Comscore Tracker

6 Tanda Kamu Berteman dengan Orang yang Salah, Segera Sudahi!

Coba deh cek dulu ya

Bukan hal mudah untuk melepaskan seseorang, apalagi bila orang itu memiliki peran sangat penting dalam kehidupan kita. Berbagi memori, pengalaman, suka-duka bersama membuat rasa sayang dan peduli kita semakin kental. Namun itu tentu tidak menjamin bahwa dia adalah orang terbaik yang harus terus dipertahankan. Terkadang, banyak orang memilih untuk tinggal dan menetap dalam pertemanan toksik, sebab terlalu takut untuk mengambil risiko pergi.

Padahal, pilihan untuk pergi atau menetap ada di tangan kita, lho. Kalau pertemanan itu hanya selalu menekanmu, untuk apa dipertahankan? Inilah 6 tanda temanmu bukan orang yang tepat untuk terus kamu dekati;

1. Kalian memiliki prioritas dan tujuan berbeda 

6 Tanda Kamu Berteman dengan Orang yang Salah, Segera Sudahi!unsplash.com/Laurenz Kleinheider

Pernah merasa bahwa kamu dan temanmu memiliki dua tujuan yang berbeda? Seperti contoh, dia selalu mengajakmu berpergian sementara kamu lebih suka di rumah? Tidak salah bahwa perbedaan saling melengkapi. Tapi seiring berjalannya waktu, ikatan pertemanan kalian pun akan pudar. Kamu menemukan orang yang sefrekuensi denganmu, begitu juga teman lamamu.

2. Temanmu mengkhianati kepercayaanmu 

6 Tanda Kamu Berteman dengan Orang yang Salah, Segera Sudahi!pexels.com/pixabay

Ada alasan di balik titel pertemanan. Salah satunya, rasa saling percaya. Kamu tentu percaya dengan temanmu, sebagaimana kamu berharap ia juga percaya padamu. Apabila suatu hari temanmu mengkhianati kepercayaanmu berulang kali, maka harus kamu tanyakan pada diri sendiri; apa ia adalah teman yang layak untuk terus ditemani?

Ingat, memaafkan tidak berarti mau berendam dalam kesalahan yang sama. Kepercayaan adalah harga paling mahal yang tak dapat dikembalikan.

3. Temanmu tidak memberi dampak yang baik untukmu 

6 Tanda Kamu Berteman dengan Orang yang Salah, Segera Sudahi!Pexels/Polina Zimmerman

Pernahkah kamu dekat dengan seseorang yang terus-terusan memaksamu untuk melakukan sesuatu tak benar? Kamu sudah berkata tidak, tetapi alih-alih berhenti dan menghargai keputusanmu, ia selalu mendesakmu untuk mengikuti ‘tren’-nya? Well, itu bukan tanda teman yang baik.

Apa kamu ingin pertemananmu merusak kebiasaan baik dirimu? Tentu tidak, bukan?

Baca Juga: 5 Tips Mendekatkan Diri dengan Teman-teman yang Lama Tak Bertemu

4. Kamu tidak bahagia dan tidak merasa nyaman dekat dengan mereka 

6 Tanda Kamu Berteman dengan Orang yang Salah, Segera Sudahi!pexels/segopotso makhutja

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apa kamu merasa senang dan nyaman saat menghabiskan waktu dengan teman-temanmu? Kalau jawabannya ya, maka selamat! Pertemanan kalian termasuk pertemanan yang sehat. Tetapi bagaimana bila teman-temanmu sering membuatmu merasa sedih, insecure, atau parahnya, membenci dirimu sendiri?

Tinggalkan tipe orang demikian. Teman seharusnya ada untuk memberi dukungan moral, bukan malah menjatuhkan.

5. Temanmu tidak pernah memberi dukungan untuk kamu meraih mimpimu 

6 Tanda Kamu Berteman dengan Orang yang Salah, Segera Sudahi!Pexels.com/Andrea Piacquaido

Sudah sepatutnya teman saling mendukung dan mendorong satu sama lain untuk menuju kesuksesan dan hidup lebih baik. Namun bila dia sering meremehkan tujuanmu, memandang rendah ambisimu, bahkan sering mempengaruhimu untuk tidak berhenti meraih mimpi itu, maka itu menunjukkan bahwa ia bukan teman yang baik dan pantas dipertahankan dalam hidupmu.

6. Temanmu menyita seluruh waktumu 

6 Tanda Kamu Berteman dengan Orang yang Salah, Segera Sudahi!unsplash.com/Mimi Thian

Ada waktu-waktu tertentu untuk kita habiskan dengan teman kita, tetapi tentu setiap dari kita membutuhkan waktu sendiri. Entah itu untuk belajar, improve skill, bekerja, atau sekadar me time. Bagaimana bila temanmu tidak pernah menghargai waktu me time itu dan selalu mendesak untuk menghabiskan waktu berdua denganmu? Selain mengganggu dan menyita waktu, bukankah sangat melahkan selalu meladeni teman seperti itu?

Itulah keenam tanda kamu harus melepas ikatan pertemanan itu. Ingat guys, terjebak dalam pertemanan dengan orang yang salah dapat mempengaruhi seluruh aspek hidupmu. Bukankah lebih baik untuk pergi dan memulai hidup yang lebih positif?

Baca Juga: 7 Kelakuan Minus yang Bikin Teman-teman Angkat Kaki dari Hidupmu

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya