Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Jika Kita Terlalu Lama Galau Mikirin Doi

Galau merupakan hal yang wajar, tapi jangan kelamaan guys!

Di dalam hidup ini kita mungkin pernah mengalami perasaan galau. Di saat mengalami perasaan galau diri kita jadi kebingungan dan tidak tahu harus melakukan apa. Apalagi jika galau tersebut disebabkan oleh cinta yang bertepuk sebelah tangan. Hal ini disebabkan karena kita terlalu menggantungkan harapan kepada seseorang yang belum tentu memiliki perasaan yang sama kepada diri kita.

Galau merupakan hal yang wajar, dan banyak orang yang pernah merasakan perasaan tersebut, namun yang paling penting adalah jangan terlalu lama larut dalam perasaan tersebut. Karena jika kita terlalu lama galau kita akan mengalami banyak sekali kerugian, apalagi jika galaunya sampai bertahun-tahun.

Berikut ini lima dampak negatif jika kalian terlalu lama galau!

1. Buang-buang waktu

5 Dampak Negatif Jika Kita Terlalu Lama Galau Mikirin Doipexels.com/Jeffrey Paa Kwesi Opare

Hal ini sudah jelas karena dengan galau kita memikirkan sesuatu yang kita sendiri bingung harus bagaimana menyelesaikannya. Kita sebaiknya memikirkan masa depan atau hal-hal lain yang lebih produktif daripada hanya galau tanpa adanya kepastian dan membuat kita jadi makin bingung. 

Di samping itu, waktu kita dapat digunakan untuk mengerjakan hal-hal yang merupakan hobi kita dan hal lain yang membantu kita menjadi pribadi yang lebih baik. Misalkan jika kalian senang dengan menulis lebih baik kalian menyibukkan diri dan menciptakan karya daripada hanya galau, menyendiri, tidak melakukan apa-apa yang menghasilkan. Ingatlah waktu kita sangat berharga dan jangan sampai menyesal di kemudian hari.

2. Mengganggu aktivitas

5 Dampak Negatif Jika Kita Terlalu Lama Galau Mikirin Doipexels.com/Kelly Lacy

Dengan menjadi galau aktivitas kita akan sangat terganggu, kita jadi lupa mau melakukan apa, kita jadi kurang peduli terhadap hal lainnya. Jangan hanya memikirkan dia, pikirkan juga tentang diri kita, belum tentu orang yang kita "galauin" juga "galauin" diri kita.

Daripada galau, pikirkanlah hal-hal yang mungkin akan kalian lakukan apabila kalian tidak sedang galau, misalnya kalian dapat belajar hal baru dan mencari tahu tentang hal-hal yang mungkin akan berguna bagi masa depan kita kelak. Jangan hanya stuck di hal-hal yang membuat kita galau.

3. Menjadi tidak terbuka terhadap orang baru

5 Dampak Negatif Jika Kita Terlalu Lama Galau Mikirin Doipexels.com/Min An

Dengan hanya memikirkan tentang seseorang, ada kala kita lupa bahwa masih banyak orang-orang baik di sekitar kita yang mungkin lebih cocok dengan diri kita dan lebih baik bagi kita.

Coba perhatikan baik-baik, terbukalah dengan sekitar kita, apabila kita dapat menemukan orang baru tentunya perasaan galau kita lama kelamaan akan hilang dan membuat kita jadi lebih baik.

Di samping itu jangan lupa untuk selalu menjadi versi terbaik dari diri kita setiap saat kita bertemu dengan orang baru, jangan menunjukkan perasaan galau yang terus menerus. Karena jika kita terus menerus menunjukkan perasaan galau tentunya orang baru akan susah dekat dengan kita.

Baca Juga: 10 Artis yang Santuy Ditinggal Mantan Menikah, Anti Galau Galau Club!

4. Menjadi tidak bersemangat

5 Dampak Negatif Jika Kita Terlalu Lama Galau Mikirin Doipexels.com/Pixabay

Semangat kita dalam melakukan berbagai hal akan turun apabila kita sedang dalam keadaan galau. Hal ini tentunya akan menurunkan produktivitas kita dalam melakukan hal-hal penting dan tentunya ini merupakan hal yang sangat merugikan dan tidak baik bagi diri kita dan orang-orang di sekitar kita.

Kemudian orang-orang akan mengangap kita si tukang galau dan makin membuat semangat kita makin turun saja. Oleh karena itu lupakanlah kegalauan kalian dan fokuslah kepada hal yang membuat kalian bersemangat. Bukan berarti karena kita sedang galau menjadi alasan kita untuk tidak bersemangat.

5. Lupa dengan prioritas

5 Dampak Negatif Jika Kita Terlalu Lama Galau Mikirin Doipexels.com/C Technical

Yang terakhir apabila kita sedang galau terkadang kita lupa dengan hal-hal yang seharusnya menjadi prioritas kita dan baik untuk kita lakukan. Ingatlah selalu, masa depan kita lebih penting daripada memikirkan sesuatu yang belum tentu.

Galau hanya akan mengganggu dan lebih banyak dampak buruknya. Jangan sampai kita lupa dengan diri kita, jangan menelantarkan hal-hal yang penting untuk kita lakukan hanya karena kita sedang galau. Tetaplah menjadi produktif, lakukan hal apa pun yang positif, jangan hanya menyakiti diri kita sendiri dengan menjadi galau.

Kejarlah hal-hal yang selalu kalian impikan, dan buatlah langkah pasti dalam mengejar impian kalian, daripada hanya memikirkan tentang perasaan galau yang tidak pasti. Itulah lima dampak negatif jika kita terlalu lama galau. Pokoknya jangan terlalu lama galau!

Baca Juga: 5 Trik Hadapi Dia yang Ghosting Tanpa Perlu Galau saat Kalian PDKT

Darien Kentanu Photo Writer Darien Kentanu

Hi my name is darien, I like to ensure anything is on the right track, so that peoples can have useful endeavour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya