Comscore Tracker

5 Tanda Kamu Orang Memiliki Rasa Insecure dalam Hubungan

Bisa berdampak buruk

Perasaan insecure dalam hubungan romansa biasanya dibarengi dengan sikap needy, rasa takut akan penolakan, dan rasa cemburu yang tinggi. Perasaan ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya masa lalu buruk yang membuatmu takut kehilangan orang yang disayang.

Namun perasaan kecemasan yang berlebih bisa menjadi ancaman bagi hubungan. Lambat laun pasanganmu akan merasa risi. Simak 5 tanda kamu memiliki rasa insecure dalam hubungan romansa.

1. Terlalu needy 

5 Tanda Kamu Orang Memiliki Rasa Insecure dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Orang yang insecure dalam hubungan selalu clingy pada pasangannya. Dalam hal sekecil atau sesederhana apa pun, kamu selalu ingin melakukannya bersama pasanganmu alih-alih mencoba sendiri.

Sikap bergantung yang berlebihan bukanlah hal wajar. Apalagi, bila sudah sampai pada tahap emotionally needy. Ketika kamu menuntut pasanganmu untuk menunjukkan bukti bahwa ia menyayangimu secara terus-menerus. Kebahagiaanmu bergantung pada sikap pasanganmu hari itu.

2. Hobi menghindari konflik 

5 Tanda Kamu Orang Memiliki Rasa Insecure dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Keira Burton)

Perbedaan pendapat dan konflik adalah hal yang lumrah dalam hubungan. Ini membantu kita untuk mengenal lebih dalam pasangan kita melalui sikap dan pemikirannya.

Namun ketika kamu memiliki rasa insecure, kamu cenderung untuk lari atau menutupi konflik karena kamu tak mau kehilangan pasanganmu. Awalnya tampak baik karena tidak ada konflik, tapi kebiasaan ini sebenarnya berbahaya.

Baik kamu maupun doi sama-sama tidak tahu apa yang sebenarnya dipikirkan, dirasakan, atau diinginkan satu sama lain. Hal ini bisa menuntun pada hubungan tak sehat.

Baca Juga: 5 Cara Menghilangkan Rasa Insecure Saat Harus LDR, Perhatikan!

3. Selalu berusaha menghidupkan koneksi

5 Tanda Kamu Orang Memiliki Rasa Insecure dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Samson Katt)

Bagi orang yang memiliki rasa cemas terhadap hubungan, jarak membuatnya merasa tak nyaman. Ia akan terus mengirim pesan, menelepon, atau melakukan apa pun agar ia tahu dan diyakinkan bahwa pasangannya masih mencintainya.

Apa kamu salah satu orang yang sering melakukan hal ini? Padahal, bisa jadi pasanganmu sibuk atau memang ada keperluan. Tapi kamu selalu berusaha mencari cara untuk tetap berkomunikasi dengannya setiap saat.

4. Cemburu yang tak sehat 

5 Tanda Kamu Orang Memiliki Rasa Insecure dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Timur Weber)

Cemburu memang perasaan normal dalam hubungan. Memang siapa, sih, yang suka lihat pasangannya digoda orang lain? Tapi, cemburu berlebihan pun bukan perasaan yang sehat. Ini malah bisa berdampak buruk terhadap hubunganmu.

Orang yang insecure dalam hubungan mencoba untuk memiliki kontrol atas segalanya—baik hubungan maupun pasangannya. Ia juga tak punya rasa percaya yang cukup pada pasangan, sehingga selalu dihantui kecurigaan dan ketakutan akan kemungkinan selingkuh.

5. Selalu berusaha menjaga kontak fisik 

5 Tanda Kamu Orang Memiliki Rasa Insecure dalam Hubunganilustrasi pasangan (pexels.com/Katerina Holmes)

Tidak ada yang salah dengan physical affection. Beberapa orang memang memiliki love language berupa sentuhan fisik seperti pelukan, menggandeng tangan, dan lainnya. Namun coba tanya dirimu sendiri, apa ini hanya ekspresi cinta atau sebagai ungkapan perasaan insecure?

Bisa jadi sentuhan fisik tersebut sebagai salah satu alternatif bagi dirimu untuk menghindari perasaan penolakan, dicampakkan, dan perpisahan. 

Mengetahui tanda-tanda insecure dalam hubungan bisa membantumu untuk mengantisipasi hal buruk. Paling penting, selalu jujur dan terbuka dalam sebuah hubungan. Jangan sampai insecurity-mu malah menjadi penyebab rusaknya hubungan.

Baca Juga: 5 Bentuk Insecurity dalam Hubungan yang Dapat Menyakiti Hati Pasangan

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya