlihat sederhana, hal ini menunjukkan kualitas dan kesetiaanmu dalam memegang janji. Butuh keberanian yang besar untuk orang lain membagikan rahasianya denganmu. Jadi sebisa mungkin jangan sia-siakan kepercayaan itu.

Sekarang, kamu sudah tahu lima karakter yang bisa membuat orang lain hilang respek hingga tidak bisa memercayaimu. Kepercayaan orang adalah tanggung jawab. Jadi,  jaga baik-baik tanggung jawab itu dengan sepenuh hati, ya!

Baca Juga: 5 Karakter Positif yang Tertanam dalam Diri Orang Low Profile

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya