Comscore Tracker

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cinta

Satu kata: Pedih

Kamu pikir kehilangan kekasih adalah pengalaman yang sangat menyakitkan. Padahal itu bukan apa-apanya ketika kamu harus berpisah dengan sahabatmu sendiri. Orang yang bertahun-tahun kamu percayai dan kamu pikir gak akan mungkin meninggalkanmu.

Faktanya, gak semua hubungan persahabatan pasti kekal untuk selamanya. Manusia selalu berubah dan begitu juga hubungan di antara kita. Meski terkesan sepele, sebenarnya putus hubungan dengan sahabat jauh lebih perih dan berat dari putus cinta. Kenapa? Inilah 8 alasan!

1. Kamu dan sahabat telah saling mengenal luar dalam, hampir tak ada rahasia di antara kalian berdua.

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cintaweheartit.com

Berbeda dengan hubungan cinta yang rata-rata masih dibumbui kedok dan pencitraan, kamu dan sahabat bagaikan saudara tapi beda orang tua. Tak ada lagi yang disembunyikan darinya, dan begitu pula sebaliknya.

Kehilangan koneksi dengan orang yang sangat mengerti dirimu ini gak hanya menyedihkan namun juga menakutkan. Bisa saja segala yang pernah kamu ungkapkan kepada si teman akhirnya menjadi senjata makan tuan.

2. Memulai persahabatan baru, terutama ketika sudah dewasa, tak semudah dahulu saat masih belia.

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cintaweheartit.com

Sesupel apa pun kamu, menjalin persahabatan tidaklah semudah itu. Butuh rasa percaya yang besar dan kemauan untuk membuka diri yang seringkali sulit didapatkan seiring kita tumbuh dewasa. Berkawan mungkin gampang, mencari pasangan tidak sulit, tetapi menjalin persahabatan yang mendalam perlu usaha ekstra.

3. Kekasih sudah biasa datang dan pergi namun sahabat selalu di sisimu selama ini.

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cintaask.fm/TBO9I_PANTERA

Dalam tiga tahun terakhir, kamu bisa jadi sudah beberapa kali berganti kekasih. Namun sang sahabat selalu ada dalam hidupmu selama itu. Dia selalu menjadi bagian dalam keseharianmu, dan begitu pula sebaliknya. Tentu sulit untuk melepaskan diri dari bagian besar dalam kehidupanmu itu.

4. Sulit menjelaskan kepada orang-orang lain mengapa kamu dan dia tak lagi bersahabat.

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cintawww.imgrum.org/user/m45fa

Jika kamu putus cinta, alasan seperti perselingkuhan, atau tak sayang lagi mungkin wajar menjadi jawaban. Tetapi, ketika kamu memutuskan hubungan dengan sahabat, berbagai alasan retaknya kalian akan terdengar aneh dan tidak dapat dijelaskan. Meskipun rasa sakit akibat musibah itu sungguhan.

Baca Juga: Waspada Teman "Beracun", Kenali 8 Cirinya

5. Ungkapan "masih banyak ikan di lautan" mungkin berguna ketika patah hati, namun jika sahabat pergi apa yang mau dikatakan lagi?

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cintawww.lovethispic.com

Kalimat-kalimat pelipur lara untuk kamu ketika putus cinta tidak akan ada artinya ketika kamu kehilangan sahabat. Ya, intinya kekasih masih bisa dicari lagi, namun sahabat seperti mencari jarum di dalam tumpukan jerami. Tak akan ada kata-kata penghibur yang mampu menjelaskan penderitaan hatimu saat lepas dari sahabat.

6. Dengan sejarah hubungan yang tidak singkat, ada terlalu banyak kenangan indah di antara kalian.

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cintawww.tumblr.com

Bertahun-tahun gaul bersama, saling mendukung dan berbagi canda, mana mungkin kamu bisa dengan mudah menghapus semua memori indah bersama sahabat. Kenangan-kenangan manis ini yang sering kali membuatmu kesulitan untuk meninggalkan teman, meski mereka sudah berbuat salah kepadamu.

7. Retaknya hubungan persahabatan secara tidak langsung akan memengaruhi keseluruhan pergaulan sosialmu.

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cintalongwallpapers.com

Jelas akan ada perubahan di sekitar kalian berdua. Tidak mungkin retaknya hubungan ini tidak berpengaruh pada dinamikan pergaulan sosial kamu dan dia. Mungkin kelompok pertemanan kalian akan terpisah, terbagi menjadi dua kubu, atau bahkan berpencar sama sekali.

Koneksi juga bisa berkurang. Gak hanya berpengaruh bagi kesehatan mentalmu, tetapi juga kehidupan sosialmu.

8. Saat putus cinta, ada sahabat yang membantumu pulih; tetapi saat kehilangan sahabat... siapa yang akan menyembuhkan lukamu?

8 Alasan Kenapa Putusnya Persahabatan Lebih Menyakitkan dari Putus Cintaobviousmag.org

Dia selalu menjadi support system-mu selama ini. Ketika kamu disakiti oleh mantan-mantan kekasihmu, selalu ada dia yang siap mendukungmu. Namun, jika giliran dia yang harus kamu kamu tinggalkan, siapa yang akan membantumu bangkit dari keterpurukan?

Sahabat tak jarang bisa lebih dekat dari keluarga sendiri. Perasaan yang ada untuk mereka tidak jarang lebih kuat daripada untuk pacar sendiri. Wajar kalau mengakhiri persahabatan bukanlah hal yang enteng. Tetapi kamulah yang paling tahu harus seperti apa kelanjutan hubunganmu dengan sahabat. Apakah retaknya hubungan ini hanya karena emosi sesaat, atau dia memang patut kamu relakan agar dapat menyongsong hidup yang lebih baik lagi.

Baca Juga: Bebaskan Dirimu dari Hubungan Beracun dengan 7 Langkah Ini

Topic:

Just For You