Comscore Tracker

Hati-Hati, Guys! 6 Hal di Luar Dugaan Ini Bikin Hubunganmu Retak

Seringkali kita judtru jatuh karena kerikil lho, guys!

Tidak ada yang pernah mulus dalam sebuah hubungan. Tiap orang pasti akan mengalami masalah, tak peduli seberapa besar rasa cintamu pada pasanganmu. Namun, secara tidak sadar, beberapa dari kita sering melakukan hal yang malah memicu masalah dalam sebuah hubungan. Ujung-ujungnya, malah akan berakhir kecewa pada kedua pihak.

Sebelum tersesat lebih jauh, coba kenali apa yang sering menjadi penyebab renggangnya hubungan kalian saat ini. Kamu tentu tak ingin tersesat lebih dalam, bukan?

1. Kamu berharap lebih pada pasanganmu, ingin dia selalu ada di sisimu 

Hati-Hati, Guys! 6 Hal di Luar Dugaan Ini Bikin Hubunganmu Retakpexels.com/pixabay

Ketika mencintai seseorang, tak dapat dipungkiri kamu selalu ingin dekat dengan doi tiap hari. Namun ketika ekspetasi dan harapanmu semakin besar, dan itu tidak sesuai dengan realita yang terjadi, maka kamu akan merasa kecewa dengan sendirinya. Misal, kamu berharap ada pembagian tugas yang baik ketika sudah menikah nanti. Namun alih-alih demikian, pasanganmu malah mengacuhkan kewajibannya.

Atau saat kalian masih berstatus pacaran, kamu berharap doi peka ketika kamu sedang sedih atau marah. Tetapi kenyataannya, ia malah bermain game dengan santai tanpa bertanya keadaanmu. Daripada bergantung pada ekspetasi itu, mari diskusikan dengan baik pada pasanganmu apa yang benar-benar kamu rasakan dan yang kamu mau. Jangan sampai harapan terlalu tinggi menjadi bumerang dalam hubungan kalian.

2. Kamu mengharapkan sebuah kesempurnaan 

Hati-Hati, Guys! 6 Hal di Luar Dugaan Ini Bikin Hubunganmu Retakpexels.com/pixabay

Tidak ada orang yang sempurna, begitu pula dengan sebuah hubungan. Ketika kamu mulai mengharapkan pasanganmu sebagai sosok sempurna bak drama-drama romansa, kekecewaan pasti akan mudah melanda. Ujung-ujungnya kamu tidak puas dengan pasanganmu. Hati-hati, hal sepeleh seperti ini bisa mendatangkan masalah dalam hubungan kalian.

3. Kalian sering menghindari sebuah konflik 

Hati-Hati, Guys! 6 Hal di Luar Dugaan Ini Bikin Hubunganmu RetakPexels/freestocks.org

Tidak ada yang salah dengan berdebat, tidak ada yang salah pula dengan konflik ketika itu dilakukan untuk kebaikan dan tidak melibatkan kekerasan. Penelitian bahkan membuktikan bahwa sebuah hubungan yang sehat juga mencakup adanya pertengkaran. Namun ketika kamu dan pasanganmu memiliki pandangan yang berbeda, dan alih-alih membicarakannya untuk menemukan solusi yang tepat, kalian malah diam demi menghindari debat, hal ini bisa memimpin pada masalah yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Nasihat Ini Cocok Untukmu yang Baru Saja Menjalani Hubungan Pacaran

4. Kamu sering berpikir negatif tentang doi 

Hati-Hati, Guys! 6 Hal di Luar Dugaan Ini Bikin Hubunganmu RetakPexels/Pixabay

Pernahkah kamu mencurigai pasanganmu? Apa yang kira-kira ia lakukan ketika kamu tidak bersamanya? Apa iya, dia hanya mengerjakan tugas kuliah? Atau malah hal berbeda? Berasumsi sendiri tidak akan membuatmu merasa lega. Justru ini akan membangkitkan kekhawatiran berlebih dalam dirimu, juga menumpuk rasa curiga yang belum tentu kebenarannya. Daripada berasumsi sendiri, lebih baik tanyakan itu pada pasanganmu.

5. Adanya perhitungan di antara kalian 

Hati-Hati, Guys! 6 Hal di Luar Dugaan Ini Bikin Hubunganmu Retakpexels.com/artem beliaikin

Ketika kamu memberi hadiah mewah di hari ulang tahunnya, maka kamu berharap ia juga akan melakukan hal yang sama. Namun sayangnya, tidak semua orang berpikiran sama. Bagimu mungkin gadget mewah adalah hadiah mahal yang ia butuhkan—dengan harapan ia akan memberi hal mahal lain saat kamu berulang tahun. Tetapi di sisi lain, pasanganmu berpikir bahwa hadiah mahal yang ingin ia berikan adalah menghabiskan waktunya denganmu.

Kalau kamu terus memperhitungkan hal-hal kecil dalam hubungan, ini bisa merusak hubunganmu.

6. Kalian mudah menyerah, ketika dihadapkan dengan tantangan

Hati-Hati, Guys! 6 Hal di Luar Dugaan Ini Bikin Hubunganmu RetakPexels/Alexander Wendt

Satu kunci sebuah hubungan akan bertahan lama; komitmen. Ketika semangat komitmen lenyap, bukan hal susah untuk sebuah hubungan berakhir menyedihkan. Karena itu, sebelum berani melangkah lebih jauh, tanyakan pada dirimu sendiri dan juga pasanganmu, apa kalian benar-benar memiliki komitmen untuk bertahan tak peduli apa masalahnya?

Itulah 6 hal sepele yang nyatanya dapat memicu masalah dalam sebuah hubungan. Yuk, jaga agar hubunganmu dengan dia tetap awet.

 

Baca Juga: Hubunganmu Retak? Coba Perbaiki Dulu dengan 5 Hal Ini Sebelum Putus 

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya