Comscore Tracker

5 Tips untuk Menjaga Hubungan Pertemanan Jarak Jauh

Salah satu kuncinya adalah komunikasi secara rutin

Kedekatan, intimasi, dan hubungan yang tahan lama sudah jarang kita temukan di era sekarang. Terlebih dengan adanya media sosial, dimana kamu bisa menemukan banyak teman dan pengikut, tapi tidak dengan sahabat. Karena itu, penting sekali untuk menjaga hubungan persahabatan yang kamu miliki sekarang.

Dibutuhkan usaha, kerelaan berkorban, dan ketulusan untuk menjaga relasi yang ada. Terlebih, dalam hubungan jarak jauh, di mana kamu tidak bisa bertemu dengan sahabatmu setiap hari. Karena itu, simak 5 tips esensial untuk menjaga hubungan pertemanan dalam LDR?

1. Berkomunikasi secara teratur via chat atau video call 

5 Tips untuk Menjaga Hubungan Pertemanan Jarak Jauhilustrasi wanita (pexels.com/EKATERINA BOLOTSOVA)

Banyak hubungan yang pecah karena kurangnya komunikasi. Nggak harus lama-lama, kok. Bisa dengan saling menyapa dan bertanya kabar. Yang penting, selalu ada komunikasi rutin dengan sahabatmu.

Walau tidak bercakap-cakap face to face, setidaknya kamu tetap bisa update kabar temanmu. Ia pun bisa terus update kabar tentangmu. Komunikasi yang dijalani secara rutin dan terbuka dapat mempertahankan kualitas hubungan walau tak terkekang waktu dan tempat.

2. Fokus pada temanmu 

5 Tips untuk Menjaga Hubungan Pertemanan Jarak Jauhilustrasi wanita (pexels.com/Yan Krukov)

Untuk menjaga sebuah hubungan tetap kuat, penting bagimu untuk memberi perhatian bagi temanmu. Ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa sebagai temannya, kamu masih mengasihi, menghargai, dan ingin tahu apa yang terjadi dalam hidupnya.

Tanyalah tentang kehidupan sekolah atau pekerjaannnya, keluarganya, kegiatan yang ia sukai akhir-akhir ini. Kamu tidak bisa terus berekspektasi sahabatmu selalu ada untukmu, bila kamu tidak bisa ada untuknya.

Ingat, dalam relasi apapun, harus ada memberi dan menerima. Jangan hanya ingin menerima tanpa memberi, jangan menjadi teman yang egois dengan mementingkan kondisimu sendiri.

Baca Juga: 5 Manfaat Masih Aktif di Lingkungan Pertemanan Walau Sibuk Kerja

3. Pertahankan energi positif 

5 Tips untuk Menjaga Hubungan Pertemanan Jarak Jauhilustrasi wanita (pexels.com/George Milton)

Terus pancarkan energi positif dalam hubungan jarak jauh dapat memperkokoh hubungan persahabatan kalian. Walau memang terkadang ada perdebatan atau perbedaan pendapat, jangan menjadi childish dengan langsung memasang jitu ngambek.

Hindari segala emosi negatif yang mengarah pada pertengkaran. Ingat, kamu dan temanmu sedang berjauhan, yakin ingin mengisi memori itu dengan perpecahan?

4. Jangan malu untuk hubungi dulu 

5 Tips untuk Menjaga Hubungan Pertemanan Jarak Jauhilustrasi wanita (pexels.com/Vlada Karpovich)

Kurangnya komunikasi terkadang mengundang berbagai pikiran negatif. Mungkin, kamu melihat temanmu sudah berubah dan memiliki teman baru lain. Tak perlu sedih atau cemburu berlebihan. Yang penting, jangan pernah gengsi untuk menghubungi dulu.

Kamu bisa mulai dengan hal-hal sederhana, seperti membalas story Instagram-nya lalu dipancing untuk obrolan panjang. Dengan obrolan sederhana yang tidak diduga-duga, dapat tercipta sebuah percakapan yang bermakna.

5. Terus luangkan waktu untuk berinteraksi dengan temanmu 

5 Tips untuk Menjaga Hubungan Pertemanan Jarak Jauhilustrasi sepasang sahabat (pexels.com/Elijah O'Donnell)

Tips paling penting, jangan pernah menyerah pada hubunganmu! Walau terkadang, kesibukan sekolah dan kehidupan pribadi menyita begitu banyak waktu dan tenaga, tetaplah gigih untuk menjaga hubungan persahabatanmu. Tetap hubungi dia, tanya kabarnya, rencanakan pertemuan, dan lain sebagainya.

Sederhana, memang. Tapi hal-hal kecil yang dilakukan berulang-ulang inilah yang bisa memperkokoh sebuah hubungan hingga puluhan tahun. Jadi, jangan pernah menyerah pada temanmu, ya!

 

Mempertahankan hubungan memang mudah mudah susah. Butuh kesabaran, kegigihan, dan kemauan untuk menjaga komunikasi. Gimana dengan kamu dan sahabat LDR-mu? Masih setia komunikasi nggak, nih?

Baca Juga: 5 Tips Menetapkan Batasan Sehat dalam Hubungan Pertemanan

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

sedang mengetik ...

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya