Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Gak Perlu Malu Menceritakan Kekuranganmu pada Sahabat

Sahabat sejati justru akan bisa menerima kekuranganmu

Sebagai manusia, sudah merupakan ketetapan Yang Kuasa bahwa kita memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Sebagian dari kita, mungkin masih belum mengetahui dengan jelas kelebihan yang kita miliki. Karena kita pastinya lebih mudah melihat kekurangan yang ada. 

Sayangnya, ada banyak orang yang lebih suka menutupi kekurangannya dari orang lain bahkan dari sahabatnya sendiri. Padahal, kekurangan diri bukanlah sesuatu yang harusnya kita tutupi dari sahabat. Mau tau kenapa?

1. Sahabat adalah orang terdekat setelah keluarga

5 Alasan Kamu Gak Perlu Malu Menceritakan Kekuranganmu pada Sahabatunsplash/Rosie Fraser

Sahabat adalah orang lain yang kita tarik ke dalam circle kehidupan kita dan tentunya sudah kita anggap seperti keluarga sendiri. Bahkan, gak sedikit orang yang lebih mempercayai sahabatnya dibanding keluarganya sendiri.

Lalu, dengan semua kedekatan dan hubungan yang begitu dalam ini, pantas gak sih kira-kira kalau kita masih berusaha menyimpan dan menyembunyikan kekurangan kita darinya?

2. Sahabat yang sesungguhnya pasti akan menerima segala kekuranganmu

5 Alasan Kamu Gak Perlu Malu Menceritakan Kekuranganmu pada Sahabatunsplash/Thiago Barletta

Menceritakan kekuranganmu pada sahabat akan membuat dia lebih mengenal dirimu. Seorang sahabat yang sesungguhnya, gak akan pergi menjauh darimu begitu kamu menceritakan kekurangan yang kamu miliki.

Justru, jika bisa, dia akan jadi orang pertama yang menggenggam tanganmu, menerima kamu apa adanya, dan berkata bahwa semua baik-baik saja.

Baca Juga: 5 Gaya Persahabatan yang Hanya Dipahami oleh Para Wanita, Setuju?

3. Bahkan, dia mampu membuka matamu bahwa kekurangan tersebut patut disyukuri

5 Alasan Kamu Gak Perlu Malu Menceritakan Kekuranganmu pada Sahabatunsplash/Becca Tapert

Gak cuma sampai situ aja, sahabat yang baik pun gak akan berhenti mengingatkan mu bahwa sesuatu yang kamu anggap sebagai kekurangan tersebut adalah sesuatu yang pasti ada hikmahnya.

Akan ada masa di mana kamu bisa melihat kekurangan itu sebagai suatu anugerah. Mungkin gak sekarang, mungkin beberapa tahun yang akan datang. Tapi percayalah, sahabatmu sudah melihat hal itu sejak saat dimana kamu menceritakan hal itu padanya. 

4. Perasaan lega pun akan kamu rasakan jika sudah berbagi dengan sahabat

5 Alasan Kamu Gak Perlu Malu Menceritakan Kekuranganmu pada Sahabatunsplash/Hannah Busing

Jika selama ini kekurangan yang kamu miliki seolah menjadi beban yang tidak bisa kamu lepaskan dari pundakmu, maka di situlah seorang sahabat akan sangat berguna. Hanya dengan berbagi cerita saja, perasaan lega akan kamu rasakan dan semua jadi terasa baik-baik saja. Bukankah menyenangkan jika punya tempat berbagi seperti ini?

5. Dia akan menjadi pelengkap dari kekurangan yang kamu miliki

5 Alasan Kamu Gak Perlu Malu Menceritakan Kekuranganmu pada Sahabatunsplash/Sam Manns

Gak tanggung-tanggung, sahabat yang sesungguhnya akan melakukan apa saja untuk membuat kamu bahagia. Termasuk menjadi pelengkap dalam hidupmu. Sekali saja kamu menceritakan kekuranganmu, dia akan sukarela menutupi kekurangan tersebut dengan kelebihan yang dia miliki. That's what friends are for.

Mencari dan menemukan sahabat sejati yang sungguh-sungguh menyayangimu memang tidak mudah. Tapi begitu kamu menemukannya, jangan pernah abaikan dan sia-siakan begitu saja. Berbagi sedikit penderitaan hidup kepada sahabat bukan hal yang terlarang kok. Justru di situlah indahnya persahabat. 

Baca Juga: 5 Tips Cerdas Menciptakan Lingkaran Persahabatan Sehat dan Produktif

Desy Damay Photo Community Writer Desy Damay

part time writer, half time teacher, and full time daughter. you can kindly send me an email to: desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You