Comscore Tracker

5 Alasan Pentingnya Memiliki Standar Pasangan Ideal saat Masih Jomblo

Harus punya standar, gengs!

Ibarat sedang ingin memilih pekerjaan masa depan, memilih pasangan terutama untuk dijadikan pasangan hidup, tentu kita semua harus punya standar yang diinginkan. Meskipun kamu saat ini masih sendiri dan belum berniat menjalin hubungan serius dengan siapapun, tipe ideal pasangan yang diinginkan harus kamu tentukan mulai sekarang.

Bukan buat main-main, tapi kamu memang perlu memiliki kriteria soal bagaimana sikap, prinsip hidup yang dianut, serta hal-hal krusial dari pasangan yang ingin kamu bersama nantinya. Selain itu, ada beberapa alasan lain juga nih yang bikin kamu harus punya kriteria khusus mulai sekarang.

1. Kamu akan tahu dengan jelas sosok yang diinginkan

5 Alasan Pentingnya Memiliki Standar Pasangan Ideal saat Masih Jomblounsplash/Alina Strong

Coba bayangkan deh guys, saat ingin membeli gadget baru aja kita harus tau spesifikasi yang diinginkan agar gak berujung kecewa, lalu kenapa ketika berurusan dengan pasangan kita jadi pasrah dan membiarkan semuanya tanpa perencanaan?

Padahal, urusan gadget tentu gak sepenting urusan pasangan hidup kan? Jadi, tetapkan standar idealmu mulai sekarang agar kamu tau dengan jelas sosok seperti apa yang kamu inginkan sebagai pasangan.

2. Kamu juga bisa menjadikan standar ini sebagai patokan dalam memperbaiki diri

5 Alasan Pentingnya Memiliki Standar Pasangan Ideal saat Masih Jomblopexels/Pixabay

Gak cuma demi meraih keuntungan sepihak, memilih pasangan hidup juga erat kaitannya dengan patokanmu dalam memperbaiki diri. Misal, ketika kamu menginginkan seseorang yang jujur dan setia, kamu harus mulai dari sekarang untuk menjadi pasangan yang nantinya juga punya sikap yang sama. Bukankah pasangan merupakan cerminan diri?

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Salah Kalau Punya Standar Tinggi Soal Pasangan  

3. Selama gak berlebihan, kamu jadi termotivasi untuk menemukan pasangan yang tepat

5 Alasan Pentingnya Memiliki Standar Pasangan Ideal saat Masih Jomblounsplash/Milan Popovic

Dalam menentukan standar pasangan yang diinginkan, selama gak berlebihan, kamu jadi lebih termotivasi dalam membuka kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang sesuai dengan kriteria mu.

Sambil terus memperbaiki diri, kamu tahu siapa yang pantas diperjuangkan dan siapa yang gak. Sosok mana yang akan memberikan kebahagiaan padamu dan mana yang gak. Tapi ingat, jangan berlebihan!

4. Akan lebih kecil kemungkinan bagimu untuk terjebak pada orang yang salah

5 Alasan Pentingnya Memiliki Standar Pasangan Ideal saat Masih Jomblopexels/Duong Nhan

Mengetahui standar pasangan yang diinginkan juga akan menghindarkanmu dari orang yang gak tepat. Kamu gak akan berlama-lama menjalin hubungan dengan seorang player jika memang kriteriamu adalah sosok yang setia.

Begitupun, kamu gak akan meneruskan hubungan dengan seseorang yang jelas-jelas over protektif jika dari awal kamu sudah tahu bahwa tipe idealmu adalah orang yang memberikan kepercayaan juga kebebasan bagimu dalam banyak hal. 

5. Gak perlu terlalu detail, yang penting kamu tahu gambaran umumnya aja

5 Alasan Pentingnya Memiliki Standar Pasangan Ideal saat Masih Jomblounsplash/Ben Mullins

Standar pasangan yang kamu inginkan gak perlu digambarkan terlalu detail, apalagi jika cuma sekadar tampilan fisik. Fokuslah lebih pada sikap, caranya memperlakukanmu, pola pikir, dan hal-hal serupa. Gak perlu berlebihan, tetapkan kriteria yang memang masuk akal dan kamu sendiri juga sudah menerapkannya. 

Meski masih sendiri, gak ada yang salah dengan punya standar ideal. Kamu gak perlu mengumbarnya kemana-mana jika memang gak ingin dihujat, cukup aplikasikan dulu pada dirimu sendiri. Sudah siap punya kriteria pasangan idaman versimu sendiri?

Baca Juga: 5 Hal Ini Justru Buat Pasangan Yakin untuk Memperjuangkanmu, Lho!

Desy Damayanti Photo Verified Writer Desy Damayanti

A professional writer is an amateur who didn’t quit. you can kindly send me an email to desydamayanti92.dd@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya