Comscore Tracker

7 Tanda Kamu Ada Dalam Hubungan yang Tak Sehat, Cepat Sudahi!

Tinggalkan hubungan yang tak sehat

Hubungan yang sehat adalah dambaan semua orang. Entah wanita atau laki-laki, mereka pasti berharap hubungan yang mereka jalani dapat saling menguatkan dan saling memberi dampak positif satu dengan yang lain.

Namun kalau hubungan yang kalian jalani hanya berujung pada rasa khawatir berlebihan, rasa takut, dan tidak bahagia, untuk apa dilanjutkan? Berikut 7 tanda yang menunjukkan bahwa kamu sedang berada dalam hubungan yang tidak sehat.

1. Sering beragumen bahkan dalam hal sepele; saling meneriaki dan memaki satu sama lain

7 Tanda Kamu Ada Dalam Hubungan yang Tak Sehat, Cepat Sudahi!Pexels/Vera Arsic

Kita menjalin hubungan untuk mendapat damai dan kebahagiaan. Tetapi kalau hubungan itu diisi dengan pertengkaran dan perselisihan, apa gunanya? Bila dalam satu hari kamu sering berargumen dengan dia, bukan hanya berargumen biasa tetapi sampai saling menyalahkan, patut dipertanyakan apa kalian menjalani hubungan yang sehat atau tidak. Sebab pasangan seharusnya ada untuk memudahkan kita menyelesaikan masalah dengan diskusi kepala dingin, bukan saling berteriak satu sama lain.

2. Kamu tidak mau terbuka dengan pasanganmu

7 Tanda Kamu Ada Dalam Hubungan yang Tak Sehat, Cepat Sudahi!Pexels/Moose Photos

Mengirim pesan kepada sahabat saja harus sembunyi-sembunyi, atau ketika kamu mau bertemu dan hang out dengan teman-teman, kamu tidak bilang dengan pasanganmu karena takut ia marah. Kalau kalian berada dalam hubungan yang sehat, tidak seharusnya kamu takut memberitahu pasanganmu. Tidak seharusnya pula pasanganmu marah atau melarangmu berhubungan dengan teman-temanmu yang lain. 

3. Salah satu dari kalian ingin mendominasi peran

7 Tanda Kamu Ada Dalam Hubungan yang Tak Sehat, Cepat Sudahi!pexels.com/bruce mars

Berada dalam satu ikatan hubungan berarti saling berbagi masalah, saling diskusi sebelum mengambil keputusan bersama. Namun bila si dia selalu ingin ambil peran dan selalu mengambil keputusan tanpa mendiskusikan ke kamu, bisa jadi kalian berada dalam hubungan yang tak sehat. 

Dalam hubungan tidak boleh egois, jadi walaupun kamu memiliki ide atau ingin melakukan sesuatu yang juga ber-impact pada pasanganmu kelak, seharusnya kamu tetap berdiskusi dengan dia. Ingat, hubungan itu menyangkut dua orang, bukan satu saja.

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Kamu Menjalani Hubungan Tidak Sehat, Segera Akhiri!

4. Hanya satu orang saja yang mau berkorban

7 Tanda Kamu Ada Dalam Hubungan yang Tak Sehat, Cepat Sudahi!pexels.com/pixabay

Kalau ini kebalikannya. Hanya satu dari kalian yang mau berkorban, sementara yang lain tidak acuh dengan pasangannya. Hal ini bukan dari material atau sisi finansial saja, tetapi juga dari segi penyelesaian masalah. Berada dalam satu hubungan berarti kamu dapat bersandar pada kekasihmu ketika mengalami masalah, atau sebaliknya. Kalian bisa saling support untuk menghadapi problematika.

Namun kalau hanya satu yang terus-terusan berkorban dan menyimpan sendiri masalahnya tanpa ada kepedulian dari yang lain, bisa jadi hubungan kalian dikategorikan sebagai hubungan yang tak sehat. Cepat hentikan sebelum kamu semakin tidak bahagia.

5. Doi tidak pernah mendukung mimpimu, malah membuatmu down dan merasa mustahil untuk mewujudkannya

7 Tanda Kamu Ada Dalam Hubungan yang Tak Sehat, Cepat Sudahi!pexels.com/Keenan Constance

Seorang pasangan yang baik pasti akan selalu mendukung partnernya untuk meraih impiannya, apa pun itu. Namun bila pasanganmu tidak pernah memberi dukungan, dan malah menyuruhmu berhenti, patut dipertanyakan apa dia benar-benar pasangan yang baik atau tidak.

6. Berada di dekat kekasihmu malah membuatmu semakin insecure dan khawatir

7 Tanda Kamu Ada Dalam Hubungan yang Tak Sehat, Cepat Sudahi!pexels/pixabay

Kritikannya yang terlalu pedas, dia sering membandingkan dirimu dengan lawan jenis lain, apalagi standarnya yang tinggi jadi membuatmu bertanya-tanya apa kamu pasangan yang cukup baik. Ini salah satu tanda relatiohship kalian tidak sehat. Cepatlah melepaskan diri dari ikatan hubungan itu, kamu berhak bahagia walau tanpa dia

Lagipun pasangan yang baik harusnya dapat menerima kekasihnya apa adanya, membuat kekasihnya merasa nyaman alih-alih tidak bahagia.

7. Dia sering main tangan

7 Tanda Kamu Ada Dalam Hubungan yang Tak Sehat, Cepat Sudahi!pexels.com/kat jayne

Kekerasan secara verbal adalah hal terlarang dalam hubungan. Belum jadi suamimu saja dia sudah berani main tangan, bagaimana kalau nanti dia sudah memilikimu seutuhnya? Seemosi apa pun dia, lelaki yang baik pasti akan berpikir dua kali sebelum melukai gadis yang dicintai. Kalau dia sering melakukan hal ini, lebih baik tinggalkan dia.

Untuk apa bertahan kalau kamu hanya jadi pelampiasan emosi saja?

Setelah membaca 7 tanda di atas, tentu kamu dapat identifikasi sendiri apa hubunganmu dengan dia termasuk hubungan yang sehat atau tidak. Kalau memang tidak sehat, untuk apa dilanjutkan? Kamu layak untuk bahagia tanpa dia.

Baca Juga: 10 Gaya Pacaran Sehat Biar Hubungan Kalian Bisa Sampai Pernikahan

Caroline Graciela Photo Verified Writer Caroline Graciela

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya