Comscore Tracker

Jangan Terpaku Si Mantan, Ini 5 Cara Bangkit dari Patah Hati

#AdaCinta Kamu pasti akan baik-baik saja

Patah hati adalah bagian sulit dari sebuah hubungan. Kata pepatah, “berani jatuh cinta maka harus siap sakit hati”. Kebanyakan orang hanya siap jatuh cinta, namun merasa gak sanggup untuk menerima jika gagal dalam hubungan.

Hal tersebut memang sangat manusiawi. Nah, daripada berlarut dalam kegalauan, lebih baik bangkit dan tiru 5 cara di bawah ini, agar kamu gak terpaku lagi pada si mantan.

1. Setelah putus, jangan langsung memaksa diri melupakan kenangan

Jangan Terpaku Si Mantan, Ini 5 Cara Bangkit dari Patah Hatiimdb.com

Saat hubunganmu baru saja berakhir, kamu gak harus memaksakan diri untuk melupakan si mantan. Biarkan hatimu pulih seiring berjalannya waktu.

Kadang kamu terbayang kenangan di masa lalu, pahamilah bahwa pasca putus cinta hal itu sangat lumrah terjadi. Gak usah memaksa diri melupakan dia. Biarkan waktu memulihkan semunya.

2. Memberi jarak padanya dan menghabiskan waktu untuk diri sendiri

Jangan Terpaku Si Mantan, Ini 5 Cara Bangkit dari Patah Hatiimdb.com

Biasanya saat sedang sakit hati dan galau, banyak orang akan merasa nyaman menyendiri dan merenung. Kalau kamu juga merasakannya, hal itu sangat wajar terjadi.

Berilah waktu untuk diri sendiri agar merasa tenang dan lebih baik. Kalau memang hal tersebut dapat memulihkan diri, gak ada salahnya. Asalkan jangan berlarut-larut dalam kesedihan. Berikan limit pada dirimu sendiri.

Baca Juga: Apa Sebenarnya yang Terjadi Pada Otak Ketika Kamu Patah Hati?

3. Ajak teman dekatmu ngobrol

Jangan Terpaku Si Mantan, Ini 5 Cara Bangkit dari Patah Hatiimdb.com

Carilah teman yang menurutmu layak untuk jadi teman curhat. Curahkan semua yang menjanggal dalam hatimu. Namun pastikan orang tersebut bisa diandalkan agar rahasiamu tidak terbongkar.

Mungkin bercerita memang gak memberikan solusi atau menyelesaikan masalah. Namun percayalah setelah mencurahkan isi hatimu pada orang lain, maka perasaan akan jadi lebih baik.

4. Meluapkan emosi negatif

Jangan Terpaku Si Mantan, Ini 5 Cara Bangkit dari Patah Hatiimdb.com

Meluapkan emosi negatif bukan berarti melakukan hal-hal negatif. Meluapkan emosi bisa kamu lakukan dengan cara memperbaiki kualitas diri.

Kamu bisa melakukan hal-hal produktif yang sesuai dengan passion-mu. Intinya kamu melakukan hal yang bisa membuat kamu jadi pribadi yang lebih baik lagi.

5. Jangan menyesali apa yang sudah terjadi

Jangan Terpaku Si Mantan, Ini 5 Cara Bangkit dari Patah Hatiimdb.com

Mungkin kalau hubungan kamu dan dia baru saja berakhir, kamu masih memikirkan harapan agar bisa kembali menjalin hubungan cinta.

Tapi semakin kamu memaksakan kehendak sendiri, maka akan semakin sulit buatmu untuk menerima kenyataan. Lebih baik hentikan harapan seperti itu dan bangunlah citra positif untuk diri sendiri. Kamu gak perlu menyesali apapun yang sudah terjadi, jadikanlah hal yang sudah berlalu sebagai pengalaman.

Patah hati memang menyakitkan. Tapi bukanlah akhir dari segalanya. Ingat bahwa masih banyak hal-hal yang lebih berguna dan bisa berguna daripada menghabiskan waktu berlama-lama mengingat kenangan yang sudah berlalu dengan si mantan.

Tetaplah jadi pribadi yang positif. Sedih pada awal putus merupakan hal biasa. Seiring berjalannya waktu, kamu pasti akan baik-baik saja.

Baca Juga: 5 Sebab Kamu Harus Siap Terluka Saat Tengah Jatuh Cinta

Christy Photo Community Writer Christy

Si tou timou tumou tou!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You