Comscore Tracker

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatif

Hindari perangkap si manipulator!

Apakah kamu sedang menjalani hubunganbaik percintaan maupun persahabatanyang alih-alih membuatmu bahagia malah membuatmu merasa lelah? Apakah kamu sering dilanda kegundahan ketika berhadapan dengan pasangan atau sahabat, karena mereka kerap melakukan hal-hal yang membuatmu merasa tidak berharga, merasa bersalah, atau tidak bisa keluar dari labirin hubungan tersebut?

Waspadalah, bisa jadi kamu telah terlibat dalam hubungan tidak sehat yang dikontrol orang manipulatif. Semua yang kamu alami merupakan hasil manipulasi si dia yang ingin memanfaatkan dan mengontrolmu, tidak semata-mata karena sayang padamu. Kenali 8 ciri orang manipulatif berikut.

1. Si dia tidak pernah mau mengakui kesalahan dan malah membuatmu meragukan kompetensi diri sendiri.

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatifwww.tumblr.com

Manipulator adalah tukang bohong ulung. Mereka tidak akan merasa bersalah sedikit pun setiap melakukannya. Meskipun dia sudah jelas berbuat kesalahan, bahkan kamu saksikan sendiri, orang manipulatif akan selalu mengelak. Tidak mau mengaku, atau mencari alasan pembenaran.

Tidak jarang dia terus menerus memberi sugesti kepadamu bahwa semua itu hanya ada dalam bayanganmu saja sehingga akhirnya kamu malah meragukan atau menyalahkan dirimu sendiri.

2. Ucapan si manipulator selalu berlawanan dengan tindakannya.

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatifbipolart.tumblr.com

Si manipulator perasaan akan mengatakan "apa yang kamu ingin dengar", tetapi bersikap berlawanan dengan kata-kata manisnya. Dia akan berkata bahwa siap menolongmu apa pun yang terjadi, akan tetapi ketika kamu benar-benar membutuhkannya, ada seribu alasan yang diujarkan atau bilang bahwa permintaanmu tak masuk akal.

3. Dia kerap mengorek-korek dan memanfaatkan rasa bersalahmu.

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatifwww.indipepper.com

Ketika kamu merasa bersalah atau menyesal, si manipulator akan memanfaatkannya habis-habisan. Menjadikannya alat untuk membuatmu menuruti permintaannya. Contohnya jika butuh curhat, kamu takut membebaninya jika ingin mencurahkan perasaan, tetapi juga merasa tidak enak karena sudah menyimpan perasaan tanpa memberitahunya.

Pada akhirnya orang manipulatif akan membuatmu merasa selalu bersalah apa pun yang kamu lakukan.

Baca Juga: Kalau Kamu Sahabat yang Baik, 9 Kalimat Ini Tabu untuk Diucapkan

4. Seringkali menempatkan dirinya sebagai korban alias playing victim.

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatifwww.readunwritten.com

Orang manipulatif mustahil untuk disalahkan. Pokoknya apa pun yang terjadi, pasti harus orang lain yang menanggung kesalahannya. Seperti point pertama tadi, meski sudah terbukti pun dia akan menempatkan diri sebagai korban dan akhirnya orang lain yang menanggung beban kesalahannya.

Jika kamu marah atau kecewa, itu semua selalu karena ekspektasimu sendiri yang tidak masuk akal. Jika dia marah, itu pasti karena kamu yang membuat kesalahan.

5. Ia selalu berpura-pura rapuh dan sensitif untuk membuatmu lengah dan iba.

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatifwww.theodysseyonline.com

Aku gak bisa apa-apa kalau tanpa kamu. Kalau nanti aku depresi kamu harus tanggung jawab!

Manipulator selalu berusaha membuatmu merasa spesial dengan bersikap rapuh dan sensitif, serupa tapi tak sama dengan selalu berpura-pura menjadi korban. Seolah-olah dia tak dapat selamat jika tanpa bantuanmu. Akhirnya kamu yang bertanggung jawab atas keadaan emosionalnya.

6. Dia selalu ingin membantumu dalam berbagai hal, tetapi hanya untuk digunakan sebagai alat untuk memeras balas budimu kelak.

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatifwww.flickr.com/photos/farhaddariush

Tega kamu? Gak ingat sudah pernah aku tolong dua tahun yang lalu?

Orang manipulatif sangat bersemangat menolong, tetapi selalu ada pamrihnya. Jangan harap bantuannya tulus karena menyayangimu. Dia akan membantumu untuk menggunakannya sebagai alat mengontrolmu di kemudian hari. Terus menerus, menagih balas budi untuk bantuan yang mungkin sudah lama berlalu.

7. Si manipulator selalu merasa dirinya lah yang lebih patut dikasihani ketimbang kamu.

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatifquotesgram.com

Ketika kamu membagikan keresahan hati dengannya, dia akan selalu merasa berada di posisi yang lebih merugikan ketimbang dirimu. Saat kamu butuh masukan, dia malah menegaskan bahwa kondisinya lebih patut dikasihani daripada dirimu.

Dia tidak pernah lupa mengingatkanmu bahwa dirinya lebih menyedihkan dan kamu tak berhak merasa sedih untuk diri sendiri.

8. Orang dengan sifat manipulatif tahu benar kelemahanmu dan menggunakannya untuk menyerangmu.

Kenali 8 Tanda Kamu Terjebak Hubungan dengan Orang Manipulatifwww.facebook.com/AidaRedzepagicPhotography

Jika kamu minder dengan kondisi fisikmu, dia akan selalu berkomentar buruk terhadap penampilanmu. Jika kamu merasa gugup akan menghadapi wawancara kerja, dia akan semakin menakutimu. Orang manipulatif dapat membaca emosimu dengan mudah, namun mereka tidak menggunakannya untuk membantumu melainkan untuk menjatuhkanmu.

Orang manipulatif dapat membuatmu semakin marah dengan sikapnya yang tidak rasional. Jangan berusaha untuk mengalahkan dia, karena kamu hanya buang-buang waktu tenaga, dan membahayakan kesehatan mentalmu. Cukup jaga jarak dari orang-orang seperti ini dan jangan pernah biarkan dirimu kembali dalam perangkapnya.

Baca Juga: Bebaskan Dirimu dari Hubungan Beracun dengan 7 Langkah Ini

Topic:

Berita Terkini Lainnya