Comscore Tracker

5 Cara Sederhana Memulai Obrolan dengan Orang Baru, Anti Membosankan!

Tenang dan jangan sampai berlebihan

Memulai sebuah obrolan memang tidak semua orang bisa dengan mudah melakukannya. Perlu sebuah kebiasaan dan juga latihan yang cukup rutin. 

Entah itu karena spontanitas, atau memang sudah biasa terikat obrolan dengan lawan yang tepat. Supaya obrolanmu dengan orang baru menjadi lebih menarik, yuk terapkan 5 trik berikut!

1. Memulai dengan cerita yang sedang viral atau hangat diberitakan

5 Cara Sederhana Memulai Obrolan dengan Orang Baru, Anti Membosankan!ilustrasi persahabatan (unsplash.com/Priscilla Du Preez)

Hal yang sering dijadikan perbincangan atau menjadi sorotan, tentu akan lebih banyak mengundang perhatian. Kamu bisa memulai topik obrolan terkait hal ini. Tidak ada salahnya untuk memulai seperti sudah akrab dengannya. Karena dengan hal ini, kamu akan lebih mudah mengenali sikap lawan bicara hanya dengan responnya. 

Bisa jadi, setelah kamu menemukan hal yang sedang viral lalu membahasnya dengan lawan bicara, siapa tahu dia juga tertarik. Terkadang, rasa penasaran itu bisa muncul dengan sendirinya dan mengalir begitu saja. Kurangi rasa ragu dan berusaha untuk memulainya dengan rasa percaya diri. Namun, jangan sampai melebih-lebihkan, ya!

2. Jangan terlalu serius, tambahkan lelucon di sela-sela obrolan

5 Cara Sederhana Memulai Obrolan dengan Orang Baru, Anti Membosankan!ilustrasi bergosip (unsplash.com/Ben White)

Sebuah obrolan yang berjalan cukup panjang dan bertahan lama, akan sangat sulit jika hanya membahas hal formal. Terkadang, membuat suasana obrolan semakin ringan juga sangat dibutuhkan. Tidak ada salahnya untuk menyelipkan lelucon atau hal-hal konyol walaupun sedikit di sela-sela obrolan. 

Mungkin bisa berupa tebak-tebakan, atau bahkan lawakan yang kurang masuk akal, tetapi mampu mengundang tawa. Membuat suasana sedikit lebih cair di awal pertemuan, memang butuh usaha yang tidak mudah. Namun, cara ini benar-benar efektif supaya obrolan semakin seru dan menyenangkan. Sering berlatih untuk ini dan jangan sampai garing, ya!

Baca Juga: 11 Obrolan Random dengan Anak Kecil Ini Ending-nya Tak Terduga Banget

3. Kurangi pembahasan yang berulang, jadikan obrolan lebih mengalir

5 Cara Sederhana Memulai Obrolan dengan Orang Baru, Anti Membosankan!ilustrasi ayunan (unsplash.com/Bewakoof.com Official)

Obrolan yang dilakukan secara berulang-ulang dengan topik sama, justru akan membuat bosan. Inilah yang menjadikan obrolan tidak berjalan dengan lama, karena terkesan memaksa. Sesekali mencoba untuk membawa lawan bicara masuk ke dalam suasana yang ada. Jangan lupa untuk selalu memastikan bahwa lawan bicara juga memahaminya.

Topik yang disampaikan berulang, biasanya karena grogi atau takut. Jangan sampai hal tersebut menguasai kamu, ya! Cobalah untuk mengalihkan kegiatan lain, apabila kamu sudah kebingungan melanjutkan pembahasan. Tidak ada salahnya untuk izin ke kamar mandi sejenak, atau sekadar ingin menelpon seseorang. 

4. Memulai topik dengan hal yang disukai oleh lawan bicara

5 Cara Sederhana Memulai Obrolan dengan Orang Baru, Anti Membosankan!ilustrasi berdiskusi (unsplash.com/Helena Lopes)

Kamu bisa memulai dengan menceritakan pengalamanmu juga hobimu. Membicarakan hal yang disukai satu sama lain, juga bisa menjadi solusi. Selanjutnya, lawan bicara akan mulai tertarik dan ikut menceritakan hal yang sama. Jika sudah begitu, maka obrolan akan terasa sangat berisi namun juga bertahan cukup lama.

Mungkin kamu harus bertanya lebih dahulu terkait kesukaannya. Setelah itu bisa kamu tanyakan kelanjutan, dan apa saja yang telah dia lakukan dengan kesukaannya tersebut. Terkesan sangat akrab, namun jangan sampai merambah ke privasi tentangnya, ya. Tetap berusaha mengontrol diri sendiri, supaya tidak berlebihan. 

5. Sembari menikmati obrolan, tidak ada salahnya memesan camilan

5 Cara Sederhana Memulai Obrolan dengan Orang Baru, Anti Membosankan!ilustrasi makan bersama (unsplash.com/Dan Gold)

Trik yang terakhir adalah memesan camilan untuk kemudian dimakan bersama. Hal ini selain mengisi jeda di sela-sela pembicaraan, juga sebagai sarana menimbulkan keaktifan. Siapkan saja camilan yang sekiranya menjadi kesukaan supaya semuanya menikmati. Manfaat lain dengan adanya camilan, yaitu akan memberi kesan lebih akrab satu sama lain. 

Tetapi perlu diingat, bahwa camilan di sini juga perlu diberi batasan. Tidak boleh terlalu banyak atau bahkan terlalu sedikit. Supaya obrolan tetap berjalan dengan baik. Alangkah lebih baik kalau kamu memesan sesuai kemampuan, supaya terkesan tidak memaksa keadaan. Coba tanyakan ke lawan bicara lebih dahulu, apakah sekiranya berkenan atau tidak. 

Membuat obrolan berjalan dengan baik dan mengalir memang tidak terkesan mudah. Namun tetap bisa dilakukan dan tidak ada salahnya untuk mencoba. Semua tergantung bagaimana cara kamu berani mencairkan suasana dan memulai semuanya dengan hal sederhana. Setelah ini, kamu berencana akan mencoba yang mana?

Baca Juga: 5 Obrolan Ini Ternyata Kode Pasanganmu Siap Naik Pelaminan, Senangnya!

Moch Abdul Aziz Photo Verified Writer Moch Abdul Aziz

Moch Abdul Aziz, kelahiran 18 September di Bojonegoro, Jawa Timur. Founder Komunitas Ufuk Literasi, dan Owner Galeri Event yang juga aktif sebagai mahasiswa Matematika Semester Empat di Universitas Negeri Semarang. Pemilik akun instagram @catatanbungsu ini telah menulis lebih dari 20 antologi dan 4 karya solo yang sedang dalam proses penerbitan. Karya lainnya bisa dicek di wattpad, Channel Youtube, dan TikTok dengan username yang sama yaitu : @catatanbungsu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya