Comscore Tracker

Hindari Konflik, Ini 5 Tips Sederhana Mengontrol Rasa Cemburu

Gak perlu marah-marah lagi!

Kecemburuan merupakan salah satu emosi yang muncul dalam hati manusia lantaran perasaan takut dan gelisah akan kehilangan sesuatu yang amat dicintainya. Rasa cemburu dapat muncul bila tercipta sebuah hubungan yang intim antara dua orang. Walau sering dikaitkan dengan hubungan romansa, tak menutup kemungkinan bahwa rasa cemburu bisa timbul dalam relasi antarteman atau sahabat. Bisa saja kamu cemburu sebab sahabatmu lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang lain, begitu pula sebaliknya.

Dalam dosis yang ideal, rasa cemburu bisa memperkuat hubungan. Namun bila sudah melampaui batas, rasa cemburu yang meledak-ledak berisiko merusak relasimu dengannya. Karena itu, yuk coba lakukan 5 cara elegan untuk mengontrol kecemburuan;

1. Jangan langsung percaya dengan dugaan negatifmu 

Hindari Konflik, Ini 5 Tips Sederhana Mengontrol Rasa Cemburupexels.com/Anatasia Shuravea

Saat kamu baru melihat gebetan hang out bareng cewek lain, atau saat bel istirahat dan kamu melihat sahabat kita sedang asyik-asyiknya ngobrol dengan orang lain, cobalah untuk menahan dulu seluruh dugaan atau pikiran negatifmu. Kebanyakan dari kita lebih suka menelan mentah-mentah asumsinya sebelum mengokomunikasikan hal tersebut dengan partnernya.

Memang menyakitkan saat melihat orang yang kita sayang lebih banyak menghabiskan waktu dengan orang lain. Namun jangan sampai kamu menindaklanjuti rasa sakit hati itu dengan melakukan hal buruk. Ingatlah bahwa apa yang kamu pikirkan belum tentu sama dengan kenyataannya.

2. Komunikasikan dengan partnermu 

Hindari Konflik, Ini 5 Tips Sederhana Mengontrol Rasa CemburuInstagram.com/marcellasne_

Layaknya banyak kekhawatiran lain, kecemburuan juga merupakan hal yang tak pasti. Kamu pasti penasaran apa dugaanmu itu benar atau tidak. Karena itu, cobalah untuk mengomunikasikan hal ini secara baik-baik dengan pasangan atau sahabatmu. Jangan langsung mengambil keputusan ekstrem dengan memutuskan hubungan.

3. Coba untuk mengatur perasaanmu 

Hindari Konflik, Ini 5 Tips Sederhana Mengontrol Rasa Cemburupexels.com/Andrea Piacquadio

Saat kecemburuan mulai menggerogoti diri kita, cobalah untuk menenangkan perasaan itu. Selain mengomunikasikan dengan pasangan, Kathy Morelli, LPC, seorang psikoterapis di Wayne, NJ menyarankan beberapa kegiatan yang dapat dilakukan seperti journaling, berjalan ke luar rumah, atau bahkan, menari dengan musik favoritmu. Aktivitas tersebut bisa memproses emosimu dan membuatmu lebih tenang. Kalau sudah tenang, kamu cenderung bisa berpikir rasional dan tak lagi termakan oleh perasaan.

Baca Juga: 6 Tips Hadapi Pacar yang Gampang Cemburu, Biar Gak Sering Ribut! 

4. Ingatlah kembali kelebihanmu

Hindari Konflik, Ini 5 Tips Sederhana Mengontrol Rasa CemburuInstagram.com/marcellasne_

Kepercayaan diri sedang diuji kala kita merasa cemburu, sebab kita cenderung membandingkan diri kita dengan orang tersebut. Di saat seperti ini, cobalah ingat kelebihan apa yang ada pada dirimu—yang mungkin tak ditemukan pada orang itu. Ini akan menyadarkanmu bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Pesona yang ada padamu belum tentu dapat ditemukan pada orang itu, begitu pula sebaliknya.

5. Jadikan rasa cemburu itu sebagai ‘inspirasi’-mu 

Hindari Konflik, Ini 5 Tips Sederhana Mengontrol Rasa Cemburupexels.com/Kaboompics.com

Christina Hibbert, seorang psikolog klinis sekaligus penulis buku ‘This Is How We Grow’ berkata bahwa setiap orang bisa menggunakan rasa cemburu ini sebagai inspirasi untuk bertumbuh.

Contoh sederhana, kamu cemburu dengan seseorang yang pandai bermain gitar. Alih-alih tenggelam dalam kubangan kecemburuan, ada baiknya kamu menjadikan ini motivasi untuk belajar gitar. Dengan ini kamu pun belajar hal baru, bukan?

Itulah 5 tips untuk menghadapi kecemburuan. Ingat guys, cemburu memang hal  yang wajar, tetapi bisa menjadi berbahaya apabila terus tumbuh tak terkendali. Jangan sampai kamu melakukan hal yang nanti kamu sesali, ya!

Baca Juga: Bukan Tak Cinta, 5 Zodiak Ini Paling Jarang Cemburu 

Caroline Graciela Harmanto Photo Verified Writer Caroline Graciela Harmanto

Cinta menulis sedari duduk di bangku SD, masih terus belajar agar dapat menerbitkan konten yang berguna bagi masyarakat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Berita Terkini Lainnya