Comscore Tracker

5 Alasan Penting Ucapkan Terima Kasih ke Pasangan, Jangan Gengsi

Semakin memperkokoh relasi

Terlibat dalam hubungan tanpa sadar membuat kita mudah melupakan makna kata “terima kasih”. Saat pasanganmu memberimu kejutan di hari ulang tahunmu, atau saat ia mengingat hal-hal kecil yang kamu butuh, mudah sekali untuk berpikir ia melakukan itu karena memang sudah seharusnya.

Adalah tugasnya sebagai pacar untuk memberi perhatian. Interaksi terus-menerus perihal memberi dan menerima sering mengimplikasikan bahwa mengucapkan “terima kasih” tampak tidak penting. Namun, guys, kamu salah besar. Justru rasa terima kasih itu harus diungkapkan. Berikut lima alasannya.

1. Mengubah perspektifmu 

5 Alasan Penting Ucapkan Terima Kasih ke Pasangan, Jangan Gengsiilustrasi pasangan bercakap-cakap (pexels.com/Kampus Production)

Sesederhana kata “terima kasih” bisa mengajarkan kita untuk fokus pada hal-hal positif yang ada pada pasanganmu alih-alih negatif. Tidak ada orang yang sempurna di dunia, begitu juga dengan partner-mu. Namun di tengah ketidaksempurnaan itu, ia mencoba menjadi versi diri terbaiknya dan masih melakukan yang terbaik untuk menyenangkan hatimu.

Berkata “terima kasih” memang terdengar sederhana dan basi, tapi itu menunjukkan bahwa kamu mengapresiasi usahanya. Terlebih dulu, mengapresiasi niatnya alih-alih fokus pada hasil.

2. Membuat pasangan merasa dihargai 

5 Alasan Penting Ucapkan Terima Kasih ke Pasangan, Jangan Gengsiilustrasi pasangan sedang bercakap-cakap (pexels.com/Uriel Mont)

Memang kelihatan sederhana dan hampir terasa bagai rutinitas dan kewajiban. Mengantar-jemputmu setiap hari, membawakan tasmu saat kencan, memberi kejutan di hari ulang tahunmu. Tapi guys, kamu gak tahu seberapa besar perjuangannya untuk itu.

Memamg, sih, apresiasi tidak harus dilakukan dengan kata. Mungkin kamu sering berpikir, ‘Kan dia tahu aku selalu apresiasi usahanya, ngapain harus ngomong terima kasih? Tapi dalam beberapa situasi, penting juga untuk mengungkapkan secara langsung. Percayalah, pasanganmu pun akan dikuatkan karena kalimat sederhana itu.

Baca Juga: 7 Ungkapan Terima Kasih pada Pasangan yang Membuat Hubungan Langgeng

3. Memperkokoh relasi 

5 Alasan Penting Ucapkan Terima Kasih ke Pasangan, Jangan Gengsiilustrasi wanita dan pria bercakap-cakap (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Bila kedua pihak bisa saling mengakui dan mengapresiasi usaha satu sama lain, maka relasi itu pun akan berdiri kuat. Salah satu fondasi penting dalam hubungan adalah respect, ketika dua orang bisa menghargai dan menghormati satu sama lain.

Selalu mulai dari hal-hal sederhana. Relasi yang kokoh pun bisa diwujudkan ketika dua pihak sama-sama mengerti pentingnya apresiasi.

4. Memotivasi doi untuk menjadi lebih baik 

5 Alasan Penting Ucapkan Terima Kasih ke Pasangan, Jangan Gengsiilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Siapa, sih, yang gak suka dihargai atas usahanya sendiri? Semua orang suka, begitu pula pasanganmu.

Berkata “terima kasih” sama dengan mengakui pentingnya pasanganmu sebagai “pribadi”, alih-alih objek untuk memuaskan kebutuhan atau kesenanganmu sendiri. Dampak positifnya, ia pun akan selalu termotivasi untuk selalu melakukan yang terbaik.

5. Menumbuhkan perasaan positif dalam relasi 

5 Alasan Penting Ucapkan Terima Kasih ke Pasangan, Jangan Gengsiilustrasi pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Mana yang kamu pilih, relasi yang penuh complain dan kritik, atau relasi yang penuh apresiasi dan dukungan? Pastinya lebih suka yang kedua, ‘kan? Nah, untuk membangun relasi seperti itu, perlu inisiatif dari diri sendiri untuk mengucapkan apresiasi pada pasanganmu.

Ternyata, hal sesederhana mengucapkan “terima kasih” dapat berdampak banyak dalam hubungan. Sekarang kamu tahu pentingnya untuk mengungkapkan apresiasi pada pasangan. Dibiasakan, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Ucapan Terima Kasih, Sederhana Namun Sangat Berarti

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya