Comscore Tracker

5 Kesalahan dalam Jatuh Cinta yang Bikin Kamu Jadi Terlalu Bucin

Gak mau kan menyesal belakangan?

Kata orang, jatuh cinta berjuta rasanya. Saking beragam rasanya, bisa bikin kita lupa diri dan berubah jadi bucin. Wah, gak mau kan terjebak dalam kesalahan yang seperti ini? Karena, kalau sudah bucin, kita jadi susah untuk membedakan mana yang benar dan mana yang salah. Ujung-ujungnya, cinta yang kita rasakan bisa bikin kita mengalami kerugian.

Nah, daripada was-was dan takut cinta yang kita punya bikin kita buta mata, hati, dan telinga, ada baiknya kita berjaga-jaga, kan? Selain itu, lima kesalahan berikut harus bisa kamu hindari saat sedang jatuh cinta ya. Yuk simak.

1. Belum bisa mencintai diri sendiri terlebih dahulu

5 Kesalahan dalam Jatuh Cinta yang Bikin Kamu Jadi Terlalu Bucinpexels/mikoto.raw

Kesalahan pertama yang masih sering dilakukan orang-orang adalah jatuh cinta pada orang lain hingga tergila-gila namun belum bisa mencintai dirinya sendiri seutuhnya. Kesalahan satu ini bisa membuat kita terjebak dalam cinta yang gak sehat dan toxic. Jika diteruskan, kita akan selalu jadi korban dalam hubungan semacam ini, lho. Makanya wajib belajar mencintai diri sendiri dulu ya.

2. Kamu gak punya batasan yang jelas soal cinta itu sendiri

5 Kesalahan dalam Jatuh Cinta yang Bikin Kamu Jadi Terlalu Bucinpexels.com/freestocks.org

Coba deh kita renungkan lagi seberapa jelas batasan soal cinta yang kita punya selama ini? Apakah kamu punya privasi saat menjalin hubungan? Sejauh mana pasanganmu kamu izinkan mengatur apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan? Batasan-batasan semacam ini akan membuat kamu gak lagi terjebak dalam hubungan yang salah, lho.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Beneran Jatuh Cinta dengan Sahabat Baikmu

3. Merasa layak disakiti terutama oleh orang yang dicintai

5 Kesalahan dalam Jatuh Cinta yang Bikin Kamu Jadi Terlalu Bucinunsplash/Emma Frances Logan

Kesalahan berikutnya yang bisa bikin kita jadi bucin berlebihan adalah ketika kita merasa layak disakiti oleh si dia. Hanya karena dia menyandang status sebagai pasanganmu, kamu merasa semua perilaku, sikap, atau karakter dia yang menyakitimu baik secara mental maupun fisik adalah hal yang wajar. Ingat ya guys, kamu itu berharga. Gak ada siapapun yang berhak menyakiti dirimu.

4. Terjebak dalam mindset bahwa dialah 'satu-satunya'

5 Kesalahan dalam Jatuh Cinta yang Bikin Kamu Jadi Terlalu Bucinpexels.com/freestocks.org

Kesalahan lain yang bikin kita bucin berlebihan adalah ketika kita terjebak dengan pemikiran bahwa dialah satu-satunya yang bisa menerima kita apa adanya. Bahwa dialah satu-satunya yang akan bisa mencintai kita dengan cinta sedalam dan sekuat itu. Akhirnya, ketika sudah berpisah pun, kita tetap gak bisa move on dan selalu membandingkan dia dengan pasangan kita

5. Selalu berkata iya pada apapun yang si dia katakan

5 Kesalahan dalam Jatuh Cinta yang Bikin Kamu Jadi Terlalu Bucinpexels.com/Ketut Subiyanto

Selalu berkata iya dan gak bisa menolak permintaan si dia juga akan merubah kita jadi sosok yang bucin berlebihan. Kita jadi gak bisa melihat dan membedakan dengan jelas apakah permintaannya itu wajar atau sudah masuk kategori keliru. Jika memang ada yang gak sepaham sama kamu, gak masalah kok sesekali berkata tidak sama si dia.

Bucin boleh apalagi jika dia adalah pasangan halalmu. Tapi jika sudah masuk tahap berlebihan, kamu juga yang akan dirugikan nantinya. Bukan cuma gak bahagia, kamu mungkin akan terjebak dalam hubungan yang salah untuk selama-lamanya. Gak mau kan?

Baca Juga: Awas Bucin, Ini Kecocokan Aquarius dengan 12 Zodiak Sebagai Pasangan

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya