Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Gak Perlu Terlalu Tegang ketika Kencan Pertama

Bikin kamu bertambah gugup!

Kencan pertama memang selalu mendebarkan. Demi meninggalkan kesan pertama yang membekas, kita rela menghabiskan waktu berjam-jam untuk dandan, bersiap-siap, bahkan melatih senyum dan cara bicara.

Tidak ada yang salah dengan itu. Kita ingin tampil baik di depan doi, dan itu hal yang bagus. Karena berarti, kamu menghargai dirimu dan doi.

Namun, terkadang gugup yang berlebihan membuat kita jadi tegang dan stres sendiri. Padahal, sikap tegang dan overthinking berlebihan malah membuatmu kehilangan esensi dari kencan itu sendiri. Ini 5 hal yang harus diingat agar tidak terlalu tegang saat kencan.

1. Terlalu tegang bikin kamu nggak bisa enjoy momennya 

5 Alasan Mengapa Gak Perlu Terlalu Tegang ketika Kencan Pertamailustrasi dua orang PDKT (pexels.com/cottonbro)

Untuk apa pergi kencan kalau kamu tidak bisa menikmati momennya? Ada banyak waktu yang kamu sia-siakan percuma ketika kamu terlalu tegang dan overthinking soal kencan itu sendiri.

Pikiranmu hanya diisi dengan kekhawatiran-kekhawatiran seperti, "apa dia menyukaiku?", "Apa sikapku membuatnya tak nyaman?", "Apa dandananku sudah rapi?", hingga lupa cara untuk duduk diam dan benar-benar menikmati waktu tersebut.

2. Bikin kamu nggak bisa jadi diri sendiri seutuhnya 

5 Alasan Mengapa Gak Perlu Terlalu Tegang ketika Kencan Pertamailustrasi wanita dalam kencan pertama (pexels.com/cottonbro)

Poin utama dari kencan pertama ialah, supaya kamu dan doi bisa saling mengenal lebih dekat. Tapi, bila kamu terlalu tegang dan takut meninggalkan kesan buruk, akan semakin sulit untuk menjadi diri sendiri seutuhnya.

Yang ada, kamu malah bersikap jaim dan gugup, sama sekali tidak bisa menikmati kencan itu dengan nyaman. Suasana semakin canggung sementara kamu dan dia jarang ngobrol. Nanti, siapa yang rugi? Kamu sendiri, bukan?

Baca Juga: Ingin Kencan Pertama Berkesan? 5 Cara Beri First Impression yang Kuat 

3. Kencan pertama tidak serumit itu 

5 Alasan Mengapa Gak Perlu Terlalu Tegang ketika Kencan Pertamailustrasi kencan pertama (pexels.com/Ron Lach)

Seperti yang sudah disebutkan di poin kedua, fokus dari kencan pertama ialah saling mengenal lebih dalam. Itu berarti, percakapan ringan yang terpenting. Tempat yang nyaman seperti kedai kopi atau restoran menjadi pilihan banyak orang, karena itu membuat mereka bisa mengobrol dengan rileks dan leluasa.

Nggak perlu pikirin tentang pakaian mewah atau make up menor, dandan secukupnya asal bersih, rapi, dan wangi. Buat dirimu semenarik tapi juga senyaman mungkin. Karena sebenarnya, kencan pertama tidak serumit itu.

4. Setiap hubungan bisa menjadi canggung di awal 

5 Alasan Mengapa Gak Perlu Terlalu Tegang ketika Kencan Pertamailustrasi wanita berbincang dengan pria (pexels.com/RODNAE Production)

Saat kamu bertemu dengan seseorang yang kamu suka, pertemuan itu bisa terasa mengintimidasi di awal. Tapi, bukan berarti hubungan itu akan selalu canggung ke depannya.

Jadi, nggak perlu terlalu tegang. Jalani saja kencan pertamamu dengan rileks dan tenang. Ketahuilah bahwa perasaan gugup dan canggung tersebut lambat laun akan berlalu.

5. Banyak hal terjadi di luar kontrolmu

5 Alasan Mengapa Gak Perlu Terlalu Tegang ketika Kencan Pertamailustrasi pasangan (pexels.com/Budgeron Bach)

Pada akhirnya, yang kamu bisa kendalikan ialah perilakumu sendiri. Caramu membawa diri, caramu berpakaian, caramu menanggapi obrolan. Hal-hal selain itu sudah ada di luar kontrolmu.

Salah satunya, penilaian doi terhadapmu. Kamu sudah berusaha tampil terbaik dengan berdandan dan berpakaian rapi, tapi kamu tetap tidak bisa memaksa doi untuk menyukaimu.

 

Ketika pergi kencan, fokuslah pada koneksi dibanding hasil. Jangan biarkan perasaan tegang dan canggung mengontrol sikapmu. Selamat berkencan!

Baca Juga: 5 Hal yang Sebaiknya Gak Dilakukan saat Kencan Pertama, Catat!

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya