Comscore Tracker

5 Alasan Masalah Rumah Tangga Harus Disembunyikan dari Keluarga Besar

Kecuali kalau mereka bisa memberi solusi!

Semua rumah tangga pasti akan dihadapkan pada suatu masalah. Ada banyak sekali masalah yang bisa hadir dalam bahtera rumah tangga. Mulai dari pasangan itu sendiri, masalah keturunan, masalah keuangan, dan lain sebagainya. Tapi, ketika rumah tangga kita diterjang ombak dahsyat bernama masalah, maka kita gak dianjurkan sama sekali untuk menceritakannya pada orang yang gak berkepentingan termasuk keluarga besar.

Padahal, kita pasti merasa tertekan jika terus menerus memendamnya sendirian. Iya kan? Tapi kenapa sih masalah rumah tangga harus disembunyikan? Ini nih alasannya.

1. Mereka pasti akan ikut campur

5 Alasan Masalah Rumah Tangga Harus Disembunyikan dari Keluarga Besaryourdost.com

Yang namanya keluarga, pasti mereka akan merasa perlu untuk ikut campur dalam setiap masalahmu. Ini wajar banget. Karena kamu adalah bagian dari mereka sebelum dan bahkan sesudah kamu menjalin ikatan dengan pasangan halalmu saat ini. Sehingga, menceritakan masalahmu hanya akan membuat mereka ikut campur dan mungkin aja hasilnya justru jadi gak baik.

2. Bukan gak mungkin mereka akan membicarakanmu di belakang

5 Alasan Masalah Rumah Tangga Harus Disembunyikan dari Keluarga Besarunsplash/Ben White

Masalah rumah tangga perlu disembunyikan agar kamu gak semakin tersiksa mendengar omongan orang-orang di belakangmu. Meski keluarga besarmu mungkin akan simpati pada rumah tangga kalian, namun bukan gak mungkin akan ada satu atau lebih oknum yang dengan senang hati menyebarkannya pada orang di luar sana. Malah jadi bahan gosip deh.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Jadi Sumber Stres dalam Rumah Tangga, Antisipasi Ya!

3. Bukannya dapat solusi, bisa jadi kamu tambah emosi

5 Alasan Masalah Rumah Tangga Harus Disembunyikan dari Keluarga Besarpexels.com/cottonbro

Keluarga besarmu pasti akan mendukungmu, begitupun keluarga besar pasanganmu, pasti mereka lebih mendukung dia dan malah menyalahkanmu. Urusan dukung mendukung ini bisa berujung rumit dan bikin kamu lebih emosi dari sebelumnya. Gak mau kan?

4. Masalahmu juga akan jadi melebar kemana-mana

5 Alasan Masalah Rumah Tangga Harus Disembunyikan dari Keluarga Besarindia.com

Masalah rumah tanggamu yang mungkin awalnya hanya berkisar soal tanggung jawab menjaga anak, misalnya, bisa tiba-tiba melebar ke masalah ekonomi, dan lain-lain hanya karena campur tangan keluarga besar. Mereka bisa jadi kompor yang menyulut percikan-percikan api lainnya dan membuat rumah tanggamu retak.

5. Selesaikan dulu atau konsultasikan dengan yang dapat dipercaya

5 Alasan Masalah Rumah Tangga Harus Disembunyikan dari Keluarga Besarremedytherapy.com

Alih-alih menceritakan masalahmu pada keluarga besar, lebih baik kamu berdiskusi dan berkomunikasi dengan pasanganmu secara baik-baik terlebih dahulu. Kalian sama-sama punya tanggung jawab untuk menjaga hubungan yang ada agar tetap harmonis. Jika sudah gak bisa ditahan lagi, maka mencari konselor yang tepat justru lebih dianjurkan ketimbang bercerita pada yang gak ahlinya.

Masalah dalam rumah tangga memang ada-ada aja. Tapi bukan berarti itu bisa kalian jadikan alasan untuk menceritakannya pada keluarga besar. Bersikaplah lebih dewasa dan cobalah untuk mencari solusi tanpa harus menimbulkan emosi. Setuju?

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa 'Ngebet' Nikah Bahaya Buat Kehidupan Rumah Tangga

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya