Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Teman yang Ingin Berutang 

Daripada persahabatanmu terancam!

Jika sudah berurusan dengan orang yang ingin berutang, siapa sih yang senang mendengarnya kan? Apalagi jika yang ingin berutang adalah teman sendiri. Pasti susah banget untuk menolak dan berkata gak. 

Padahal, gak masalah lho kalau kamu mau menolak teman yang ingin berutang. Apalagi jika track record dia di dunia perutangan sama sekali gak bagus, seperti misalnya orangnya susah ditagih, suka menghindar, dan lain sebagainya. Ini nih alasan kenapa kamu gak perlu merasa gak enak menolak teman yang ingin berutang seperti ini. 

1. Kamu juga punya kebutuhan yang perlu dipenuhi

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Teman yang Ingin Berutang unsplash/Sharon McCutcheon

Memberikan pinjaman kepada teman berarti kita juga harus menyingkirkan keperluan kita sendiri. Karena, semua orang pasti memiliki daftar kebutuhannya masing-masing. Jadi, kalau kamu memang punya keperluan dan kebutuhan, gak masalah kok untuk menolak teman yang ingin berutang.

2. Utang bisa merenggangkan hubungan persahabatan kalian

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Teman yang Ingin Berutang canva.com

Memberikan pinjaman kepada teman bisa merenggangkan hubungan persahabatan kalian. Karena, dia mungkin akan tersinggung jika kamu menagih utang atau kamu pun akan merasa kesal ketika dia gak kunjung membayar utangnya.

Baca Juga: 5 Tips Hadapi Teman yang Suka Berutang, Beri Cara Ini Agar Kapok

3. Jika bukan hal yang krusial, menolak memberi utang juga akan membuat temanmu lebih mandiri

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Teman yang Ingin Berutang unsplash/Fabrizio Verrecchia

Jika temanmu ternyata berutang hanya untuk memenuhi gaya hidup dan bukan pada hal yang krusial, maka menolak memberi utang justru akan membuat teman kamu lebih mandiri. Dia akan belajar untuk lebih berhemat dan mengatur keuangan dengan lebih baik.

4. Memberi utang pada teman juga menjadikan dia menghindarimu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Teman yang Ingin Berutang theodysseyonline.com

Jika belum bisa membayar utang, kemungkinan, temanmu akan berusaha untuk menghindarimu secara terus menerus. Kamu jadi jarang bertemu dengan temanmu ini dan mungkin kalian gak akan bisa bercanda sebebas sebelumnya. Apalagi jika sudah mulai membahas soal keuangan, mungkin temanmu akan menjauh darimu.

5. Belum lagi, kamu akan kesulitan untuk menagih utang temanmu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Ragu Menolak Teman yang Ingin Berutang unsplash/Jeremy Yap

Memberikan pinjaman memang gampang, namun untuk menagihnya, di sinilah kamu akan kesulitan. Rasa gak enak dan kasihan mungkin akan menjadi kendala terbesar. Belum lagi, faktor dia adalah temanmu sendiri akan membuat rasa gak enak ini semakin menjadi. 

Tuh kan, daripada tertimpa banyak masalah, lebih baik sebisa mungkin menolak memberikan pinjaman kepada teman. Terlebih jika nominal yang mau dia pinjam cukup banyak. Seberapa sering teman-teman berutang padamu?

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Menghindari Utang, Meskipun Gaji Bulanan Pas-pasan

Desy Damay Photo Verified Writer Desy Damay

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya